2 Antonim Isolator dalam Bahasa Indonesia & Alasannya

Antonim Isolator – Antonim adalah hubungan semantik antara dua buah satuan ujaran yang maknanya berkebalikan, bertentangan, atau saling kontras antara satu dengan lainnya. Lebih sederhana lagi, antonim adalah lawan kata.

Nah, salah satu kata yang banyak dicari antonimnya adalah Isolator, kata ini juga sering muncul pada soal mata pelajaran sekolah maupun dalam penggunaan sehari-hari. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas daftar antonim isolator beserta alasannya.

Antonim Isolator

  1. Konduktor
  2. Penghantar

Alasan

Menurut KBBI, Isolator adalah bahan atau alat yang mempunyai hambatan elektrik atau panas (bahang) yang sangat tinggi sehingga dapat dipakai untuk menyekat listrik atau panas dari benda lain. Definisi umum juga menyebut bahwa isolator merupakan benda yang tidak dapat atau sulit untuk menghantarkan listrik.

Jadi jelas bahwa lawan kata isolator adalah konduktor. Konduktor adalah suatu material yang mudah menghantarkan arus listrik.

Benda yang disebut sebagai isolator sering dijumpai pada lapisan kabel listrik yang tujuannya supaya listrik tidak menyengat kita. Sedangkan benda konduktornya adalah kabel itu sendiri, konduktor bisa berupa tembaga, timah, besi, dan sebagainya.

Akhir Kata

Sekian pembahasan kali ini tentang antonim kata isolator dalam bahasa Indonesia. Isolator adalah benda yang tidak dapat menghantarkan listrik atau panas. Sedangkan konduktor adalah benda yang mudah menghantarkan listrik atau panas.

Artikel Terkait