Bakteri yang Suka Menyapa? Jawaban TTS

Bakteri yang Suka Menyapa

TTS atau teka-teki silang adalah permainan menjawab kata tertentu pada kotak-kotak yang disediakan sesuai dengan soal. Teka-teki silang kian populer karena cocok untuk mengisi waktu luang, dapat digunakan sebagai media asah otak, serta menambah wawasan tentang berbagai hal yang belum diketahui.

Pertanyaan TTS selalu bertambah mengikuti hal baru yang diketahui manusia. Tak heran jika soal TTS terasa tidak ada habisnya karena memang membahas apa saja yang ada di dunia ini, mulai dari pengetahuan umum hingga definisi suatu kata.

Salah satu soal teka-teki silang yang sedang populer adalah “bakteri apa yang suka menyapa”. TTS ini berkaitan dengan pelajaran IPA / Biologi, sehingga menjawabnya perlu pengetahuan tentang bakteri.

Jika Anda kesulitan dalam menemukan jawaban TTS / Tebakan lucu ini, jangan khawatir! Kali ini kita akan membagi kunci jawaban beserta alasannya. Mari simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

Bakteri yang Suka Menyapa

Jawaban yang tepat adalah Bakteri Halofili karena ada kata “halo” yang merupakan kata sapaan. Anda mungkin merasa asing dengan nama bakteri ini, oleh karena itu kita akan membahasnya sedikit sebagai penambah wawasan.

Menurut Ventosa dan Nieto (1995), bakteri halofilik adalah salah satu kelompok mikroorganisme yang dapat hidup di lingkungan berkadar garam tinggi.

Bakteri ini memiliki kemampuan hidup di tempat yang mengandung kadar garam tinggi, bahkan lima kali lebih tinggi dari air laut pada umumnya. Oleh sebab itu, halofili termasuk dalam jenis ekstremofil, yaitu mikroba yang menyukai habitat ekstrem.

Lingkungan dengan kadar garam tinggi contohnya danau air asin (Great Salt Lakes, Utah), kolam penguapan di ladang garam air laut, tanah atau gurun dengan kadar garam tinggi, atau bahkan makanan yang diawetkan dengan penggaraman seperti ikan asin, keju, ikan sarden, hering dan ikan cod.

Lingkungan hidup bakteri ini memiliki kadar garam antara 3% sampai 30%. Sedangkan optimalnya untuk bakteri ini tumbuh adalah lingkungan berkadar garam 3% sampai 15%.

Tips Mengerjakan Soal TTS

Tips penting bagi Anda yang sedang mengerjakan soal TTS adalah usahakan menjawab pertanyaan yang paling mudah terlebih dahulu. Hal ini akan memberi huruf kunci untuk soal berikutnya yang sulit.

Mengerjakan TTS juga perlu ketelitian karena salah satu huruf saja tidak dapat dibenarkan. Anda harus benar-benar menuliskan huruf yang sesuai agar satu soal dengan lainnya dapat berhubungan.

Manfaat Permainan TTS

TTS atau teka-teki silang memiliki segudang manfaat, antara lain dapat mengasah otak, cocok untuk mengisi waktu luang, melatih menyelesaikan masalah, melatih kesabaran, serta membiasakan sifat teliti.

Selain dari itu, teka-teki silang juga bermanfaat untuk memperluas pengetahuan mengingat soal TTS membahas tema apa saja yang tidak ada batasnya. Bahkan teka-teki silang juga sering mengangkat materi pelajaran sekolah seperti soal di atas.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang teka-teki silang / tebak-tebakan populer bakteri yang suka menyapa. Kesimpulannya, ada satu nama bakteri yang cocok untuk mendeskripsikan suka menyapa, yaitu bakteri halofili karena terdapat kata halo di dalamnya.

Artikel Terkait