Benarkah Stres Membuat Kita Sakit? Sebelum masuk pembahasan, sebaiknya kita harus tahu apa itu stres. Stres adalah reaksi tubuh yang timbul saat kita menghadapi suatu ancaman, tekanan, atau perubahan secara drastis.

Stres mungkin terjadi ketika kondisi pikiran sedang tertekan, merasa kehilangan harapan, putus asa, patah semangat, atau yang lainnya. Kondisi emosional juga berpengaruh pada stres, orang yang emosinya buruk akan cenderung mudah stres ketika mengalami kejadian yang tidak diinginkan.

Stres bisa dialami siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Terlebih lagi orang yang selalu disibukkan dengan berbagai macam aktivitas yang berat. Para pelajar dan pekerja rentan terkena stres akibat dari tugas yang terlalu banyak, kesalahan kerja, mengalami kerugian, atau yang lainnya.

Pemicu stres juga bisa berasal dari tekanan batin seperti masalah keluarga, hubungan sosial yang berantakan, patah hati, masalah finansial, hingga stres karena cinta.

Benarkah Stres Membuat Kita Sakit?

Dalam kondisi normal, stres bisa berlangsung sementara atau hanya singkat saja. Stres bisa hilang ketika suasana hati dan emosional sudah membaik. Kadang juga disertai dengan kondisi yang membaik dalam suatu urusan yang sebelumnya menimbulkan stres.

Namun stres juga bisa berlangsung lama, stres berkepanjangan biasanya muncul dari hal-hal yang terkesan tiba-tiba dan benar-benar menekan pikiran serta emosional. Hal ini ternyata mengganggu kondisi fisik serta kesehatan tubuh manusia. Ada beberapa penyakit yang mungkin disebabkan dari stres yang berlebih sebagai berikut.

1. Gangguan Tidur

Stres sering dialami oleh orang yang terbebani pikiran dan emosinya. Hal ini memiliki dampak buruk yang memicu susah tidur. Biasanya orang dengan tekanan emosional akan sulit tidur karena otak sulit istirahat dan selalu memikirkan suatu hal yang buruk serta berulang-ulang.

Rasa khawatir, kecewa, dan patah hati juga menyebabkan seseorang sulit tidur, bahkan lebih parah lagi jika sampai insomnia. Gejala seperti ini harus diperhatikan karena akan berdampak buruk bagi tubuh jika berlangsung lama.

2. Sakit Kepala

Otot dan saraf di kepala mengalami ketegangan ketika seseorang sedang stres. Hal ini memicu sakit kepala seperti migrain, kepala tegang, hingga pusing. Sakit kepala akibat stres umumnya berlangsung singkat, namun hal ini juga bisa berkepanjangan jika stres tersebut tak kunjung hilang.

3. Flu

Sebenarnya stres tidak menimbulkan Flu, hanya saja stres membuat imunitas atau kekebalan tubuh kita menurun. Alhasil tubuh lebih mudah terserang berbagai virus seperti flu. Jadi sebaiknya hindari stres berlebih dan selalu jaga tekanan pikiran serta emosional.

4. Sakit Punggung

Sakit punggung sebenarnya bukan berasal dari stres yang kita alami, hanya saja stres menimbulkan ketegangan tubuh yang mempengaruhi saraf dan otot tertentu. Kadang stres membuat kita mengalami pegal-pegal dan kelelahan dibeberapa bagian tubuh.

5. Obesitas

Mungkin sebagian orang mengira stres membuat tubuh makin kurus. Namun faktanya stres bisa memicu obesitas yang diakibatkan karena meningkatnya hormon kortisol. Hormon inilah yang memicu naiknya nafsu makan sehingga orang yang stres akan cenderung banyak makan. Alhasil tubuh akan menyimpan lemak yang berlebih, jika berkepanjangan bisa mengakibatkan obesitas.

6. Alzheimer

Bukan hanya faktor usia saja, Alzheimer juga bisa terjadi akibat stres. Stres biasanya berkaitan dengan ketegangan pikiran yang sebenarnya hal tersebut memicu gangguan pada otak. Jadi solusi terbaiknya adalah kita harus belajar mengendalikan tekanan pikiran ketika sedang stres.

7. Depresi

Stres berat dapat memicu depresi yang akan berdampak buruk bagi kehidupan seseorang. Depresi bisa ditandai dengan perubahan sifat yang mendadak seperti mudah marah, emosi sering memuncak, susah menerima masukan orang lain, hingga perubahan perilaku menjadi lebih buruk.

Depresi dapat membuat seseorang ingin melukai diri sendiri, mencoba menjauhi lingkungan sosial, hingga percobaan bunuh diri. Kondisi kejiwaan juga bisa berubah seketika ketika mengalami depresi yang berlebihan.

Jadi pada intinya stres adalah kejadian sederhana yang dapat memicu berbagai macam dampak buruk bagi tubuh hingga timbulnya penyakit. Untuk itulah anda harus berusaha menjauhi tekanan pikiran dan emosional untuk menjaga diri dari stres. Selain itu, cobalah sesekali menyegarkan pikiran dan menenangkan diri ketika sedang tertekan.