10 Contoh Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI di Lingkungan Masyarakat

Contoh Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI di Lingkungan Masyarakat

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keragaman, mulai dari budaya, agama, suku, golongan, adat istiadat, hingga bahasa. Meskipun beragam, Indonesia tetaplah negara yang bersatu dan berdaulat dengan seluruh elemen masyarakatnya yang ikut serta dalam menjaga persatuan dan kesatuan.

Dalam kehidupan bernegara, seluruh warga masyarakat wajib ikut serta menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Keutuhan NKRI adalah negara Indonesia yang utuh baik wilayahnya, rakyatnya, pemerintahannya, memiliki tujuan nasional, serta memiliki kedaulatan.

Tujuan utama menjaga keutuhan NKRI adalah untuk mempertahankan dan menjaga kedaulatan negara Indonesia berdasarkan Pancasila. Utuhnya NKRI berarti negara ini berdiri sendiri, berdaulat, bersatu, dan tidak terpecah belah dalam berbagai aspek kenegaraan.

Menjaga keutuhan NKRI perlu dilaksanakan di mana pun kita berada, mulai dari di lingkungan sekolah, lingkungan rumah, hingga lingkungan masyarakat. Nah, kali ini kita akan membahas apa saja yang bisa dilakukan warga masyarakat untuk menjaga keutuhan NKRI di lingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI di Lingkungan Masyarakat

1. Saling Menghormati dan Menghargai Masyarakat yang Berbeda Agama

Sikap menjaga keutuhan NKRI di lingkungan masyarakat yang pertama adalah dengan memiliki rasa toleransi tinggi terkait agama. Setiap anggota masyarakat harus bisa saling menghormati perbedaan agama. Artinya, masyarakat tidak saling menghina agama, tidak mengganggu ibadah agama lain, memperlakukan masyarakat beda agama dengan baik, serta menghormati perayaan atau hari besar agama lain.

Dengan adanya rasa saling menghargai perbedaan agama, maka kehidupan di sebuah lingkungan masyarakat akan tenteram, damai, dan rukun. Dengan begitu, keutuhan NKRI dalam aspek kecil seperti di masyarakat bisa terjaga dengan baik.

2. Mematuhi dan Melaksanakan setiap Peraturan di Masyarakat

Patuh aturan termasuk salah satu cara menjaga keutuhan NKRI di lingkungan masyarakat. Setiap anggota masyarakat harus bisa menaati aturan yang ada mulai dari peraturan tertulis hingga norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat.

3. Ikut Serta Menjaga Keamanan Lingkungan Masyarakat

Setiap warga masyarakat memiliki kewajiban untuk ikut serta menjaga keamanan di lingkungan masyarakat. Dengan lingkungan yang aman, maka kehidupan masyarakat akan damai, tenteram, serta nyaman.

4. Ikut Serta dalam Gotong Royong di Lingkungan Masyarakat

Kegiatan kemasyarakatan seperti gotong royong merupakan salah satu cara untuk menciptakan persatuan dan keutuhan NKRI di lingkungan masyarakat. Oleh sebab itu, masyarakat harus mau dan ikut serta dalam kegiatan tersebut karena memiliki nilai positif yang sangat besar.

5. Menyelesaikan Masalah dengan Musyawarah atau Rapat

Bila terjadi suatu permasalahan di lingkungan desa atau masyarakat, hendaknya masalah tersebut bisa diselesaikan dengan cara musyawarah atau rapat. Masalah harus diatasi dengan baik agar tidak menimbulkan perpecahan dan permusuhan di lingkungan masyarakat.

6. Mengambil Keputusan Bersama di Lingkungan Masyarakat dengan Cara Musyawarah

Selanjutnya, untuk mengambil sebuah keputusan di lingkungan masyarakat, maka hendaknya diadakan sebuah rapat yang diikuti warga masyarakat sehingga keputusan yang diambil merupakan hasil persetujuan seluruh anggota masyarakat.

Dengan pengambilan keputusan bersama melalui musyawarah atau rapat, maka hasil keputusan tersebut tidak membebankan masyarakat dan tidak memicu perselisihan.

7. Menghargai Pendapat Orang Lain di Lingkungan Masyarakat

Perbedaan pendapat memang selalu ada di mana pun kita berada, termasuk di lingkungan masyarakat. Sikap yang baik adalah kita harus bisa menghargai dan menghormati pendapat yang dikeluarkan orang lain. Selain itu, kita tidak boleh memaksakan pendapat pribadi ke orang lain dan merasa paling benar.

8. Menghargai Hak Orang Lain

Perilaku menjaga keutuhan NKRI di lingkungan masyarakat berikutnya adalah saling menghargai hak orang lain. Hal ini berkaitan dengan hak untuk hidup, hak atas kebebasan, hak berpendapat, hak dalam keyakinan, hingga hak dalam memperoleh keadilan.

9. Menjaga Kerukunan dengan Tetangga Sekitar

Dalam kehidupan bermasyarakat, hendaknya kita bisa menjalin kerukunan dan kedekatan yang baik dengan tetangga sekitar. Sikap seperti ini termasuk bentuk kecil dari menjaga keutuhan NKRI di lingkungan desa.

10. Menolak Ideologi yang Bisa Memecah Belah Masyarakat

Terakhir, kita harus waspada dengan berbagai macam ideologi atau pengaruh dalam masyarakat yang buruk. Sebab ada banyak sekali pengaruh yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat saat ini.

Penutup

Nah itulah pembahasan kali ini tentang contoh perilaku menjaga keutuhan NKRI di lingkungan masyarakat. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan Anda tentang pentingnya menjaga keutuhan NKRI serta mengetahui cara-caranya, sekian.

Artikel Terkait