30 Arti Mimpi Hujan Yang Sering Kita Alami, Apakah Baik?

Arti Mimpi Hujan

Arti Mimpi Hujan – Mimpi adalah pengalaman alam bawah sadar yang mengungkap berbagai kejadian aneh, unik, menyenangkan, hingga menakutkan. Mimpi muncul dari kinerja otak yang memberikan gambaran-gambaran objek, kehidupan, benda, atau waktu tertentu. Sedangkan kondisi psikologis memberikan kesan tertentu seperti sedih, bahagia, sakit hati, atau yang lainnya.

Menurut hasil penelitian, mimpi merupakan kejadian yang normal dialami manusia sewaktu tidur. Tapi dalam konteks lain, mimpi bisa memiliki makna atau gambaran tertentu yang mungkin banyak dipertanyakan orang. Perlu diingat, tidak semua mimpi punya makna, hanya beberapa saja yang mungkin berisi sebuah pesan atau gambaran tertentu.

Berbagai kejadian mimpi sering membuat kita penasaran dan terheran-heran hingga ingin mencari tahu tafsirannya. Misal arti mimpi hujan yang sering dikaitkan dengan hal-hal baik dalam kehidupan nyata karena hujan dianalogikan sebagai berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Lalu bagaimana penjelasan lebih dalam soal mimpi ini?, simak penjelasan berikut.

Perlu Berhati-hati Dalam Menafsirkan Mimpi

Dalam Islam memang telah dijelaskan bahwa ada mimpi yang mengandung sebuah makna. Misal seperti kisah-kisah para Alim, Ulama’, atau Nabi terdahulu yang benar-benar mampu menafsirkan mimpi dengan sangat tepat.

Jadi, mimpi haruslah ditafsirkan oleh seorang Alim atau orang yang paham takwil mimpi. Sedangkan zaman sekarang ini sangat sulit dijumpai orang-orang yang tahu soal mimpi. Sebab itulah kita diperingatkan untuk selalu berhati-hati dalam menanggapi sebuah mimpi.

Mungkin Anda sudah tahu bahwa kebanyakan mimpi sekarang ini dimaknai berdasarkan pada buku primbon. Sebaiknya jangan Anda percayai hal tersebut, sebab segala sesuatu adalah kehendak Allah. Jangan Anda percayai sebuah ramalan yang pada akhirnya merusak keimanan.

Menurut Ulama’

Mimpi menjadi salah satu hal yang selalu dipertanyakan orang-orang. Para Ulama’ menjawab “Jangan terlalu berlebihan menanggapi mimpi, sedang masih banyak hal yang lebih penting untuk dikerjakan”. Mengapa demikian? Sebab mimpi itu tidak memiliki kuasa tertentu yang dapat merubah atau mengendalikan dunia nyata Anda.

Perlu dicatat!, Jika Anda mengalami mimpi indah dan merasa bahagia, maka berharaplah baik dan berdoa supaya dikabulkan. Kemudian jika Anda bermimpi buruk dan sangat takut, sebaiknya jangan terlalu khawatir di dunia nyata dan berdoalah untuk diberi perlindungan Allah.

Bagaimana dengan mimpi hujan? Nah jika Anda mengalami mimpi hujan ketika keadaan di dunia nyata sedang panas / gersang, maka mimpi ini bisa jadi kabar gembira yang diturunkan oleh Allah. Anda boleh berdoa dan berharap kepada Allah untuk diturunkan hujan di dunia nyata. Ingat! bukan mimpi yang menurunkan hujan tersebut, tapi Allah.

Kemudian jika mengalami mimpi hujan lebat hingga disebut sebagai badai, Anda tidak perlu takut. Beberapa kejadian mimpi yang buruk mungkin cerminan dari kondisi emosi atau psikologis Anda yang sedang tidak stabil.

Penjelasan Psikolog Soal Mimpi Hujan

Pengalaman mimpi hujan memang terbilang biasa-biasa saja karena kronologi tempat, waktu, dan suasana selayaknya menggambarkan kehidupan nyata kita. Tapi jika Anda merasa mimpi yang baru saja dialami semalam cukup unik dan menarik, maka cobalah lihat kondisi psikologis dan emosimu.

Sebuah mimpi bisa muncul dari dorongan emosi tertentu sehingga membuatnya terkesan realistis. Menurut psikolog, mimpi indah bisa muncul ketika kondisi psikismu sedang baik, begitu juga sebaliknya. Nah berikut ini beberapa ulasan arti mimpi hujan yang disampaikan oleh psikolog.

1. Gambaran Kesedihan

Mimpi hujan lebih banyak dikaitkan dengan kesedihan atau kondisi perasaan yang sedang memburuk. Mungkin ini lekat dengan analogi bahwa air hujan itu seperti tangisan. Nah apakah benar Anda saat ini sedang bersedih? coba lihat ke dalam diri Anda.

2. Sebuah Hambatan

Menurut beberapa psikolog, mimpi terkait hujan juga bisa mencerminkan hal yang kurang menyenangkan di kehidupan nyata. Salah satunya Anda akan mendapati sebuah hambatan dalam hidup yang cukup berat. Bisa jadi ini berkaitan dengan pekerjaan, keinginan, harapan, atau mungkin cita-cita Anda.

3. Pertanda Sedang Kesepian

Berikutnya ada mimpi hujan yang melibatkan perasaan juga. Mungkin beberapa kejadian mimpi ini yang dialami orang-orang merupakan gambaran bahwa ia sedang kesepian. Ini bisa diartikan bahwa Anda sedang butuh kehadiran seseorang untuk menyenangkan hati yang kesepian.

4. Tertekan Karena Banyak Masalah

Tuntutan kehidupan dunia nyata yang semakin berat terkadang membuat kita bermimpi yang aneh-aneh. Salah satunya mimpi hujan, menurut psikolog mimpi ini bisa juga diartikan bahwa Anda sedang merasa tertekan. Banyaknya masalah dan sulitnya mencari jalan keluar bisa saja membuat Anda gagal meraih tujuan. Jadi janganlah hilang harapan, coba selesaikan satu persatu masalah yang menghadang.

Tafsiran Mimpi Hujan Secara Umum

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kita tidak perlu percaya dengan tafsiran yang berdasarkan sumber buku seperti primbon jawa atau ramalan mimpi. Namun orang-orang masih selalu penasaran dengan penjelasan detail sebuah mimpi dan biasanya itu terdapat dalam primbon jawa.

Jadi lebih baik simak uraian berikut ini dari daftar arti mimpi hujan dalam primbon jawa. Tapi bukan untuk kita percayai tafsirannya, melainkan hanya untuk diambil hikmah serta sisi positifnya saja.

Arti Mimpi Hujan Lebat

Pertama ada mimpi yang sangat sering dialami orang-orang yakni hujan lebat. Dalam primbon jawa, mimpi seperti ini ditafsirkan sebagai pertanda datangnya masalah besar dalam hidup si pemimpi. Mungkin masalah tersebut lebih berat dan rumit dari sebelumnya.

Dari tafsiran diatas, jika kita menelaah lebih jauh, maka kita pasti yakin bahwa hidup di dunia ini selalu diuji. Semakin hari semakin banyak masalah, jadi janganlah mudah menyerah atau pun putus asa menghadapi ujian tersebut.

Makna Mimpi Hujan dan Petir

Berikutnya mimpi hujan disertai dengan petir yang menyambar. Mimpi ini punya makna bahwa anda akan mengalami perubahan yang cukup signifikan di kehidupan nyata. Mungkin ini berkaitan dengan sifat, perilaku, atau kebiasaan.

Mimpi Hujan Gerimis

Hujan gerimis menandakan adanya keberuntungan atau kabar baik yang bsia terjadi kapan saja. Mimpi hujan gerimis juga dimaknai adanya kebahagiaan yang muncul dalam waktu dekat ini. Dari penjelasan mimpi tersebut, mungkin kita bisa berharap baik, tapi jangan terlalu berlebihan.

Berteduh Dari Hujan

Terkadang kejadian mimpi yang berkaitan dengan hujan memaksa orang-orang untuk berteduh, memang ini layaknya kejadian dunia nyata. Nah dalam primbon jawa, arti dari mimpi ini adalah anda sedang berusaha kabur dari masalah, padahal itu bukan pilihan terbaik.

Jadi hikmah dari mimpi tersebut adalah kita hendaknya menyelesaikan masalah yang sudah menjadi tanggungan. Kabur atau menghindar dari masalah bukanlah pilihan yang tepat karena itu tidak akan menyelesaikannya, malah menjadikan masalah tersebut semakin rumit.

Mimpi Basah Kuyup Kehujanan

Merasakan kondisi tertentu dalam mimpi itu memang bisa saja, misalnya merasakan tubuh basah kuyub diguyur hujan. Mimpi seperti ini dalam primbon bermakna bahwa ada musuh yang mencoba merencanakan hal buruk terhadap diri anda.

Memang dalam hidup ini selain ada teman tentu ada musuh, selain ada yang menyukai kita, pasti ada yang membenci. Jadi anda perlu waspada dan selalu berhati-hati dengan kemungkinan buruknya. Jadi ambil saja sisi positif dari mimpi ini.

Arti Mimpi Hujan Hingga Banjir

Mimpi yang berkaitan dengan banjir selalu ditafsirkan baik dalam primbon jawa. Mimpi ini bermakna bahwa anda akan mendapatkan sebuah keberuntungan yang tak terduga. Bisa saja berkaitan dengan uang, harta, atau yang lainnya.

Tapi perlu anda ingat kembali! bukan mimpi yang dapat mewujudkan hal tersebut. Anda harus yakin bahwa semua itu adalah kuasa dari Allah. Kemudian mimpi ini bisa jadi penambah semangat anda di dunia nyata untuk lebih giat bekerja (bukan menunggu datangnya keberuntungan).

Mimpi Memakai Patung Saat Hujan

Saat bermimpi, banyak orang yang secara tak sadar tiba-tiba membawa sebuah banda yang sangat dibutuhkan. Misal ketika bermimpi hujan, kadang kala kita tiba-tiba memegang payung yang datangnya entah dari mana. Mimpi seperti ini punya tafsiran baik, artinya anda akan terhindar dari suatu masalah atau persoalan hidup.

Arti Mimpi Hujan Berhenti

Bagaimana dengan mimpi melihat hujan yang sudah reda. Dalam primbon dijelaskan bahwa anda akan segera melewati masa-masa sulit yang selama ini menjadi beban hidup. Tapi jangan bersiaplah karena mungkin akan ada masalah hidup yang lebih buruk lagi.

Mimpi Hujan Tanpa Mendung

Kejadian mimpi memang bisa mengungkap hal-hal aneh yang diluar nalar. Misalnya mimpi hujan lebat, padahal tidak ada awan waktu itu. Nah mimpi seperti ini punya arti bahwa anda akan mendapati kesialan yang datang tak terduga. Jadi hikmah mimpi ini adalah kita harus selalu waspada dan siap dengan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi di kehidupan nyata.

Arti Mimpi Hujan Badai

Terakhir mimpi melihat hujan badai yang cukup mengerikan. Tafsiran mimpi ini menggambarkan datangnya hal buruk pada diri anda dalam waktu dekat ini. Dalam konteks lain, mimpi ini mengandung sisi positif supaya kita bisa berubah dan menjadi lebih baik lagi.

Penutup

Itulah daftar arti mimpi hujan terlengkap beserta penjelasannya. Mimpi terkait hujan tak selalu bermakna buruk, tapi mimpi itu sendiri kadang muncul sebagai bunga tidur saja. Alangkah baiknya kita bisa mengambil sisi positif dari setiap mimpi yang telah dialami sebagai pelajaran berharga dalam hidup.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Pooc.org - All Right Reserved