Apa yang Menjadi Prinsip Dasar dalam Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Apa yang Menjadi Prinsip Dasar dalam Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Apa yang Menjadi Prinsip Dasar dalam Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Jawaban Ringkas

Prinsip dasar dalam filosofi pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara adalah pendidikan tidak cukup hanya mengajarkan pengetahuan dan keterampilan saja, pendidikan seharusnya berperan juga dalam membentuk dan membangun karakter yang baik bagi pelajar.

Jawaban Lebih Lengkap

1. Pendidikan Tidak Sekadar Menuntut Ilmu

Ki Hadjar Dewantara berpendapat bahwa pendidikan bukan hanya tempat untuk belajar ilmu pengetahuan, namun juga sebagai sarana pengembangan karakter dan kepribadian seseorang. Dengan begitu, seseorang tidak hanya pintar dalam wawasan, namun juga memiliki akhlak baik dan budi pekerti luhur.

2. Pendidikan Berlandaskan Budaya Lokal

Ki Hadjar Dewantara menganggap budaya lokal sebagai landasan utama pendidikan. Menurutnya, pendidikan seharusnya tidak hanya memperkuat dan melestarikan nilai-nilai budaya setempat, tetapi juga mempersiapkan siswa untuk bersaing di tingkat nasional dan internasional.

3. Pendidikan untuk Semua

Ki Hadjar Dewantara menyadari pentingnya pendidikan yang merata untuk seluruh anak di Indonesia. Beliau berupaya keras untuk memberikan akses pendidikan kepada masyarakat yang ekonominya terbatas, serta gigih memperjuangkan hak-hak anak agar dapat memperoleh pendidikan.

4. Guru Adalah Pendamping Siswa

Guru dianggap sebagai pendamping pendidikan siswa yang dapat membantu mereka dalam pemahaman dan pengembangan potensi. Untuk itu, para pendidik perlu memiliki kemampuan untuk mengenali karakteristik siswa dan memahami kebutuhan individual mereka.

5. Pendidikan Bermuatan Nilai

Prinsip dasar dalam filosofi pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara selanjutnya adalah pendidikan harus bermuatan moral. Jadi pendidikan tidak hanya berfokus pada penyampaian materi pelajaran, namun juga bermuatan nilai-nilai moral dan etika.

Semboyan Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

  1. Ing Ngarsa Sung Tuladha: Berkenan untuk memberikan contoh yang baik (menjadi panutan) kepada anak didik. Guru diharapkan menjadi teladan yang baik dalam perilaku dan sikap.
  2. Ing Madya Mangun Karsa: Berusaha untuk membangun semangat juang dan semangat belajar yang tinggi pada anak didik. Membimbing mereka agar memiliki tekad dan cita-cita yang luhur.
  3. Tut Wuri Handayani: Memberikan bimbingan, panduan, dan dukungan kepada anak didik. Menciptakan suasana belajar yang kondusif untuk pengembangan potensi mereka.
Apa yang Menjadi Prinsip Dasar dalam Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Next Post

No more post

Artikel Terkait