9 Antonim Sederhana dalam Bahasa Indonesia dan Penjelasannya

Antonim Sederhana

Antonim adalah hubungan semantik antara dua buah satuan ujaran yang maknanya menunjukkan pertentangan, kebalikan, atau kontras antara satu dengan yang lainnya. Lebih sederhana lagi, antonim adalah lawan kata.

Salah satu kata yang banyak dicari antonimnya adalah “sederhana“, kata ini sering muncul di soal mata pelajaran bahasa Indonesia. Nah, penasaran apa saja lawan kata sederhana? Silakan simak penjelasannya berikut ini.

Antonim Sederhana

  1. Mewah
  2. Berlebihan
  3. Berlebih-lebihan
  4. Rumit
  5. Kompleks
  6. Kaya
  7. Megah
  8. Sulit
  9. Sukar

Penjelasan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi sederhana adalah (1) bersahaja; tidak berlebih-lebihan: hidupnya selalu sederhana; (2) sedang (dalam arti pertengahan, tidak tinggi, tidak rendah, dan sebagainya): harga sederhana; (3) tidak banyak seluk-beluknya (kesulitan dan sebagainya); tidak banyak pernik; lugas: ia menerangkan dengan kalimat-kalimat yang sederhana.

Sesuai pengertiannya, kata sederhana dapat digunakan dalam berbagai macam konteks, misalnya rumah sederhana, hidup sederhana, soal sederhana, masalah sederhana, dan lain sebagainya.

Jika dicari antonimnya, maka kata yang paling tepat adalah mewah, berlebih-lebihan, rumit, sulit, megah, kompleks, kaya, dan sukar. Nah, semua kata yang telah disebutkan di atas memiliki definisi yang berlawanan atau berkebalikan dengan definisi kata sederhana.

Penutup

Sekian pembahasan kali ini tentang antonim sederhana dalam bahasa Indonesia secara lengkap. Kesimpulannya, sederhana adalah tidak berlebih-lebihan dan tidak banyak seluk-beluknya, sehingga lawan katanya berupa mewah, rumit, kompleks, dan berlebih-lebihan.

Artikel Terkait