Bagaimana Bapak Ibu Memahami Cara Kerja Otak 5 Kebutuhan Dasar Manusia

Bagaimana Bapak Ibu Memahami Cara Kerja Otak 5 Kebutuhan Dasar Manusia

Penting bagi pendidik atau orang tua untuk memahami bagaimana cara kinerja otak, kebutuhan dasar manusia, tahap tumbuh kembang anak, serta pengaruhnya dalam pembentukan kebiasaan dan nilai-nilai hidup.

Pemahaman tersebut juga ditanyakan pada saat bapak/ibu guru mengerjakan tugas Eksplorasi Konsep – Modul 1.2 dalam Pendidikan Guru Penggerak (PGP). Bagaimana cara menjawabnya? Mari simak berikut ini.

Pertanyaan

Bagaimana bapak/ibu memahami cara kerja otak, 5 kebutuhan dasar manusia, tahap tumbuh-kembang anak berserta pengaruhnya pada pembentukan kebiasaan dan nilai-nilai hidup manusia? mengapa demikian?

Jawaban

1. Cara Kerja Otak

Otak merupakan organ penting yang dimiliki manusia untuk memahami, melakukan suatu proses berpikir, hingga mengatur gerakan tubuh.

Bagi seorang anak, kinerja otak yang baik dapat membantunya dalam proses belajar, mengatur emosi, dan mengatur perilaku. Selain itu, otak juga penting untuk menyimpan memori-memori yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran.

2. Lima Kebutuhan Dasar Manusia

Secara umum, lima kebutuhan dasar manusia berupa kebutuhan untuk bertahan hidup, kasih sayang, kebebasan, kesenangan, serta penguasaan.

Kebutuhan untuk bertahan hidup mencakup berbagai macam aspek, seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal.

Kebutuhan kasih sayang bisa diperoleh dari kasih sayang orang tua, orang terdekat, serta guru di sekolah.

Kemudian kebutuhan kebebasan dapat berupa kebebasan dalam berpikir, mengambil keputusan, serta melakukan sesuatu.

Kebutuhan kesenangan merupakan kebutuhan yang penting untuk membuat seseorang bahagia dan memperoleh sesuatu yang diinginkannya.

Terakhir, kebutuhan penguasaan berkaitan dengan penguasaan atas sesuatu atau pencapaian tertentu.

3. Tahap Tumbuh Kembang Anak

Tahap tumbuh kembang usia 0-6 tahun, terdiri dari masa prenatal mulai masa embrio (mulai konsepsi sampai 8 minggu) dan masa fetus (9 minggu sampai lahir), serta masa pascanatal mulai dari masa neonates (0-28 hari), masa bayi (29 hari – 1 tahun), masa anak (1-2 tahun), masa prasekolah (3-6 tahun).

Tahap tumbuh kembang dilanjutkan pada usia 6 tahun keatas, terdiri atas masa sekolah (6-12 tahun) dan masa remaja (12-18 tahun).

4. Pengaruh pada Pembentukan Kebiasaan dan Nilai-Nilai Hidup Manusia

Cara kerja otak, kebutuhan dasar manusia, serta tahapan tumbuh kembang anak berpengaruh terhadap pembentukan kebiasaan serta nilai-nilai hidup.

Penggunaan otak dapat membentuk kebiasaan anak pada pola tertentu, misalnya rajin belajar, suka berinteraksi, atau kebiasaan baik lainnya.

Terpenuhinya kebutuhan dasar anak juga akan mendorong pembentukan kebiasaan baik serta nilai-nilai kehidupan yang positif.

Baca juga:

Kesimpulan

Dengan memahami aspek kinerja otak, kebutuhan dasar, serta tahap tumbuh kembang anak, orang tua atau pendidik akan tahu proses terbaik yang harus dilakukan untuk mendorong anak menjadi pribadi yang baik.

Baca juga:  Apa Pandangan Anda Tentang Diskriminasi dan Radikalisme? Berikut Jawabannya
Bagaimana Bapak Ibu Memahami Cara Kerja Otak 5 Kebutuhan Dasar Manusia
Next Post

No more post

Artikel Terkait