15 Contoh Cara Menghargai Teman Lengkap

Contoh Cara Menghargai Teman

Contoh Cara Menghargai Teman – Jika kita punya teman, maka sudah sepatutnya kita menghargai mereka untuk menjaga persahabatan tetap baik. Jangan sampai kita menyakiti hati teman, menghiraukan teman, atau tidak peduli terhadap teman.

Teman adalah orang yang penting dalam hidup kita karena mereka akan menolong ketika kita butuh bantuan, menemani ketika sedih, dan juga selalu menghibur kita. Oleh sebab itu, kita harus bisa menghargai teman dengan mendengarkan keluh kesah mereka, perhatian terhadap teman, serta menyenangkan hati teman. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh cara menghargai teman yang baik dan benar.

Contoh Cara Menghargai Teman

1. Mendengarkan dengan Baik ketika Teman Sedang Bicara

Yang pertama, kita harus mendengarkan teman saat mereka bicara dengan kita. Mendengarkan mereka merupakan cerminan bahwa diri kita peduli terhadap ucapan mereka. Terlebih lagi, mendengarkan teman akan membuat kita tahu keluh kesah serta permasalahan yang sedang mereka hadapi.

2. Mengucapkan Terima Kasih kepada Teman jika Kita Ditolong atau Diberi Sesuatu

Yang kedua, bila teman menolong kita saat sedang kesusahan atau teman memberi kita sesuatu, maka kita harus mengucapkan terima kasih. Ucapan terima kasih dapat membuat orang lain yang menolong atau memberi akan merasa dihargai oleh kita.

3. Menghargai Pendapat Teman dan Tidak Memaksakan Pendapat Pribadi

Cara menghargai teman selanjutnya adalah dengan menghargai pendapat yang mereka keluarkan. Kita tidak boleh meremehkan dan meremehkan pendapat teman. Selain itu, kita juga dilarang memaksakan pendapat pribadi kepada orang lain.

4. Menghargai Keyakinan atau Agama Teman

Berteman memang tidak memandang agama, tak heran jika kita punya teman beda agama dalam pergaulan sehari-hari. Yang terpenting adalah kita harus menghormati dan menghargai keyakinan yang mereka pilih. Kita tidak perlu merendahkan mereka atau menghina keyakinan mereka. Intinya harus tetap berteman tanpa mengadu keyakinan atau agama.

Baca juga : sikap terhadap teman yang berbeda agama.

5. Tidak Berbicara Kasar dan Kotor

Untuk menghargai teman, kita hendaknya memakai bahasa yang halus dan sopan ketika berbicara dengan mereka. Kita harus menghindari kata-kata yang sekiranya kasar atau kotor yang bisa menyakiti hati teman.

6. Menyapa Teman ketika Bertemu

Bila bertemu di jalan atau tempat yang lainnya, maka hendaknya kita mengucapkan salam atau menyapa mereka. Hal sederhana ini membuat teman merasa dihargai, terlebih lagi hal ini akan menciptakan pertemanan yang makin erat.

7. Tidak Membeda-bedakan Teman

Dalam berteman, kita tidak boleh membeda-bedakan mereka atas dasar agama, suku, ras budaya, serta golongan mereka. Artinya, kita sepatutnya berteman dengan siapa saja dengan memandang sama tanpa meninggikan atau merendahkan salah satu dari mereka.

8. Meminta Maaf bila Kita Berbuat Salah dan Memaafkan bila Teman Berbuat Salah

Contoh cara menghargai teman berikutnya adalah meminta maaf bila kita berbuat salah terhadap teman. Sebaliknya, bila teman melakukan kesalahan kepada kita, maka kita harus segera memaafkan mereka.

9. Saling Berbagi dengan Teman

Menghargai teman bisa dilakukan dengan cara saling berbagi sesuatu yang berguna atau dibutuhkan teman. Misalnya, di sekolah kita bisa berbagi bekal dengan teman, di rumah berbagi makanan dengan teman, berbagi uang kepada teman yang membutuhkan, dan sebagainya.

10. Memahami Perasaan Teman

Selanjutnya, kita perlu memahami perasaan teman agar ia merasa dihargai oleh kita. Jika teman sedang bersedih, maka kita perlu menghibur dan menenangkan pikirannya. Kemudian bila teman sedang bahagia, maka kita bisa ikut bahagia, bukan malah iri dengki.

11. Menolong Teman yang Butuh Bantuan

Selain kita harus memahami perasaan teman, kita juga perlu memberikan bantuan kepada teman yang sedang dalam masalah, kesulitan, atau tertimpa musibah. Dengan menolong teman, artinya kita peduli dengan beban yang sedang diderita oleh teman.

12. Tidak Menyombongkan Harta kepada Teman

Selanjutnya, kita dilarang menyombongkan sesuatu seperti harta benda terhadap teman. Sebab, hal seperti ini dapat membuat teman merasa dihina dan direndahkan. Terlebih lagi, teman bisa saja iri dan dengki atas apa yang kita miliki jika kita suka pamer.

13. Menjenguk Bila Teman Sedang Sakit

Bila teman kita ada yang sakit, maka sudah sepatutnya kita menjenguk mereka. Tentu saja tidak lupa membawa oleh-oleh atau sesuatu yang bermanfaat bagi orang yang sedang sakit. Kita juga menghibur dan menyemangati orang sakit agar punya pikiran positif untuk cepat sembuh.

14. Tidak Menghina dan Mengejek Kekurangan Teman

Contoh cara menghargai teman selanjutnya adalah tidak menghina ataupun mengejek kekurangan yang dimiliki oleh teman, misalnya kekurangan fisik, kurang pintar, atau kurang secara ekonomi.

15. Tidak Membicarakan Keburukan Teman kepada Orang Lain

Nah yang terakhir, kita dilarang membicarakan privasi, rahasia, maupun keburukan teman kepada orang lain. Artinya, kita harus bisa menjaga rahasia teman dengan baik agar hubungan pertemanan tidak rusak.

Penutup

Demikian pembahasan kali ini tentang contoh cara menghargai teman yang baik dan benar. Kesimpulannya, kita harus punya rasa peduli terhadap teman, menghormati teman, membantu teman, serta bisa memahami perasaan dan kondisi mereka.

Contoh Cara Menghargai Teman
Next Post

No more post

Artikel Terkait