6 Peluang Usaha di Desa Paling Menjanjikan Untuk Saat ini

Peluang Usaha di Desa
Usaha hidroponik

Usaha di Desa – Saat ini membuka usaha di desa dikatakan tidak sesulit membuka usaha didaerah perkotaan.Memang karena satu alasan yang menjadikan usaha di kampunglebih mudah ditarget dengan presentase lebih laris dan banyak diburu oleh konsumen. Berbagai bisnis di desa bisa anda kembangkan untuk membuka peluang usaha yang lebih sukses tanpa perlu menjadi pegawai / pekerja. Memang memiliki usaha sendiri terasa lebih enak dan memiliki keuntungan yang lebih besar dibanding dengan menjadi karyawan.

Saat ini berbagai usaha di desa bisa anda mulai dengan berbagai langkah yang benar. Yang menjadi pokok utama bisnis desa adalah bagaimana anda memilih usaha yang bisa membuka peluang anda. Bukan hal yang susah dalam memilih usaha di desa. Pasalnya, untuk membuka usaha tersebut harus menyesuaikan dengan orangnya, artinya adalah bagaimana anda memulai dengan keahlian atau pengalaman yang anda miliki. Bukan hanya itu, untuk lebih cepat dalam mengembangkan usaha ini anda perlu mengeluarkan sejumlah modal yang standar.

Usaha di desa ini bisa anda jadikan pilihan dengan alasan jika memang anda tidak memilih menjadi bawahan atau orang perantau. Ya, langkah awal membuka usaha di desa dimulai dari bisnis apa yang anda pilih. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan rekomendasi mengenai bisnis perkampungan untuk keahlian yang tepat. Untuk lebih lengkapnya silahkan anda pilih sendiri usaha berikut ini yang anda rasa lebih cocok untuk anda.

1. Bisnis Kuliner di Desa

Biasanya pada daerah pedesaan yang menjadi incaran para konsumen dalah kuliner / makanan. Bisnis di desa yang satu ini dapat anda coba bila anda memiliki kreatifitas dalam menciptakan makanan yang unik dan belum ada yang menjualnya. Usaha di Desa yang satu ini dinilai lebih menguntungkan dibanding bisnis sejenisnya seperti angkringan, rumah makan biasa dan warung kopi.

Nah, jika memang anda punya gagasan mengenai suatu kuliner yang unik mungkin bisa anda kembangkan sendiri. Potensi untuk kuliner yang belum pernah dijumpai oleh konsumen akan lebih laku dan membuat pembeli penasaran. Saya ambilkan contoh sedikit yakni usaha bakso tumpeng, cilok madu, kue sarang semut, es bakso dan lainnya. Contoh bisnis di desa tersebut saya ambilkan dari pengusaha yang sukses dengan inovasi terbaru dan juga penjualannya pertama mulai di pedesaan.

2. Usaha Tanaman Hidroponik di Desa

Jika anda memiliki keahlian yang behubungan dengan pertanian atau tanaman, mungkin bisa mencoba usaha yang satu ini. Alasan lain jika ingin mengembangkan usaha tanaman hidroponik adalah jarang sekali di desa ada sistem seperti ini. Tentunya hasil tanaman lebih bagus dengan nilai jual yang tinggi, begitu juga modal yang dikeluarkan sangat sedikit. Bila anda tidak punya waktu banyak diperkebunan, usaha ini cocok sekali karena tidak perlu perawatan. Hanya saja anda harus menyediakan nutrisi untuk hidroponik setiap harinya.

Pernah juga saya jumpai di kota saya yang mencoba usaha budidaya tanaman hidroponik, ternyata memang benar potensi keuntungannya lebih besar. Bagusnya lagi, hasil tanaman tersebut dapat memenuhi target pasar modern. Bila anda ingin mencoba usaha di desa ini anda perlu mengetahui pengertian hidroponik, contoh, dan cara kerja agar anda lebih mudah dalam pengembangannya.

3. Bisnis Jual Kouta Dan Pulsa di Desa

Selanjutnya yang menjadi celah kesuksesan didaerah pelosok adalah dengan menjual kuota dan pulsa. Bisnis di desa yang satu ini memiliki potensi yang cukup besar jika didaerah anda belum banyak dijumpai oleh penjual pulsa. Untuk mengembangkan usaha ini hanya membutuhkan modal yang lebih kecil. Berbeda dengan keuntungannya yang cukup besar, apalagi saat ini kebutuhan akan kouta dan pulsa cukup besar oleh konsumen.

Perhitungan keuntungan usaha desa yang satu ini cukup besar dengan presetase keuntungan lebih besar dari pada menjadi seorang karyawan. Untuk memulainya anda bisa simak cara menjadi penjual pulsa yang sukses. Nah, apalagi urusan penggunaan pulsa yang sering habis oleh konsumen sehingga kemungkinan besar konsumen akan kembali dalam kurun 1 minggu dengan banyaknya warga desa yang ada, nah anda bisa kalikan sendiri keuntungannya. Ditambah lagi satu rumah tangga pasti punya minimal 1 ponsel yang memerlukan pulsa / kuota,

4. Usaha di Desa Membuka Toko Pakaian

Usaha desa yang lebih menjanjikan lainnya dalam persoalan keuntungan adalah dengan membuka toko pakaian. Memang dinilai lebih cocok dipedesaan lantara presentase laku lebih besar dibanding dikota yang sudah banyak pesaingnya. Jika anda memang memiliki keinginan untuk membuat usaha yang besar, bisa anda mulai dari toko pakaian kecil yang harus anda kembangkan seiring waktu.

Usaha toko pakaian bisa anda jalani karena untuk menjalankan bisnis ini di desa terbilang lebih mudah mengingat sedikit sekali pesaing di desa dan juga kebutuhan pembeli yang begitu besar. Untuk memulai usaha yang satu ini dapat anda simak cara membuka usaha pakaian. Nah, dalam perhitungan keuntungan memang terbilang sedikit mulai awal dan meningkat beriringan dengan besarnya toko anda dan penjualan anda. Jika sudah sukses mungkin keuntungannya sangat besar hingga puluhan juta perbulan.

5. Bisnis Penjualan Bahan Bagunan

Di desa yang biasanya dicari oleh banyak orang adalah bahan bangunan. Hal ini dikarenakan di desa memang memerlukan bahan bangunan untuk mengembangkan rumah penduduk. Keuntungan yang bisa diambil dari bisnis ini sangat besar dan bisa lebih cepat sukses. Usaha di desa yang satu ini dapat anda kembangkan mulai kecil terlebih dahulu dengan menjual sesuatu yang berguna seperti palu, semen, pasir, engsel pinto, peralon dll.

Jika usaha anda mulai merangkak naik mungkin bisa memperbesar toko dengan menjual pintu, kaca, besi, kayu, cakar ayam dan lain sebagainya. Namun jika di desa anda sudah memiliki banyak pesaing dalam usaha ini mungkin anda perlu menghindari memilih bisnis toko bangunan. Intinya anda harus pintar mempertimbangkan banyaknya pesaing dan presentase laku yang mungkin saja bisa meningkat.

6. Usaha Fotocopy, Print, Dan Percetakan Foto

Peluang usaha di desa yang lainnya adalah usaha yang berhubungan dengan kegiatan printing. Bisnis yang satu ini paling saya rekomendasikan mengingat usaha printing bisa menguntungkan dengan banyaknya konsumen yang membutuhkan jasa tersebut. Usaha ini pasti laku didaerah pedesaan lantaran warganya mungkin sangat perlu dengan urusan fotovopy, print dan cetak foto. Nah, jika memang usaha ini ingin anda kembangkan maka anda perlu mengeluarkan modal yang lumayan yakni 20 jutaan untuk membeli peralatan yang berkualitas dan bagus hasilnya.

Agar anda memiliki presentase keuntungan lebih maka anda harus menghindari persaingan dengan toko lain. Mungkin jika belum ada saingan di desa anda, silahkan saja mencoba bisnis pedesaan yang satu ini. Yang perlu anda ingat adalah penetapan harga yang normal dan harus menyesuaikan dengan harga daerah anda untuk keperluan printing. Sayangnya harus diperlukan sedikit keahlian mengenai bagaimana cara editing dan percetakan elektronik.

Dari berbagai usaha di desa yang bisa anda pilih memang beragam dan berbagai celah usaha bisa didapati jika anda menjalaninya dengan konsisten. Artinya untuk lebih sukses, pengembangan bisnis desa bisa anda lakukan dengan penyesuaian mana usaha yangg cocok dan banyak dibutuhkan oleh warga sekitar. Bagusnya lagi jika anda survei terlebih dahulu disekitar anda, mana yang sering dibutuhkan apakah kuliner, percetakan atau pakaian.

Lihat juga : Arti kata gws

Pemilihan tersebut memang harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen yang tinggi mengingat usaha di desa bisa berkembang lebih bagus jika anda tahu target yang harus dipilih. Nah, jika memang anda memiliki keinginan membuat usaha sederhana yang murahan, mungkin bisa mencoba 6 cara diatas dengan penyesuaian keahlian dan modal yang anda miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here