Mimpi adalah pengalaman alam bawah sadar yang melibatkan seluruh indra mulai dari penglihatan, pendengaran, hingga indra perasa. Seseorang yang mengalami mimpi biasanya hanyut dalam suasana yang sedang terjadi. Orang-orang yang bermimpi sering merasakan sensasi pengalaman realistis yang membuatnya tidak sadar kalau itu hanya sebuah mimpi.

Dalam dunia medis, mimpi merupakan pengalaman umum yang dapat dijelaskan sebagai suatu kondisi kesadaran. Kondisi ini ditandai dengan adanya peristiwa sensorik, kognitif, dan emosional selama tidur. Hal ini membuat orang yang bermimpi tidak punya kendali atas kejadian yang sedang berlangsung.

Lalu bagaimana seseorang bisa mengalami sebuah mimpi? Ada beberapa faktor umum yang dapat memunculkan sebuah mimpi. Contohnya seperti emosi bahagia, tertekan atau stres, ingatan yang baru saja dialami, halusinasi, dan masih banyak lagi.

Beberapa orang menganggap mimpi adalah suatu hal yang dapat mengandung penafsiran atau makna tertentu. Tapi perlu anda ketahui bahwa hampir seluruh kejadian mimpi hanyalah sebatas bunga tidur yang tak mengandung arti tertentu.

Namun jika anda masih merasa penasaran dengan mimpi yang baru saja dialami, silahkan simak pembahasan arti mimpi berikut berdasarkan pandangan psikologi dan sisi logisnya.

Apa Arti Mimpi Bercermin?

Arti Mimpi Bercermin

Mimpi bercermin adalah salah satu kejadian mimpi yang sering dialami orang. Mimpi seperti ini biasanya menampilkan suatu ruang dan suasana yang aneh, didalamnya terlihat sebuah cermin yang menghadap si pemimpi.

Ada banyak sekali kejadian terkait mimpi bercermin, misalnya bercermin sambil menangis, bercermin melihat wajah sendiri, bercermin dengan rasa penasaran, hingga bercermin diliputi ketakutan. Kejadian-kejadian mimpi seperti ini bisa diungkap secara logis berdasarkan kondisi emosional serta ingatan yang sedang anda alami.

Mimpi Diri Sendiri Sedang Bercermin

Paling umum adalah kejadian mimpi melihat diri sendiri dalam sebuah cermin. Mimpi seperti ini punya arti kalau anda sedang berusaha melihat jati diri serta kepribadian yang terpendam. Anda berusaha mengenali diri sendiri lebih jauh untuk menemukan suatu jawaban dalam kehidupan nyata.

Mimpi diri sendiri bercermin juga memperlihatkan bagaimana anda menilai diri sendiri dalam suatu persoalan. Jika anda bercermin dengan sebuah rasa puas, anda mungkin merasa kalau diri anda sudah benar-benar baik atau sesuai dengan yang diinginkan.

Adapun jika anda bermimpi melihat cermin dengan perasaan bingung atau penasaran, anda mungkin sedang mencari-cari suatu jawaban terkait karakter, jati diri, atau kepribadian.

Arti Mimpi Bercermin Dengan Wajah Sedih

Menurut pandangan psikologis, sebuah kejadian mimpi yang menampilkan kesedihan atau tangisan merupakan gambaran dari emosional si pemimpi waktu itu. Jadi mimpi bercermin dengan wajah sedih menunjukkan kalau anda sedang berada dalam sebuah tekanan atau masalah di kehidupan nyata.

Anda mungkin merasa kesulitan, tertekan, dan sulit menemukan jalan keluar atas persoalan yang sedang dihadapi. Tapi dibalik itu semua, mimpi bercermin dengan wajah sedih mengandung pesan supaya anda dapat meneguhkan diri sendiri untuk jadi lebih kuat dan sabar menghadapi kesulitan.

Mimpi Melihat Cermin Besar

Mimpi bercermin pada sebuah cermin yang besar punya arti yang cukup unik. Dalam psikologi, mimpi ini adalah gambaran dari cara pandang orang lain dalam menilai diri anda. Orang-orang di sekitar anda punya cara tersendiri dalam menilai diri anda mulai dari melihat cara anda berbicara, bergaul, berperilaku, hingga kebiasaan hidup.

Setiap orang pastinya ingin dipandang baik oleh orang-orang disekitarnya, jadi mimpi seperti ini punya pesan supaya kita bisa mengenali diri sendiri dengan bercermin pada orang-orang sekitar. Caranya dengan melihat bagaimana respon orang lain dalam menanggapi sikap, perilaku, dan perbuatan kita.

Jika mungkin diri kita masih dipandang buruk oleh orang-orang sekitar, maka itu bisa jadi sebuah motivasi untuk memulai perubahan dalam diri kita.

Bercermin dan Merasa Sudah Cantik

Bagi seorang wanita, bercermin adalah suatu cara untuk melihat penampilan diri sendiri apakah sudah sempurna atau belum. Jika anda mengalami mimpi bercermin dan merasa sudah cantik, maka bermakna kalau anda sudah berhasil membangun rasa percaya diri.

Selain itu, mimpi ini juga bisa menggambarkan sebuah perasaan puas akan diri sendiri. Biasanya ini berkaitan dengan kepuasan atas apa yang telah dikerjakan atau diperbuat dalam kehidupan dunia nyata.

Bercermin dan Merasa Sudah Tampan

Kebalikan dari mimpi di atas, ada mimpi yang dialami oleh laki-laki, yakni bercermin dan merasa sudah ganteng atau tampan. Mimpi ini sebenarnya punya gambaran yang sama dengan kejadian di atas, artinya adalah anda merasa diri sendiri sudah melakukan suatu perbuatan atau tindakan yang terbaik.

Bercermin Sambil Tersenyum

Mimpi bisa muncul dari kondisi emosi yang ada sebelum tidur, jadi beberapa kejadian bisa menampilkan sebuah kebahagiaan atau senyuman. Jadi mimpi seperti ini menunjukkan kalau anda sedang merasa bahagia dalam dunia nyata. Perasaan tersebut sangat mungkin terbawa dalam mimpi sehingga kejadian dalam mimpi terkesan menyenangkan.

Selain itu, mimpi bercermin sambil tersenyum bisa menjadi sebuah gambaran tentang hal-hal lucu atau menyenangkan yang ada dalam ingatan anda. Biasanya ini merujuk pada ingatan pengalaman yang tak terlupakan.

Arti Mimpi Bercermin Dengan Kaca Kecil

Ada juga kejadian mimpi bercermin menggunakan kaca kecil atau potongan kaca. Mimpi seperti ini menjelaskan kalau anda sedang berusaha menata diri untuk menjadi lebih baik lagi dalam dunia nyata. Hal ini bisa berkaitan dengan perubahan sifat, perilaku, serta kebiasaan sehari-hari yang melekat dalam diri anda.

Jika diambil sebuah hikmahnya, mimpi ini merupakan pengingat bagi diri anda untuk bisa memulai perubahan dalam kehidupan nyata. Perubahan tersebut meliputi apa saja yang ada dalam diri anda, mulai dari hal kecil seperti perilaku, cara berpikir, hingga kepribadian.

Mimpi Bercermin Melihat Wajah Orang Lain

Mungkin terkesan cukup aneh jika kita sedang bercermin, namun yang terlihat dalam cermin adalah wajah orang lain. Tak heran jika kejadian mimpi yang satu ini sering dikaitkan dengan hal-hal yang terkesan buruk. Padahal ini bisa dijelaskan secara logis berdasarkan apa yang anda lihat dalam cermin.

Jika melihat orang yang sukai, misal kekasih atau pacar, maka mimpi ini menggambarkan rasa kerinduan atau ingin bertemu dengan orang tersebut. Dalam pikiran anda ada sebuah keinginan yang mendorong imajinasi bertemu dengan orang yang disukai.

Jika melihat musuh dalam cermin, maka bisa berarti kalau anda masih sulit melupakan atau memaafkan orang-orang yang pernah berbuat salah pada diri anda. Bisa juga bermakna kalau anda punya perasaan dendam terhadap orang-orang yang tidak disukai.

Jika melihat orang tak dikenal dalam cermin, maka artinya anda sedang mencoba menciptakan gambaran seseorang yang seharusnya sudah dikenal. Namun dalam mimpi, otak tidak bekerja dengan baik sehingga tercipta karakter atau gambaran orang lain yang tidak jelas ataupun tidak dikenal.

Mimpi Berada Dalam Ruangan Penuh Cermin

Ada beberapa mimpi aneh terkait bercermin, salah satunya diri kita berada dalam sebuah ruangan yang penuh dengan cermin. Ruangan tersebut cukup membuat kita penasaran karena pantulan dari diri sendiri tercipta cukup banyak disana.

Mimpi ini merupakan sebuah gambaran supaya kita bisa introspeksi diri sendiri untuk mengetahui kekurangan serta kesalahan yang pernah dibuat. Hal ini bertujuan supaya kita bisa memperbaiki diri dalam kehidupan dunia nyata.

Arti Mimpi Bercermin Dengan Kaca Pecah

Selanjutnya ada kejadian mimpi bercermin pada sebuah kaca yang sudah pecah atau retak. Dalam visual mimpi ini, kita akan melihat wajah sendiri yang tampak berantakan karena cermin tersebut pecah. Disini ada sebuah gambaran kalau si pemimpi mungkin sedang merasakan sebuah kehancuran dalam kehidupannya.

Kejadian ini juga bisa bermakna adanya penyesalan, perasaan tertekan, atau kesedihan mendalam yang sedang dialami. Bisa jadi si pemimpi sedang atau baru saja mengalami hal buruk dalam kehidupan dunia nyata hingga terbawa dalam mimpi.

Bagi anda yang merasa bahwa mimpi bercermin pada kaca yang pecah adalah kejadian buruk, sebaiknya jangan terlalu khawatir. Anda hanya perlu mempersiapkan mental untuk menghadapi emosi buruk yang sedang dialami dalam kehidupan nyata. Setelah semua emosi dan perasaan buruk tersebut hilang, maka mimpi yang muncul selanjutnya bisa menjadi mimpi yang menyenangkan.

Penegasan Mimpi Dalam Psikologi

Mimpi dapat berkaitan dengan ilmu psikologi, sebab secara garis besar mimpi berasal dari ingatan, emosi, serta imajinasi si pemimpi. Sehingga hal ini bisa menjadi sebuah dasar untuk menjelaskan makna atau arti yang mungkin cukup logis dan dapat diterima akal.

Mimpi dalam psikologi pada dasarnya bersumber dari tiga teori. Teori ini bisa menjelaskan bagaimana mimpi itu tercipta dan bagaimana kejadian dalam mimpi tersebut berkaitan dengan hal hal yang bisa dijelaskan secara logis.

1. Psychoanalytic Theory of Dreams

Mimpi merupakan sebuah perwakilan dari keinginan, pikiran, serta motivasi yang tidak disadari. Jadi kejadian mimpi bercermin mungkin saja bersumber dari motivasi diri anda untuk memulai sebuah perubahan dalam hidup. Wajar saja jika mimpi bercermin kadang memberikan sebuah dorongan semangat untuk menjadi lebih baik lagi.

2. Activation-Synthesis Model of Dreaming

Sebuah mimpi sering terjadi pada fase REM yang mana otak manusia sedang bekerja keras waktu itu. Mimpi yang tercipta bisa mendasari sebuah emosi, sensasi, kenangan, hingga pengalaman dalam dunia nyata menjadi kejadian yang terkesan realistis dalam mimpi.

Ini menjadi jawaban mengapa mimpi bercermin bisa terkesan sangat nyata, bahkan orang yang mengalaminya tidak sadar sama sekali kalau itu hanya sebuah mimpi.

3. Information-Processing Theories

Sebuah mimpi juga bisa berasal dari pengumpulan informasi yang baru saja anda alami sebelum tidur. Sebuah mimpi yang tercipta biasanya cukup abstrak atau bercampur yang membuat kita merasa aneh dengan alur mimpi tersebut. Hal ini wajar terjadi mengingat dalam sekali tidur kita bisa mengalami lebih dari satu kejadian mimpi dengan latar, suasana, serta visualisasi yang berbeda.

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Ketahui

Pertama, mimpi umumnya terjadi dalam waktu yang cukup singkat, antara 5 sampai 20 menit saja. Namun dalam ruang mimpi, kita bisa merasakan waktu yang sangat panjang. Seperti halnya mimpi bercermin, umumnya terjadi dalam hitungan menit, namun kita merasa itu bisa sampai berjam-jam

Kedua, saat bermimpi kita sulit menggambarkan wajah seseorang. Jadi itulah alasan mengapa dalam mimpi bercermin kita bisa melihat wajah orang lain yang tidak dikenal.

Ketiga, mimpi yang kita alami sering menuangkan emosi yang kuat didalamnya, misalnya sebuah rasa bahagia, sedih, tertekan, atau cemas. Wajar saja saat bermimpi melihat cermin kita bisa merasakan kesedihan atau kebahagiaan yang kuat.

Lihat juga : Artinya mimpi menyapu

Mungkin itu saja pembahasan tentang arti mimpi bercermin yang dapat menjawab rasa penasaran anda. Intinya sebuah mimpi tidak selalu bermakna, mimpi bahkan hampir seluruhnya hanya sebatas bunga tidur. Tapi mimpi juga bisa memberikan sebuah pesan positif serta motivasi untuk si pemimpi dalam menjalani kehidupan nyata.