Antonim Kohesi dalam Bahasa Indonesia dan Penjelasannya

Antonim Kohesi – Antonim adalah hubungan semantik antara dua buah satuan ujaran atau lebih yang maknanya menunjukkan pertentangan, kebalikan, atau saling kontras satu dengan yang lainnya. Secara sederhana, antonim sering disebut sebagai lawan kata.

Salah satu kata yang cukup banyak dicari antonimnya adalah ‘kohesi’, kata ini sering muncul pada soal materi pelajaran sekolah, maupun dalam penggunaan sehari-hari. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kita akan membahas lawan kata kohesi secara lengkap beserta dengan alasannya.

Antonim Kohesi

  1. Adhesi

Penjelasan

Karena definisi dari kata kohesi cukup luas, kita hanya akan mengambil pengertiannya dalam materi Fisika. Kohesi adalah gaya (kakas) tarik-menarik di antara molekul sejenis dalam suatu benda.

Lawan kata kohesi adalah adhesi, definisi Adhesi adalah gaya atau kakas tarik-menarik antarmolekul yang tidak sejenis. Jadi jika kohesi adalah daya darik molekul yang sejenis, maka adhesi molekulnya tidak sejenis.

Keterangan

Dengan mengetahui antonim sebuah kata, maka itu akan menambah pengetahuan kosakata kita, sehingga akan lebih mudah memakainya dalam percakapan sehari-hari. Selain itu, antonim kata dapat memperluas wawasan tentang beberapa kata dengan makna yang berlawanan dengan kata lain.

Penutup

Sekian pembahasan kali ini tentang antonim kohesi dalam bahasa Indonesia. Kohesi adalah gaya tarik antarmolekul yang sejenis. Sedangkan adhesi adalah gaya tarik antar molekul yang tidak sejenis.

Artikel Terkait