20 Contoh Perbuatan Curang di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat

Contoh Perbuatan Curang

Contoh Perbuatan Curang – Secara umum, curang adalah sebuah tindakan yang dilakukan dengan sengaja untuk melanggar aturan demi meraih keuntungan pribadi. Sedangkan dalam KBBI, curang adalah tidak jujur; tidak lurus hati; tidak adil.

Perilaku curang termasuk sikap buruk yang harus kita hindari dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun curang membuat seseorang mudah mencapai kemenangan, namun hasil dari curang adalah sesuatu yang kotor dan merugikan orang lain.

Perbuatan curang bisa terjadi di mana saja, mulai dari lingkungan rumah, sekolah, hingga masyarakat. Untuk memahami lebih dalam tentang tindakan curang, kali ini kita akan mengulas beberapa contoh curang yang penting untuk dihindari.

Contoh Perbuatan Curang dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Menyerobot Antrean di Tempat Umum

Contoh perbuatan curang yang pertama adalah menyerobot antrean di tempat umum seperti perbelanjaan, tempat membeli tiket, tempat membeli makanan, dan sebagainya. Seharusnya kita tidak boleh menyerobot antrean orang lain hanya karena terburu-buru atau alasan lain.

2. Pedagang Memberatkan Timbangan agar Memperoleh Banyak Keuntungan

Memberatkan timbangan dalam jual beli juga termasuk perbuatan curang demi memperoleh keuntungan pribadi dan merugikan pembeli. Pedagang seharusnya adil dan jujur soal timbangan tanpa melebihkan atau mengurangi takaran dan timbangan.

3. Tidak Mengikuti Aturan ketika Bermain Bersama Teman

Perbuatan curang selanjutnya adalah tidak patuh aturan ketika bermain dengan teman. Tindakan curang ini dilakukan hanya demi memperoleh kemenangan dalam bermain. Nah seharusnya kita jangan sampai berbuat curang dalam bermain bersama teman, sebab ini dapat merusak hubungan pertemanan.

4. Suka Menyuruh Orang Lain Tapi Tidak Mau Disuruh

Orang yang suka menyuruh orang lain namun tidak mau disuruh-suruh termasuk curang. Perbuatan seperti ini hanya bertujuan untuk memanfaatkan orang lain, sedangkan diri sendiri tidak mau melakukan sesuatu ketika orang lain menyuruh. Sebaiknya kita menghindari sikap seperti ini karena bisa dibenci orang lain dan kehilangan banyak teman.

5. Meminta Orang Lain Berbagi Makanan, Namun Diri Sendiri Tidak Mau Berbagi

Ada juga orang yang suka meminta orang lain berbagi makanan, namun ketika dirinya punya makanan, ia tidak mau berbagi ke orang lain. Perbuatan curang seperti ini sangat dibenci orang-orang, jadi kita tidak boleh melakukannya.

Contoh Perbuatan Curang di Sekolah

1. Menyontek ketika Ujian atau Ulangan

Perbuatan curang di sekolah yang pertama adalah menyontek saat ujian berlangsung. Kecurangan yang dilakukan siswa ini bertujuan untuk memperoleh nilai terbaik tanpa susah payah belajar. Nah, kita harus menghindari sikap seperti ini karena nilai tinggi hasil menyontek hanya mencerminkan siswa yang bodoh di sekolah.

2. Tidak Jujur ketika Membayarkan Uang Sekolah yang Diberikan Orang Tua

Siswa yang tidak jujur atas nominal pembayaran uang sekolah termasuk melakukan kecurangan. Sudah sepatutnya kita jujur kepada orang tua berapa uang yang diperlukan untuk biaya sekolah, membeli buku, membeli seragam, dan sebagainya. Kemudian, bila ada kembalian atau uang sisa, maka kita wajib mengembalikannya kepada orang tua.

3. Tidak Ikut Mengerjakan Tugas Kelompok

Contoh curang di lingkungan sekolah selanjutnya adalah tidak ikut mengerjakan tugas kelompok yang seharusnya setiap orang ikut mengerjakan dan berbagi tugas. Mereka yang tidak mau ikut mengerjakan tugas kelompok seharusnya mendapat hukuman atau tidak boleh memperoleh nilai dari guru.

4. Mengambil Makanan di Kantin Namun Tidak Membayar

Ada juga siswa yang melakukan kecurangan ketika membeli makanan di kantin sekolah. Mereka makan jajanan yang ada di kantin, namun tidak mau bayar dan meninggalkan kantin begitu saja ketika suasana sedang ramai. Tindakan seperti ini sangat buruk dan harus kita hindari. Bila ada teman yang melakukan hal tersebut, maka kita harus menegur dan memperingatkan mereka.

5. Curang dalam Perlombaan Sekolah

Perbuatan curang sering terjadi dalam perlombaan yang diadakan sekolah. Siswa melakukan kecurangan lomba hanya semi memperoleh kemenangan dan hadiah.

6. Menyontek PR Teman Sekolah

PR atau pekerjaan rumah seharusnya dikerjakan sendiri di rumah. Siswa dilarang untuk menyontek teman karena PR merupakan tugas untuk melatih siswa agar belajar dan memahami materi.

7. Menyerobot Antrean Kamar Mandi di Sekolah

Tindakan menyerobot antrean kamar mandi di sekolah adalah perbuatan curang yang harus dihindari. Jika memang terburu-buru ingin ke kamar mandi, maka hendaknya kita meminta izin terlebih dahulu kepada orang yang sudah mengantre di sana. Bila orangnya mengizinkan, maka kita baru boleh mendahului antrean.

8. Mendahului Antrean di Koperasi atau Kantin Sekolah

Selain menyerobot kamar mandi, siswa dilarang berbuat curang ketika mengantre di kantin atau koperasi sekolah. Siswa harus mengantre sesuai posisi masing-masing dengan sabar dan tidak boleh berdesak-desakan.

9. Membuat Surat Izin Palsu agar Bisa Bolos Sekolah

Perbuatan curang selanjutnya adalah membuat surat izin palsu hanya untuk bolos sekolah. Biasanya surat izin ini ditandatangani sendiri atau meminta keterangan dokter dengan membayar.

Contoh Sikap Curang di Rumah dan Masyarakat

1. Tidak Mau Berbagi Makanan Sama Rata dengan Saudara

Meskipun hal sepele, tindakan curang seperti ini dapat menciptakan perselisihan dan pertengkaran antara kakak adik. Jadi kita seharusnya berbagi sama rata agar adil dan tercipta kerukunan di rumah.

2. Mengambil Uang Kembalian Belanja dengan Sengaja

Contoh perbuatan curang selanjutnya adalah mengambil uang kembalian belanja tanpa memberi tahu orang tua. Sudah sepatutnya anak menghindari perbuatan tercela ini, anak wajib mengembalikan uang sisa belanja berapa pun kepada orang tua.

3. Mengambil Uang Desa (Dana Desa) sehingga Merugikan Masyarakat

Di lingkungan masyarakat sering terjadi kecurangan yang dilakukan oleh pejabatnya. Mereka mengambil uang dana desa dengan sengaja untuk memperoleh keuntungan pribadi. Padahal uang tersebut harusnya digunakan untuk keperluan desa seperti membangun jalan, memperbaiki fasilitas, dan sebagainya.

4. Melalukan Korupsi

Korupsi juga merupakan bentuk kecurangan yang sering dilakukan pejabat demi memperkaya diri. Mereka melakukan manipulasi proyek, memanipulasi pembiyayaan, dan sebagainya agar bisa mengambil sebagian dana yang diberikan negara.

Baca juga : contoh sikap egois

Penutup

Sekian pembahasan kali ini tentang contoh perbuatan curang dalam kehidupan sehari-hari yang penting untuk kita hindari. Hasil dari perbuatan curang sangat kotor, selain itu kita juga akan dibenci dan dijauhi orang lain dalam pergaulan sosial.

Artikel Terkait