50 Contoh Sikap Peduli di Sekolah, Rumah, dan Masyarakat

Contoh Sikap Peduli

Contoh Sikap Peduli – Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri, manusia butuh orang lain untuk saling mengisi, melengkapi, dan menolong ketika sedang dalam kesusahan. Oleh sebab itu, kita harus memiliki kepedulian terhadap sesama manusia tanpa membeda-bedakan keberagaman yang ada.

Peduli menurut pengertian umum adalah suatu tindakan yang didasari pada keprihatinan masalah yang dialami orang lain. Sedangkan dalam KBBI, peduli adalah mengindahkan, memperhatikan, dan menghiraukan.

Kita hendaknya menerapkan sikap peduli di mana pun dan kapan pun berada, mulai dari di lingkungan sekolah, rumah, hingga masyarakat. Kepedulian sangat penting untuk menciptakan hubungan sosial yang baik, menumbuhkan kerukunan dan rasa saling mencintai.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas apa saja contoh sikap peduli yang patut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terhadap siapa saja mulai dari keluarga, teman, sahabat, tetangga, hingga orang tak dikenal sekalipun.

Contoh Sikap Peduli di Sekolah

1. Menolong Teman yang Terjatuh

Pertama, sikap peduli di sekolah dapat ditunjukkan dengan menolong teman yang terjatuh. Jangan sampai kita menertawakan teman yang terjatuh karena kejadian tersebut bukanlah bahan untuk candaan.

2. Meminjamkan Barang jika Teman Ingin Meminjamnya

Kedua, kita hendaknya meminjamkan barang ketika teman sangat butuh untuk meminjamnya. Misalnya teman ingin meminjam pensil kita, maka kita hendaknya meminjamkan pensil tersebut agar teman dapat mencatat pelajaran.

3. Membelikan Makanan dan Minuman ketika Teman Lupa Bawa Uang

Jika kita menjumpai ada teman yang lupa membawa uang saku ke sekolah, maka hendaknya kita membelikan makanan atau minuman untuk teman. Hal ini penting kita lakukan untuk mengurangi rasa lapar dan harus yang dialami teman di sekolah, sehingga mereka dapat belajar dengan maksimal.

4. Membantu Guru yang Kesulitan Membawa Barang

Bila kita melihat guru kesulitan membawa buku yang sangat banyak, maka hendaknya kita punya rasa peduli untuk membantu mengangkat barang bawaan guru. Hal seperti ini juga merupakan bentuk sikap terpuji di lingkungan sekolah.

5. Mengajari Teman yang Kesulitan Memahami Materi Pelajaran

Selanjutnya bila ada teman yang kesulitan memahami materi pelajaran, maka kita harus mau mengajari mereka apa yang kita bisa. Misal jika teman kesulitan memahami rumus matematika, maka kita perlu mengajari bagaimana cara mengerjakan rumus tersebut dengan baik dan benar.

6. Memperhatikan ketika Guru Mengajar

Ketika guru sedang menyampaikan materi pelajaran, kita hendaknya fokus dan memperhatikan guru. Sikap ini harus selalu kita lakukan di lingkungan sekolah, agar kita mudah menyerap berbagai macam ilmu yang telah disampaikan guru.

7. Membuang Sampah pada Tempatnya

Kepedulian juga bisa ditunjukkan dengan peduli lingkungan, salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya, yaitu di tempat sampah. Kebiasaan ini membuat lingkungan sekolah menjadi bersih dan nyaman untuk digunakan belajar.

8. Menjenguk Teman Sekolah yang Sakit

Sikap peduli di lingkungan sekolah selanjutnya adalah menjenguk teman yang sakit dengan membawakan sesuatu yang bermanfaat atau dibutuhkan olehnya. Menjenguk teman sakit biasanya dilakukan oleh seluruh teman kelas, sehingga teman yang sakit akan merasa bahagia dan tumbuh semangatnya untuk cepat sembuh.

9. Menghibur Teman yang Sedang Bersedih

Jika ada teman yang sedang bersedih karena suatu hal, maka kita perlu menghibur mereka dan berusaha meringankan beban yang mereka hadapi. Setidaknya sebagai teman, kita harus bisa merasakan apa yang orang lain rasakan, termasuk kebahagiaan dan kesedihan mereka.

10. Mengeluarkan Uang untuk Kegiatan Amal Bakti

Jika ada kegiatan amal bakti, kita hendaknya punya rasa peduli dengan cara mengeluarkan sedikit uang dengan ikhlas. Kegiatan amal bakti sangat penting karena membantu teman-teman sekolah yang sedang terkena musibah atau hal buruk. Jadi uang yang kita keluarkan dapat meringankan beban yang sedang mereka derita.

11. Ikut Mengerjakan Tugas Kelompok

Bila ada tugas kelompok, maka kita harus ikut serta mengerjakan tugas tersebut bersama teman. Jangan sampai kita hanya berpangku tangan dan menyuruh teman yang mengerjakan. Ikut mengerjakan tugas kelompok akan membuat kita tahu susahnya menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

12. Mengembalikan Barang Teman jika Meminjam

Selanjutnya, jika kita meminjam barang milik teman, entah itu pensil, buku, atau penghapus, maka kita harus segera mengembalikannya jika sudah selesai. Jangan sampai kita merusak, menghilangkan, atau pura-pura lupa dengan barang yang dipinjam dari teman.

13. Diam dan Tidak Berisik di Kelas

Kepedulian selanjutnya dapat dilakukan dengan diam dan tidak berisik selama berada di dalam kelas. Tujuannya adalah supaya tidak ada suara yang mengganggu kegiatan belajar di kelas lain atau kantor guru.

14. Ikut Kegiatan Bersih-Bersih Lingkungan Sekolah

Selanjutnya, kepedulian lingkungan sangat penting untuk dimiliki setiap warga sekolah. Oleh sebab itu, ketika ada gotong royong di sekolah, hendaknya semua murid ikut dalam kegiatan tersebut untuk bersama-sama membersihkan lingkungan sekolah.

15. Memaafkan Teman Bila Punya Salah

Sikap peduli di sekolah dapat ditunjukkan dengan membiasakan diri memberi maaf kepada teman yang pernah berbuat salah kepada kita. Memaafkan adalah pilihan terbaik, daripada kita dendam atas hal buruk yang orang lain lakukan pada kita.

16. Berteman dengan Siapa Saja Tanpa Pilih-Pilih

Berteman tidak boleh membeda-bedakan agama, ras, suku, budaya, golongan, ciri fisik, dan perbedaan lainnya. Kita harus menjalin pertemanan yang tulus dengan apa saja yang ada di sekolah. Yang terpenting adalah orang tersebut baik, tidak jahat, serta tulus juga dalam berteman.

17. Melerai Pertengkaran yang Terjadi di Sekolah

Ketika melihat perselisihan atau pertengkaran di lingkungan sekolah, hendaknya kita memisahkan mereka. Namun jika dirasa tidak mampu, maka kita bisa melaporkan hal tersebut kepada guru pengajar atau guru BK.

18. Berbelasungkawa dan Melayat jika Ada Teman atau Orang Tua Teman yang Meninggal

Contoh sikap peduli di lingkungan sekolah berikutnya adalah ikut berbelasungkawa jika ada teman atau orang tua teman yang meninggal. Selain itu, kita juga harus ikut melayat untuk memberi penghormatan terakhir kepada orang yang meninggal.

19. Berbagi Bekal kepada Teman yang Lupa Bawa Bekal

Bila teman sebangku lupa membawa bekal, kita bisa berbagi bekal yang dibawa. Membiasakan sikap seperti ini dapat membuat teman menjadi semakin akrab dan menyukai kita.

Contoh Sikap Peduli di Rumah

1. Membantu Orang Tua Membersihkan Rumah

Sikap peduli di rumah yang pertama adalah membantu ayah atau ibu membersihkan rumah, mulai dari menyapu, mengepel, membersihkan halaman, dan sebagainya. Kebiasaan ini dapat membuat orang tua lebih menyayangi anak dan membiasakan anak menyukai kebersihan sejak dini.

2. Membantu Adik Belajar

Contoh peduli di lingkungan keluarga juga bisa ditunjukkan dengan kita membantu belajar adik yang kesulitan memahami pelajaran. Kita bisa mengajari adik dengan pengetahuan yang kita tahu, terlebih pelajaran sang adik tentu sangat mudah bagi kita yang sudah dewasa.

3. Membantu Ibu Mengangkat Barang Belanjaan

Jika ibu kesulitan mengangkat barang belanjaan, maka kita harus segera membantu mengangkat sebagian barang belanjaan tersebut. Lebih baik lagi jika kita mau mengantarkan ibu berbelanja dan membantu membawa belanjaan sampai pulang ke rumah.

4. Menghibur Saudara yang Sedang Bersedih

Jika kakak atau adik sedang bersedih karena suatu hal, maka kita harus memiliki sikap peduli dengan ikut merasakan kesedihan dan mencoba menghibur mereka.

5. Menjaga dan Menemani Anggota Keluarga yang Sakit

Selanjutnya, jika ada anggota keluarga yang sakit, hendaknya kita menjaga dan menemani mereka. Kita juga harus berusaha memberi semangat dan menghibur anggota keluarga yang sedang sakit, supaya mereka bahagia dan memiliki harapan besar untuk sembuh.

6. Menghormati dan Menghargai Pembantu di Rumah

Contoh sikap peduli di rumah selanjutnya adalah menghormati dan menghargai pembantu rumah tangga. Tidak boleh kita bersikap keras, semena-mena, dan kasar kepada pembantu. Kita harus memperlakukan pembantu dengan sopan dan halus selayaknya anggota keluarga sendiri.

7. Menghargai Pendapat Anggota Keluarga

Di lingkungan keluarga pasti ada perbedaan pendapat, jadi kita harus menghargai pendapat ayah, ibu, adik, atau kakak. Kita juga tidak boleh memaksakan pendapat pribadi kepada orang lain dan merasa paling benar.

8. Membantu Ayah Mencuci Kendaraan

Berikutnya, kita bisa membantu ayah mencuci motor atau mobil. Hal ini juga termasuk dalam sikap peduli karena apa yang kita lakukan bertujuan untuk meringankan pekerjaan ayah.

9. Melayani Tamu yang Datang

Sikap peduli di rumah juga bisa dilakukan dengan menghormati tamu yang datang. Caranya adalah dengan mempersilahkan tamu duduk, menyuguhi tamu, dan mengajak bicara tamu.

10. Menolong Anggota Keluarga yang Kesusahan atau Terkena Masalah

Selanjutnya jika ada anggota keluarga yang kesusahan atau terkena masalah, maka kita harus ringan tangan untuk membantu mereka. Jangan sampai kita tidak peduli atau membiarkan anggota keluarga menghadapi masalahnya sendirian.

11. Maafkan Anggota Keluarga yang Berbuat Salah

Bila ayah, ibu, kakak, atau adik berbuat salah kepada kita, maka sikap yang perlu kita ambil adalah berusaha memaafkan kesalahan mereka. Biarpun kesalahan yang dibuat menyakiti hati kita, namun mereka tetaplah anggota keluarga yang harus dijaga.

12. Saling Berbagi Makanan dengan Adik atau Kakak

Bila kita punya jajan atau makanan enak, maka kita jangan sampai lupa dengan saudara (kakak/adik) di rumah. Artinya, kita harus berbagi makanan tersebut dengan adik dan kakak supaya bisa saling merasakan kebahagiaan bersama.

Contoh Sikap Peduli di Masyarakat

1. Menjenguk Tetangga yang Sakit

Bila ada tetangga yang sakit, hendaknya kita menjenguk mereka. Jangan lupa juga untuk membawa sesuatu seperti makanan atau uang untuk diberikan ke orang sakit, sebab hal tersebut merupakan salah satu adab menjenguk orang sakit.

2. Berbagi Makanan dengan Tetangga

Berikutnya, kita perlu berbagi makanan dengan tetangga jika ada makanan lebih yang layak untuk dikonsumsi. Bisa juga ketika ada acara di rumah, maka kita tidak boleh lupa untuk memberi ke tetangga sekitar.

3. Mengikuti Kegiatan Gotong-Royong di Desa

Sikap peduli di lingkungan masyarakat juga bisa dilakukan dengan ikut serta kegiatan gotong-royong seperti membersihkan desa, membangun tempat ibadah, membersihkan sungai, dan sebagainya. Kegiatan gotong royong juga akan menciptakan kerukunan dan kedekatan sosial di masyarakat.

4. Tidak Memutar Musik Keras karena Mengganggu Tetangga

Dalam menjalani kehidupan bertetangga, kita juga harus mengerti hal sederhana seperti tidak memutar musik terlalu keras dengan tujuan supaya tetangga tidak merasa terganggu. Walaupun sepele, namun hal ini sangat penting untuk dilakukan untuk menjaga kerukunan dengan tetangga.

5. Mendermakan Uang ke Tetangga yang Miskin

Berikutnya, bila tetangga dekat rumah kita ada yang kekurangan atau miskin, hendaknya kita ikhlas mendermakan uang untuk membantu meringankan beban hidup mereka. Sikap peduli seperti ini penting untuk mengajarkan kita berbuat baik ke siapa pun yang membutuhkan.

6. Berbelasungkawa dan Melayat bila Ada Tetangga yang Meninggal

Jika ada tetangga sekitar yang meninggal dunia, maka kita harus ikut merasakan kesedihan dan berbelasungkawa terhadap keluarga yang ditinggalkan. Selain itu, kita juga perlu meluangkan waktu untuk melayat sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada orang yang meninggal.

7. Menghadiri Undangan Tetangga

Jika kita diberi undangan tetangga untuk acara hajatan, nikah, syukuran, atau yang lainnya, maka kita harus meluangkan waktu untuk hadir ke acara tersebut. Menghadiri undangan juga termasuk perilaku peduli yang dapat meningkatkan kedekatan kita dengan tetangga.

8. Ikut Donasi untuk Korban Bencana Alam

Ketika ada galangan dana untuk korban bencana alam, kita sepatutnya ikut memberi donasi dengan ikhlas sesuai dengan kemampuan kita. Setidaknya dana yang dikumpulkan masyarakat banyak dapat meringankan beban orang lain yang terkena musibah.

9. Meminjamkan Kendaraan bila Tetangga Sangat Membutuhkannya

Misalnya ketika ada tetangga yang sakit, maka kita harus meminjamkan kendaraan kepada tetangga supaya bisa dibawa ke rumah sakit. Hal seperti ini sangat penting untuk kita lakukan, sebab keselamatan nyawa tidak boleh kita anggap remeh.

10. Menyingkirkan Paku di Jalan

Menyingkirkan paku di jalan juga termasuk sikap peduli yang dapat menyelamatkan orang lain dari bahaya. Walaupun hal ini terlihat sederhana, namun sangat penting untuk dilakukan sebagai bentuk kepedulian di lingkungan masyarakat.

Akhir Kata

Sekian saja pembahasan kali ini tentang contoh sikap peduli di sekolah, rumah, dan masyarakat. Kesimpulannya, sikap peduli harus kita terapkan di mana saja dan kapan saja, sebab kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan dan tidak bisa hidup sendiri.

Artikel Terkait