15 Contoh Perilaku Hemat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Perilaku Hemat Energi Listrik

Contoh Perilaku Hemat Energi Listrik – Ketika menjalani kehidupan sehari-hari, kita sepatutnya bersikap hemat dalam berbagai hal, mulai dari hemat pengeluaran uang hingga hemat dalam menggunakan energi. Definisi hemat adalah berhati-hati dalam membelanjakan uang, dan sebagainya; tidak boros; cermat.

Salah satu yang perlu dilakukan untuk bisa hemat adalah pandai dalam menggunakan energi listrik di rumah. Menghemat listrik ada banyak manfaatnya, misalnya kita turut serta menjaga lingkungan bumi karena listrik banyak dihasilkan dari energi tidak terbarukan. Kemudian, menghemat listrik juga akan menghemat biaya listrik bulanan.

Contoh Perilaku Hemat Energi Listrik

1. Mematikan Lampu di Siang Hari

Kita hendaknya mematikan lampu di siang hari atau ketika cahaya matahari sudah cukup menerangi ruangan rumah kita. Jangan sampai kita menyalakan lampu di pagi atau siang hari, sebab hal tersebut hanya akan buang-buang energi listrik.

2. Melepas Kabel Charger Smartphone ketika Hendak Tidur

Selanjutnya, kita tidak boleh mengecas HP semalaman, sebab hal tersebut berpengaruh buruk untuk kondisi baterai HP juga membuang-buang energi listrik. Alangkah baiknya kita melepas kabel charger ketika ingin tidur.

3. Mematikan AC ketika Tidak Ada Orang di Rumah

Pendingin ruangan atau AC membutuhkan energi listrik yang sangat besar untuk bisa menyala. Oleh sebab itu, kita sebaiknya mematikan AC ketika rumah sedang ditinggal bepergian atau ketika ruangan tidak digunakan. Hal ini tentu akan menghemat penggunaan energi listrik juga menghemat biaya listrik bulanan.

4. Mengganti Lampu di Rumah dengan Lampu Hemat Energi seperti LED

Contoh perilaku menghemat energi listrik di rumah adalah mengganti lampu dengan lampu yang lebih hemat energi, seperti misal lampu LED. Cara ini sangat efektif untuk menurunkan biaya listrik bulanan.

5. Mematikan Televisi setelah Ditonton

Jika kita sudah selesai menonton televisi, hendaknya TV dimatikan segera dan tak lupa mencabut kabel dari colokan. Jangan sampai kita membiarkan tv menyala tanpa ada yang menonton, terlebih lagi menyalakan tv semalaman.

6. Menghemat Penggunaan Air di Rumah

Menghemat air juga akan menghemat energi listrik dan biaya listrik bulanan, sebab air di rumah kita berasal dari pompa air yang memerlukan energi listrik besar untuk bekerja. Oleh sebab itu, kita tidak boleh boros ketika mandi, mencuci, atau hal lain yang menggunakan air.

7. Mematikan Kipas Angin ketika Selesai Digunakan

Selanjutnya, bila kita sudah selesai menggunakan kipas angin, hendaknya kita segera mematikan kipas angin dan melepas kabelnya dari colokan. Jangan biarkan kipas angin menyala tanpa digunakan siapa-siapa, sebab hal tersebut hanya akan membuang-buang energi listrik.

8. Menggunakan Peralatan Elektronik yang Hemat Daya seperti Oven Low Watt

Ketika ingin membeli peralatan elektronik untuk rumah, maka kita harus pandai dalam memilih mana yang hemat daya. Salah satunya adalah dengan memiliki oven low watt yang lebih hemat listrik daripada oven biasa.

9. Memasang Timer pada AC

AC merupakan perangkat elektronik yang sangat menguras energi listrik. Ketika kita sering lupa mematikan AC, maka biaya listrik bulanan akan membengkak. Oleh sebab itu, kita perlu memasang timer pada AC, terlebih ketika ingin tidur malam.

10. Mematikan Penanak Nasi bila Nasi Sudah Matang

Cotoh sikap hemat energi listrik selanjutnya adalah mematikan penanak nasi bila nasinya sudah matang. Biasanya kita lupa mematikan penanak nasi dan membiarkan hidup seharian. Hal tersebut bukan hanya boros energi, namun juga membuat nasi kurang sehat untuk dikonsumsi.

11. Membatasi Waktu Penggunaan Perangkat Elektronik

Kita hendaknya pandai dalam membatasi waktu penggunaan perangkat elektronik seperti smartphone, televisi, dan lainnya. Hal ini merupakan salah satu cara agar bisa menghemat energi listrik di rumah dengan sangat efisien.

12. Mematikan Pompa Air ketika Air dalam Wadah Sudah Penuh

Selanjutnya, bila air dalam wadah atau kamar mandi sudah penuh, maka kita harus segera mematikan pompa air. Jangan biarkan air tumpah dan terbuang sia-sia, hal tersebut juga boros energi listrik karena pompa air butuh listrik besar untuk bekerja.

13. Menghilangkan Kebiasaan Buka Tutup Kulkas

Membuka tutup kulkas untuk sesuatu yang tidak perlu ternyata merupakan tindakan boros energi listrik. Oleh sebab itu, kita harus menghilangkan kebiasaan buka tutup kulkas untuk lebih menghemat listrik.

14. Mematikan Lampu jika Ruangan Tidak Digunakan

Selain harus mematikan lampu di siang hari, kita juga perlu mematikan lampu jika ruangan sudah tidak digunakan lagi atau ditinggal pergi. Jangan sampai kita membiarkan lampu menyala tanpa ada fungsinya.

15. Mematikan Lampu ketika Tidur

Terakhir, ketika tidur malam hendaknya kita mematikan lampu. Hal ini selain menghemat energi listrik juga membuat kualitas tidur menjadi meningkat.

Penutup

Sekian saja pembahasan kali ini tentang contoh perilaku hemat energi listrik di rumah dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya, kita bisa hemat listrik dengan berbagai macam cara, mulai dari mengganti perangkat elektronik hemat daya, mematikan peralatan elektronik ketika tidak digunakan, hingga melepas kabel dari colokan.

Artikel Terkait