20 Contoh Sikap Mandiri di Sekolah, Rumah, dan Kehidupan Sehari-hari

Contoh Sikap Mandiri

Contoh Sikap Mandiri – Sikap mandiri adalah salah satu kemampuan seseorang dalam berpikir, membuat keputusan, serta bertindak berdasarkan pada dirinya sendiri. Orang yang dikatakan mandiri tidak suka bergantung atau mengikuti apa yang orang lain katakan, mereka ingin melakukan apa pun dengan kemampuan yang dimiliki dan atas kesadaran pribadi.

Mandiri adalah satu hal yang harus dicapai setiap orang dalam hidup, mandiri menjadikan manusia lebih dewasa dan tidak bergantung lagi pada orang lain. Berbagai hal bisa dilakukan untuk menumbuhkan sikap mandiri, entah itu di lingkungan sekolah, rumah, atau pun masyarakat.

Sikap mandiri sebenarnya bisa dilatih seiring bertambahnya usia mulai sejak dini hingga dewasa. Pelatihan sikap mandiri yang bertahap ini dapat membentuk kepribadian seseorang yang hebat, mampu menghadapi setiap masalah, serta dapat mengerjakan apa pun dengan tanpa bantuan orang lain.

Berikut ini kami rangkum beberapa contoh sikap mandiri baik di lingkungan sekolah, rumah, atau dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Sikap Mandiri di Sekolah

1. Mengerjakan sendiri tugas / PR yang diberikan guru

Pertama, siswa dapat dikatakan mandiri di sekolah ketika mau dan mampu mengerjakan sendiri tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya di luar tugas kelompok. Sifat mandiri ini memang penting untuk dibiasakan sedari lingkungan sekolah untuk menciptakan kepribadian yang mau mengerjakan apa yang telah menjadi kewajibannya.

2. Menyiapkan keperluan sekolah sendiri

Kedua, sikap mandiri di sekolah juga ditunjukkan dengan selalu mempersiapkan keperluan-keperluan sekolah. Contohnya pulpen, buku, tas, dan sebagainya tanpa merepotkan orang tua atau guru.

3. Mengerjakan tugas piket sesuai jadwal

Murid yang mengerjakan tugas piket untuk membersihkan ruangan kelas sesuai jadwalnya adalah murid yang mandiri. Terlebih ketika murid tersebut mampu menyelesaikan pekerjaan seperti menyapu kelas, membersihkan papan tulis, dan sebagainya tanpa bantuan teman di luar jadwal.

4. Berangkat dan pulang sekolah sendiri

Mandiri juga berarti berani dalam melakukan sesuatu sendiri, contohnya berangkat dan pulang sekolah sendiri tanpa diantar orang tua (ayah/ibu). Kemandirian ini melatih keberanian serta mental dari seorang siswa yang dapat menjadi bekal dewasa nanti.

5. Mengerjakan sendiri soal ulangan

Siswa yang menyontek saat ulangan adalah mereka yang tidak mandiri dan curang. Hal ini salah karena ulangan haruslah dikerjakan mandiri dengan kemampuan dan kecerdasan pribadi. Karena itu mengerjakan sendiri soal ulangan adalah contoh sikap mandiri di sekolah.

6. Belajar sendiri jika guru tidak masuk kelas

Ada juga contoh sikap mandiri di sekolah yang bisa diterapkan oleh siswa, yakni belajar sendiri ketika guru tidak datang ke kelas karena ada halangan tertentu. Sikap mandiri ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan siswa dalam memahami materi pembelajaran.

7. Membeli jajan sendiri tanpa menyuruh teman

Walaupun sederhana, hal ini merupakan salah satu contoh sikap mandiri di sekolah. Alangkah baiknya murid tidak membebankan sesuatu kepada temannya seperti menyuruh teman membeli jajan untuknya.

Contoh Sikap Mandiri di Rumah / Lingkungan Keluarga

1. Bangun pagi tanpa dibangunkan orang tua

Pertama, anak dikatakan mandiri ketika ia mampu bangun sendiri di pagi hari tanpa dibangunkan oleh ayah atau ibu. Kemandirian ini juga melatih kedisiplinan sang anak dalam mengatur waktu.

2. Membersihkan kamar tidur setelah bangun

Kedua, anak juga perlu membersihkan dan menata kamar tidur setelah ia bangun pagi tanpa menunggu orang tua yang membersihkannya. Sikap mandiri yang satu ini melatih anak untuk selalu bersih dan rapi dalam berbagai hal.

3. Belajar tanpa disuruh orang tua

Seorang anak juga memiliki kewajiban untuk belajar pelajaran serta mengerjakan PR yang diberikan guru. Anak yang mau belajar sendiri tanpa disuruh oleh ayah atau ibu bisa dikatakan mandiri dan rajin.

4. Makan tanpa dilayani

Selanjutnya contoh sikap mandiri di rumah yang bisa diterapkan adalah makan tanpa dilayani oleh orang tua. Anak harus mau mengambil piring sendiri, mengambil nasi dan lauk tanpa dilayani ayah atau ibu di rumah.

5. Mencuci piring dan gelas sendiri

Setelah makan, anak juga perlu membereskan peralatan makan seperti piring, sendok, dan gelas. Kemudian tidak lupa juga untuk mencuci piring dan gelas tersebut hingga bersih.

6. Mencuci pakaian sendiri

Mencuci pakaian sendiri juga merupakan sikap mandiri yang penting di rumah. Kita tentunya perlu belajar menyiapkan setiap pakaian serta tidak lupa mencucinya sendiri.

7. Mencuci kendaraan sendiri

Kemudian mencuci kendaraan sendiri seperti sepeda dan motor juga merupakan salah satu sikap mandiri di rumah.

8. Menyiapkan buku pelajaran sesuai jadwal

Bagi seorang anak, seharusnya tidak perlu membutuhkan bantuan ayah atau ibu untuk menyiapkan buku pelajaran serta perlengkapan sekolah. Anak perlu membiasakan diri untuk hal ini supaya ia menjadi pribadi yang teliti.

9. Beribadah tanpa disuruh orang tua

Selanjutnya, sikap mandiri di rumah juga bisa ditunjukkan dengan beribadah tanpa disuruh atau dipaksa oleh orang tua. Sikap mandiri ini juga melatih anak memiliki pribadi yang religius dan baik.

Contoh Sikap Mandiri dalam Kehidupan Sehari-hari / Masyarakat

1. Menghadapi masalah tanpa bantuan orang lain

Sikap mandiri dalam kehidupan sehari-hari dapat dicerminkan dengan kemauan dan kemampuan seseorang dalam menghadapi setiap masalah tanpa bergantung pada orang lain. Sikap mandiri ini juga melatih manusia menjadi pribadi yang hebat dan kuat.

2. Bekerja dan mencari uang sendiri untuk memenuhi kebutuhan

Bagi yang sudah menuju usia dewasa, manusia perlu memiliki sikap mandiri dalam bekerja dan mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidup tanpa bergantung pada pemberian orang tua.

3. Mengerjakan tugas dan kewajiban tanpa bergantung orang lain

Setiap tugas dan kewajiban yang telah dibebankan kepada seseorang juga harus ia kerjakan sendiri tanpa meminta bantuan dari orang lain. Sikap mandiri ini penting karena setiap orang perlu menghadapi tanggung jawabnya sendiri.

4. Mengatur waktu sendiri

Contoh sikap mandiri dalam kehidupan sehari-hari juga bisa dijalankan dengan mengatur waktu sendiri dan memanfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin.

Akhir Kata

Itulah pembahasan lengkap tentang contoh sikap mandiri di sekolah, rumah dan dalam kehidupan sehari-hari. Sikap mandiri sangat penting dan harus dilatih sejak dini untuk membentuk kepribadian yang rapi, teliti, kuat, serta mampu menghadapi setiap kesulitan tanpa bergantung ke orang lain.

Artikel Terkait