Bagaimana Perangkat Ajar yang Baik Menurut Anda Sebagai Guru

Bagaimana Perangkat Ajar yang Baik Menurut Anda Sebagai Guru

Perangkat ajar atau perangkat pembelajaran adalah kumpulan materi, alat, media, petunjuk, dan panduan yang akan dipergunakan dalam proses belajar mengajar.

Jadi perangkat ajar merupakan sekumpulan media atau sarana yang dapat digunakan oleh siswa atau guru dalam kegiatan pembelajaran.

Alat bantu ini bertujuan untuk memudahkan dalam kegiatan belajar mengajar, membuatnya lebih efisien, modern, serta lebih mudah dalam tercapainya tujuan belajar mengajar.

Dengan adanya perangkat ajar, diharapkan guru mampu menyerap beragam materi dan memiliki keterampilan yang baik dalam menyampaikannya kepada siswa. Siswa pun dapat terbantu oleh perangkat ajar untuk menemukan materi yang dibutuhkan serta mempermudah dalam efisiensi belajarnya.

Bagaimana Perangkat Ajar yang Baik Menurut Anda Sebagai Guru

Menurut pendapat saya sebagai seorang guru, perangkat ajar yang baik adalah perangkat ajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, mudah digunakan, interaktif dan menarik, serta berfokus pada kebutuhan siswa dan guru.

Jawaban Lain

Sebagai seorang guru, perangkat ajar seharusnya memiliki beberapa kriteria yang mendukung tujuan pembelajaran. Berikut ini beberapa hal yang harus ada dalam perangkat ajar yang baik;

1. Relevan dengan Tujuan Pembelajaran

Perangkat ajar harus relevan atau bersesuaian dengan tujuan kegiatan belajar-mengajar. Setiap elemen yang ada dalam perangkat ajar seharusnya berkaitan dengan hal-hal yang dapat memudahkan tercapainya tujuan pembelajaran.

2. Interaktif dan Menarik

Perangkat ajar yang baik tentu mengandung elemen-elemen yang menarik dan interaktif, sehingga lebih menarik minat belajar siswa dan tidak menimbulkan kejenuhan dalam aktivitas belajar mengajar.

3. Memiliki Evaluasi sebagai Alat Ukur Potensi

Selanjutnya, perangkat ajar harus memiliki elemen evaluasi yang berguna untuk mengetahui potensi siswa serta peningkatan yang terjadi selama kegiatan pembelajaran.

4. Mudah Digunakan

Aspek kemudahan dalam penggunaan perangkat ajar sangat penting untuk diperhatikan. Diharapkan siswa dan guru dapat menggunakan perangkat ajar yang simpel, mudah dipahami, dan mudah diterapkan.

5. Mendukung Pencapaian Tujuan Pembelajaran

Perangkat ajar dibuat harus dengan sebaik mungkin untuk mendukung capaian kegiatan pembelajaran. Karena itu, perangkat ajar harus memperhatikan segala aspek yang dibutuhkan oleh siswa dan guru, serta memaksimalkan efisiensi penggunaannya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini tentang pendapat guru terkait perangkat ajar yang baik. Terima kasih sudah membaca dengan saksama, semoga tulisan di atas dapat membantu.

Artikel Terkait