Arti Kata GG Dalam Kamus Bahasa Gaul dan Game

Arti Kata GG, Arti Kata GGWP, GG, GG Adalah, GG Artinya, Arti GG, GG Dalam Dunia Game, Bahasa Gaul, Arti GG Adalah, Good Game, Gak Guna
arti kata gg

Arti Kata GG – Kata kata gaul memang selalu muncul kapan saja dari hal-hal yang tak terduga. Kadang kata gaul berasal dari serapan bahasa asing, kata kata yang sering dipakai di media sosial, hingga kata yang viral lantaran terkesan unik.

Rasanya kata atau bahasa gaul tak bisa kita hindari di media sosial bahkan dalam interaksi sosial langsung. Bahasa gaul seakan melekat dan menjadi kebiasaan orang-orang untuk mengucapkannya. Sebenarnya tidak buruk, sebab kata gaul biasanya mementingkan unsur efektifitas serta makna yang kompleks didalamnya.

Anda tentunya sering mendapati chat dari teman yang mengandung kata gaul didalamnya, bahkan hal tersebut sering juga kita jumpai saat bermain game. Berbagai kata-kata unik yang mungkin pernah anda dengar adalah Noob, GG, GGWP, AFK, hingga Nub.

Lihat juga : Arti kata gws

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas satu kata yang bukan hanya sering kita dengar dalam game yakni “GG”. Kadang GG digunakan juga dalam chat media sosial yang menunjukkan respon mendukung, takjub, atau sebagai aspirasi. Berikut Penjelasan detailnya.

Arti GG Dalam Dunia Game

GG dan GGWP merupakan istilah kata yang paling populer dipakai seorang gamer. Sewaktu pertandingan berjalan, kita sering kali melihat tim maupun lawan menulis teks GG. Lalu GG itu apa sih sebenarnya? Ternyata GG merupakan serapan dari bahasa Inggris yang menjadi terkenal sehingga sudah biasa diucapkan gamer.

GG : good game : permainan bagus

GG berasal dari 2 kata yakni “Good” dan “Game” yang otomatis bermakna “Permainan bagus”. Istilah ini dipakai ketika player mengakui kehebatan timnya atau pun lawan. Cara bermain yang mengandalkan strategi dan skill seperti pada game PUBG, Mobile Legends, hingga Dota membuat player pro mendapat julukan Pemain Hebat atau GG.

Tapi anehnya, kata tersebut semakin ke arah bahasa Indonesia, malah dipakai gamer sebagai ejekan. “GG” oleh player Indonesia bisa juga diartikan sebagai “Gak Guna”. Tentu saja anda sering menjumpai ini dalam game, jadi predikat GG bukan hanya untuk pro player, namun juga untuk pemain Noob.

Penggunaan Kata GG

Dalam bermain game online, GG bisa digunakan dalam berbagai aspek mengakui kehebatan pemain. GG di awal pertandingan biasanya ditujukan bagi orang-orang yang Kill banyak atau mereka yang Pro menggunakan Skill hero.

Ada juga GG All yang artinya Permainan bagus-semua, kata ini sering dipakai sesaat setelah permainan usai. Ini biasanya ditujukan untuk pemain tim, lebih-lebih kepada musuh yang juga bermain bagus.

Terakhir ada juga GGWP, apa sih itu? GGWP berasal dari kata Good Game dan Well Played yang jika diartikan bersamaan bisa dimaksudkan “Permainan yang bagus” atau “Permainan yang sangat hebat”. Tapi GGWP jarang dipakai karena lebih panjang sehingga lebih lama mengetiknya.

Awal Mula GG Tercipta

Jika anda rasa pembahasan di atas kurang lengkap, disini saya akan menjelaskan sejarah atau lebih tepatnya “Awal mula” dikenalkan kata GG dalam dunia gamer. Lebih tepatnya GG sudah masuk dalam bahasa game sejak tahun 1994.

Waktu itu ada permainan yang sangat populer bernama Doom yang sudah support LAN. Memang grafiknya terbilang buruk, namun pada masanya itulah game yang sangat diminati banyak orang. Bagi mereka yang berhasil menyelesaikan tiap-tiap misi akan dijuluki Permainan Bagus (good game). Sedangkan di awal-awal main, ada istilah GL (good luck) yang artinya semoga beruntung.

Populer Berkat Dota 2

Setelah awal mula dikenalkan GG dalam dunia game, kata ini semakin sering digunakan dalam berbagai permainan. Salah satunya Dota 2 yang peminatnya ada di seluruh dunia. Ceritanya cukup unik dimana ketika salah satu tim mengetik GG untuk All, maka artinya satu tim tersebut mengaku kalah.

Ini pernah terjadi ketika tim secret mengetik GG di ajang frankfurt major. Puppet dan timnya saat itu menghadapi OG yang memang unggul, namun salah satu pemain OG tersebut mengetik GG di All dan akhirnya dianggap kalah.

Kata GG Dalam Kehidupan Nyata

Selain di dunia game, GG juga menjadi kata yang banyak dipakai dalam interaksi. GG bisa sebagai respon apresiasi kepada orang lain ketika ia meraih sebuah pencapaian. Misal ketika teman mengucap GG kepada anda karena mendapat nilai 100 dalam matematika, itu diartikan bahwa anda jago pelajaran tersebut.

Kebalikan dari GG itu sendiri adalah Nub atau Noob yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya. Noob diartikan sebagai ejekan bagi orang yang masih pemula, belum menguasai suatu skill, atau bodoh dalam beberapa hal. Kata noob itu sendiri sifatnya negatif dan bersifat memancing emosi.

Penutup

Mungkin itu saja sedikit uraian arti kata gg yang ada dalam dunia game. Kesimpulannya, GG adalah kata mengakui kehebatan orang lain dalam game maupun yang lainnya. Kata ini boleh anda pakai dalam game maupun percakapan di dunia nyata karena kesannya seperti apresiasi atau dukungan yang positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here