Apa Dampaknya Jika Kewajiban Membersihkan Kelas Tidak Dilaksanakan

Apa Dampaknya Jika Kewajiban Membersihkan Kelas Tidak Dilaksanakan

Apa Dampaknya Jika Kewajiban Membersihkan Kelas Tidak Dilaksanakan

Dampaknya adalah ruang kelas menjadi kotor dan berbau, sehingga membuat kegiatan belajar menjadi tidak nyaman.

Selain itu, ruang kelas juga menjadi sarang penyakit yang dapat mengancam kesehatan siswa dan guru.

Pembahasan

Membersihkan kelas merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh siswa kelas. Biasanya siswa membagi tugas harian untuk membersihkan kelas secara bergantian yang disebut piket kelas.

Kebersihan kelas begitu penting untuk dijaga, sebab jika siswa tidak melaksanakan kewajiban membersihkan kelas, maka ruang kelas menjadi sarang penyakit, sangat kotor, dan berbau.

Hal ini berdampak buruk bagi kesehatan siswa dan guru. Lebih-lebih kegiatan belajar mengajar akan sangat terganggu.

Apa Saja yang Harus Dilakukan untuk Membersihkan Kelas?

Pertama adalah menyapu dan mengepel lantai yang merupakan bagian inti dari bersih-bersih ruang kelas. Siswa hendaknya menyapu semua kotoran dan debu di lantai, kemudian mengepel lantai tersebut agar terbebas dari kotoran dan penyakit.

Kedua, siswa harus membuang sampah pada tempatnya. Jangan sampai ada siswa yang membuang sampah di lantai kelas, laci meja, di dalam rak, dan sebagainya.

Selanjutnya, siswa harus membersihkan setiap perabot atau fasilitas yang ada, mulai dari menghapus papan tulis yang kotor, mengelap meja dari debu, membersihkan kaca jendela, membersihkan ventilasi udara, dan sebagainya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan kali ini tentang jawaban soal Apa Dampaknya Jika Kewajiban Membersihkan Kelas Tidak Dilaksanakan. Ternyata dampaknya sangat buruk bagi semua siswa dan guru yang mengajar, karena itu kita harus memiliki kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan ruang kelas.

Artikel Terkait