20 Contoh Alat Transportasi Laut dan Kegunaannya Lengkap

Contoh Alat Transportasi Laut

Macam-macam alat transportasi laut atau air sangatlah beragam. Transportasi laut memiliki fungsi yang cukup penting untuk melakukan penyeberangan dari satu pulau ke pulau lain melalui perairan laut yang sangat luas.

Alat transportasi laut menjadi salah satu kendaraan yang banyak dipakai manusia untuk penyeberangan orang hingga pengiriman barang kargo dari jarak yang sangat jauh, bahkan antar benua.

Transportasi jalur laut dipilih karena lebih murah dan dapat menampung lebih banyak muatan daripada transportasi udara. Berikut ini kita akan membahas beberapa contoh jenis alat transportasi laut secara lengkap.

Contoh Alat Transportasi Laut

  1. Kapal barang
  2. Kapal feri
  3. Rakit
  4. Sampan
  5. Kapal penumpang
  6. Perahu motor / speed boat
  7. Kapal penangkap ikan
  8. Kapal tanker
  9. Kapal penyelamat
  10. Kapal tunda
  11. Kapal nelayan
  12. Kapal perang
  13. Kapal tongkang
  14. Kapal pinishi
  15. Kapal kargo
  16. Kapal layar
  17. Kapal selam
  18. Cadik
  19. Kapal induk
  20. Gondola

Penjelasan dan Fungsi Alat Transportasi Laut

1. Kapal Barang

Kapal barang adalah kapal yang membawa barang-barang dan muatan dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Ribuan kapal jenis ini berlayar di lautan dan samudra dunia setiap tahunnya dan memuat banyak sekali barang perdagangan internasional.

2. Kapal Feri

Kapal feri adalah kapal yang digunakan untuk jarak dekat seperti penyeberangan antar pulau. Biasanya kapal feri kita temui di tempat wisata dekat pulau untuk menyeberangkan wisatawan ke pulau tujuan.

3. Kapal Penumpang

Kapal penumpang adalah kapal yang digunakan untuk mengangkut orang baik jarak dekat maupun jarak jauh dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain atau pulau lain.

4. Kapal Penangkap Ikan

Sesuai namanya, kapal penangkap ikan biasa digunakan nelayan untuk berlayar mencari ikan. Kapal penangkap ikan bisa berupa kapal yang besar hingga kecil.

5. Kapal Tanker

Kapal tanker adalah kapal besar yang dirancang untuk mengangkut minyak atau produk turunannya.

6. Kapal Tunda

Kapal tunda adalah kapal yang digunakan untuk melakukan manuver / pergerakan, utamanya menarik atau mendorong kapal lain di pelabuhan, laut lepas atau melalui sungai dan terusan. Meskipun ukurannya tergolong kecil, kapal tunda punya tenaga yang besar bahkan kuat menarik kapal kargo yang besar.

7. Perahu Motor

Kendaraan laut ini biasanya berukuran kecil bertenaga mesin motor yang umum digunakan wisatawan untuk menikmati pantai, melakukan perjalanan pendek, atau penyeberangan pulau yang dekat.

8. Kapal Perang

Kapal perang adalah kendaraan laut yang dirancang untuk peperangan. Kapal perang umumnya dilengkap dengan beragam senjata kuat.

9. Kapal Selam

Kapal selam adalah kendaraan / alat transportasi yang dapat menyelam di kedalaman lain. Kapal selam bisa berupa kapal selam untuk penjelajahan di bawah laut hingga kapal selam untuk perang.

10. Kapal Penyelamat

Berikutnya ada alat transportasi air berupa kapal penyelamat yang fungsi utamanya adalah untuk penyelamatan seperti tragedi kapal terbalik, kecelakaan laut, dan sebagainya.

Penutup

Sekian pembahasan kali ini tentang contoh jenis alat transportasi laut yang ada beserta fungsinya. Semoga informasi yang telah disampaikan di atas dapat bermanfaat bagi Anda dan menambah wawasan.

Tag : Contoh Alat Transportasi Laut , Macam Macam Alat Transportasi Laut , Alat Transportasi Air , Kendaraan Laut , Kendaraan Air , Macam macam Alat Transportasi Laut Minimal 10 , Jenis-Jenis Transportasi Laut.

Artikel Terkait