44 Contoh Sikap Rendah Hati dalam Kehidupan Sehari-hari di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat

Contoh Sikap Rendah Hati

Contoh Sikap Rendah Hati – Menurut KBBI, rendah hati adalah sifat tidak sombong atau tidak angkuh. Dalam definisi umum, rendah hati adalah suatu sikap menyadari keterbatasan kemampuan diri, dan ketidakmampuan diri sendiri, sehingga dengannya seseorang tidak menjadi angkuh, dan tidak sombong.

Sikap rendah hati termasuk sikap terpuji yang harus dimiliki setiap orang. Orang yang rendah hati akan senantiasa tidak mencampuri suatu urusan yang tidak ia kuasai, tahu batasan kemampuan diri sendiri, tidak sombong atas apa yang dimiliki, dan sadar dengan kurangnya pengetahuan dan ilmunya.

Rendah hati sepatutnya kita terapkan kepada siapa saja dan di mana saja mulai dari di lingkungan keluarga atau rumah, lingkungan sekolah, dan masyarakat. Untuk lebih jelasnya tentang bentuk sikap rendah hati, kali ini kita akan membahas contohnya secara lengkap. Jadi, langsung saja simak artikel di bawah ini.

Contoh Sikap Rendah Hati dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Menolong Orang Lain yang Butuh Pertolongan

Yang pertama, sikap rendah hati dalam kehidupan sehari-hati dapat ditunjukkan dengan membiasakan diri menolong sesama yang sedang tertimpa masalah atau musibah. Kita tidak boleh pilih-pilih dalam menolong orang, artinya kita harus menolong siapa saja tanpa memandang ras, suku, golongan, agama, dan perbedaan lainnya.

2. Tidak Sombong Atas Kekayaan yang Dimiliki

Kedua, kita dilarang pamer atau sombong atas kekayaan dan harta melimpah yang kita miliki. Sepatutnya kita harus tetap rendah hati dalam kehidupan sehari-hari dan tidak angkuh meskipun kita kaya.

3. Mau Menerima Kritik dan Masukan dari Orang Lain

Sikap rendah hati juga ditunjukkan dengan cara mau menerima kritik dan masukan orang lain. Mau menerima kritik berarti kita sadar bahwa diri kita masih banyak salah dan kurangnya. Bisa jadi kritik dan masukan orang lain adalah sesuatu yang sangat kita butuhkan untuk memperbaiki diri dari berbagai kesalahan dan kekurangan yang kita miliki.

4. Mengakui Kesalahan Diri Sendiri

Seseorang yang memiliki sikap rendah hati akan selalu mengakui kesalahan diri sendiri atau apa pun yang telah ia perbuat. Berbeda dengan orang yang tidak punya sikap rendah hati, mereka selalu merasa benar dan tidak mau dianggap salah oleh orang lain.

5. Meminta Maaf jika Berbuat Salah

Contoh perilaku rendah hati selanjutnya adalah selalu meminta maaf ketika melakukan kesalahan terhadap orang lain. Kita hendaknya tidak boleh pura-pura tidak melakukan kesalahan atau tidak mau meminta maaf kepada yang bersangkutan. Sebaliknya, kita harus tulus memohon maaf supaya kesalahan kita dimaafkan orang yang telah kita salahi.

6. Selalu Mendahulukan Orang Lain

Orang rendah hati senantiasa mendahulukan orang lain, artinya mereka peduli dan lebih mementingkan orang lain daripada kepentingan pribadinya. Misalnya seperti mendahulukan orang tua saat mengantre, memberi tempat duduk kepada kakek-kakek saat di transportasi umum, dan lain sebagainya.

7. Mengucapkan Terima Kasih bila Ditolong Orang Lain

Ketika kita sedang dalam masalah dan ditolong orang lain, maka kita harus menghargai usaha mereka dengan setidaknya mengucapkan terima kasih. Jangan sampai kita tidak menghargai apa yang orang lain lakukan untuk membantu kita.

8. Tidak Merasa Paling Pintar dari Orang Lain

Rendah hati juga didefinisikan sebagai sikap tidak merasa paling berilmu atau paling tahu dari orang lain. Rendah hati adalah mengakui bahwa diri kita masih kurang tahu, kurang wawasan, dan kurang ilmu dibanding orang lain.

9. Tidak Merasa Paling Benar

Selain tidak merasa paling pintar, orang yang rendah hati juga tidak akan merasa paling benar dari orang lain. Termasuk juga dalam hal berpendapat, mereka tidak menganggap pendapatnya adalah yang paling baik dan benar dari pendapat orang lain.

10. Mau Belajar dan Memperluas Pengetahuan

Contoh orang rendah hati selanjutnya adalah mau belajar hal baru dalam hidup dan memperluas ilmu pengetahuan. Orang rendah hati sadar bahwa pengetahuan dan ilmu adalah tak terbatas, semakin mereka belajar, semakin mereka merasa rendah dan sedikit ilmunya.

11. Tidak Meremehkan Orang Lain

Tidak meremehkan orang lain merupakan sikap yang sering ditunjukkan oleh orang yang rendah hati. Mereka mengakui kemampuan, kepintaran, serta kelebihan dari orang lain. Selain itu, mereka tidak menganggap diri sendiri lebih unggul dari apa yang orang lain kuasai.

12. Tidak Mencampuri Urusan yang Tidak Dikuasai

Rendah hati berarti tahu batasan dalam diri sendiri, sehingga kita jangan sampai ikut campur suatu urusan yang kita tidak tahu atau tidak kuasai hal tersebut. Sebaiknya kita bersikap diam dan tidak mengurusi hal-hal yang memang tidak diketahui.

13. Bersikap Sabar ketika Direndahkan atau Diremehkan Orang Lain

Bersikap rendah hati juga dapat dicerminkan dengan sabar ketika ada orang lain yang merendahkan kita. Intinya, kita harus berusaha tidak sakit hati atas cacian serta ucapan buruk dari orang lain.

14. Menerima Kegagalan dan Mau Berubah

Rendah hati adalah sikap mengakui bahwa diri sendiri masih kurang dan memiliki batasan tertentu. Ketika mengalami kegagalan, seseorang yang rendah hati akan menerima kegagalan tersebut dan mau berubah menjadi lebih baik lagi dengan belajar dari kesalahan.

Contoh Sikap Rendah Hati di Rumah

1. Menerima Masukan dan Nasihat Orang Tua

Contoh sikap rendah hati di lingkungan keluarga yang pertama adalah menerima masukan dan nasihat dari orang tua. Sebagai anak, kita harus merasa masih kurang pengetahuan, kurang pengalaman, dan hal lainnya, sehingga membutuhkan nasihat orang tua.

2. Tidak Sombong dan Angkuh terhadap Seluruh Anggota Keluarga

Berikutnya, sikap rendah hati di rumah dapat dilakukan dengan cara tidak sombong dan angkuh terhadap adik, kakak, ayah, ibu, kakek, hingga nenek. Kita sampai menyombongkan diri atas kemampuan, kepintaran, atau harta kepada anggota keluarga di rumah.

3. Menghargai Pendapat Anggota Keluarga dan Tidak Memaksakan Pendapat Pribadi

Rendah hati juga dapat dilakukan dengan cara menghargai pendapat setiap anggota keluarga dan tidak memaksakan pendapat pribadi kepada mereka. Kita tidak boleh merasa punya pendapat yang paling baik dan benar daripada pendapat anggota keluarga.

4. Patuh terhadap Aturan Orang Tua di Rumah

Contoh sikap rendah hati selanjutnya adalah patuh dan taat aturan yang telah dibuat orang tua (ayah dan ibu) kita. Mematuhi aturan di rumah akan mengajarkan kita untuk menjadi teratur dan baik dalam segala hal.

5. Bersikap Ramah dan Sopan terhadap Anggota Keluarga

Kita hendaknya bersikap ramah dan sopan terhadap seluruh anggota keluarga, mulai dari kakak, adik, ibu, ayah, kakek, hingga nenek. Sikap ramah dan sopan santun dapat menciptakan lingkungan keluarga yang saling menyayangi dan rukun.

6. Membantu Anggota Keluarga yang Tertimpa Masalah

Ketika ada anggota keluarga yang sedang kesusahan atau mendapat masalah, maka kita harus membantu mereka. Kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk meringankan beban yang sedang dihadapi anggota keluarga.

7. Memaafkan Anggota Keluarga bila Berbuat Salah

Kemudian jika ada anggota keluarga yang berbuat salah kepada kita, maka kita harus rendah hati dengan memaafkan kesalahan mereka. Sikap ini penting untuk dilakukan karena anggota keluarga adalah orang yang sangat berjasa dan penting dalam hidup kita.

Contoh Sikap Rendah Hati di Sekolah

1. Tidak Sombong ketika Mendapat Nilai Ujian Tinggi

Sikap rendah hati di lingkungan sekolah yang pertama adalah tidak menyombongkan diri kepada teman ketika memperoleh nilai ujian atau ulangan yang tinggi. Kita juga harus menghargai nilai teman yang lebih rendah dari nilai yang kita peroleh.

2. Tidak Angkuh ketika Mendapat Ranking Kelas

Bila mendapat ranking tinggi di kelas, kita tidak boleh sombong dan angkuh terhadap teman di kelas. Kita harus tetap meyakini bahwa diri sendiri belum pintar dan masih bisa dilampaui rankingnya oleh teman sekelas.

3. Menolong Teman Sekolah yang Membutuhkan Bantuan

Selanjutnya, bila ada teman sekolah yang membutuhkan pertolongan, maka kita harus mau menolong dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Membiasakan diri menolong orang lain akan membuat orang lain suka menolong kita ketika kita dalam masalah.

4. Membantu Teman yang Kesulitan Memahami Materi Pelajaran

Bila ada teman yang kesulitan memahami materi pelajaran, maka hendaknya kita membantu mengajari mereka apa yang kita bisa. Sikap seperti ini juga termasuk rendah hati di sekolah yang penting untuk dilakukan.

5. Tidak Sombong ketika Menang Lomba

Contoh sikap rendah hati di sekolah selanjutnya adalah tidak sombong ketika memenangkan suatu perlombaan di sekolah. Kita memang boleh bangga karena memiliki kemampuan yang membuat kita menang lomba, namun kita harus tahu batas wajar agar tidak menjadi sombong di depan teman sekolah.

6. Membelikan Teman Makanan bila Teman Lupa Membawa Uang Saku

Selanjutnya, jika teman kita ada yang lupa membawa uang saku ke sekolah, maka hendaknya kita mentraktir teman makanan dan minuman. Jangan sampai teman kita membiarkan teman sekolah kelaparan karena tidak bawa uang.

7. Membantu Guru yang Kesulitan Mengangkat Barang

Jika ada guru yang kesulitan membawa buku yang sangat banyak, maka kita harus segera menolong dengan membantu membawakan sebagian buku tersebut. Kita tidak boleh pura-pura tidak melihat guru yang sedang kesulitan.

8. Bersikap Sopan Santun terhadap Seluruh Warga Sekolah

Sikap rendah hati bisa ditunjukkan dengan cara berperilaku sopan santun terhadap warga sekolah, mulai dari teman, guru, kepala sekolah, staf, hingga pegawai sekolah.

9. Tidak Menyombongkan Kekayaan Orang Tua kepada Teman Sekolah

Meskipun kita berasal dari orang tua yang kaya, kita tidak boleh menyombongkan kekayaan orang tua di depan teman sekolah kita. Intinya kita harus selalu rendah hati dan selalu berusaha hidup sederhana.

10. Tidak Pamer Barang Mewah terhadap Teman Sekolah

Ketika kita punya barang mewah seperti ponsel mahal, sepatu bagus, tas mahal, alat tulis mahal, dan lainnya, kita tetap tidak boleh pamer dan sombong terhadap teman sekelas. Kemudian, jika ada teman yang ingin meminjam barang kita, maka kita harus berusaha meminjamkannya dengan ikhlas.

11. Mengakui Kesalahan dan Meminta Maaf bila Berbuat Salah

Selanjutnya bila kita berbuat salah terhadap teman di sekolah, maka kita harus mau mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada teman. Jangan sampai kita merasa paling benar dan tidak mau meminta maaf kepada orang yang kita salahi.

12. Berteman dengan Siapa Saja Tanpa Membeda-bedakan

Dalam berteman, kita tidak boleh memandang perbedaan ras, suku, golongan, agama, kekayaan, hingga ciri fisik. Berteman dengan siapa saja dengan tulus termasuk salah satu sikap rendah hati yang penting untuk dilakukan di lingkungan sekolah.

13. Sabar ketika Dihina, Direndahkan, atau Diremehkan Teman Sekolah

Ketika kita direndahkan teman sekolah karena kurang pintar atau alasan lainnya, maka kita harus senantiasa bersikap sabar. Lebih baiknya lagi bila kita mau memaafkan mereka sebelum mereka meminta maaf.

14. Tidak Merendahkan Teman yang Kurang Pintar dan Tidak Merasa Paling Pintar

Sikap rendah hati berikutnya adalah tidak merendahkan teman sekelas yang bodoh, serta tidak merasa diri sendiri adalah yang paling pintar di sekolah.

15. Mau Belajar dengan Giat untuk Menguasai Banyak Ilmu

Sikap rendah hati juga diartikan sebagai sikap merasa kurang dalam hal kemampuan ataupun pengetahuan. Oleh sebab itu, kita harus senantiasa mau belajar dengan giat untuk memperbanyak wawasan dan ilmu.

Contoh Sikap Rendah Hati di Masyarakat

1. Tidak Memamerkan Rumah, Kendaraan, dan Harta kepada Tetangga

Contoh perilaku rendah hati di lingkungan masyarakat yang pertama adalah tidak pamer atas apa yang kita miliki terhadap tetangga sekitar. Jika kita pamer, maka orang lain tidak akan merasa iri dengki, dendam, atau membenci kita.

2. Menyapa Tetangga ketika Bertemu

Rendah hati juga dapat ditunjukkan dengan hal yang sangat sederhana, yakni menyapa tetangga ketika bertemu di jalan atau tempat lainnya. Membiasakan diri menyapa tetangga juga akan menciptakan hubungan baik dengan tetangga.

3. Mengikuti Kegiatan Gotong Royong di Desa

Meskipun kita berasal dari orang kata, orang terhormat, ataupun pejabat, kita harus mau ikut gotong royong di desa seperti membersihkan lingkungan desa.

4. Tidak Angkuh meskipun Punya Pangkat Tinggi

Dalam kehidupan bermasyarakat, kita tidak boleh merasa paling hebat dan tinggi dari orang lain hanya karena punya pangkat atau jabatan. Sebaliknya, kita harus hidup normal di masyarakat dengan mau bergaul dengan siapa saja, baik yang miskin, kaya, berpangkat, ataupun tidak berpangkat.

5. Mau Menerima Kritikan dari Orang Lain

Contoh sikap rendah hati di masyarakat selanjutnya adalah mau menerima kritikan dari orang lain. Kritik biasanya berisi hal-hal yang buruk dari diri kita, sehingga kita akan tahu kekurangan diri sendiri dan dapat merubahnya.

6. Menolong Tetangga yang Kurang Mampu

Tetangga adalah orang yang sangat penting dan sewaktu-waktu kita membutuhkannya. Oleh sebab itu, kita harus baik dengan tetangga, terlebih tetangga yang kurang mampu.

7. Tidak Sombong meskipun Memiliki Gaji Pekerjaan yang Tinggi

Dengan siapa saja di lingkungan masyarakat, kita tidak boleh merasa sombong meskipun memiliki gaji yang tinggi. Alangkah baiknya kita berusaha hidup sederhana dan apa adanya tanpa memamerkan kekayaan.

8. Menghargai Pendapat Orang Lain dalam Rapat / Musyawarah

Contoh sikap rendah hati berikutnya adalah menghargai pendapat orang lain ketika berada dalam rapat atau musyawarah di lingkungan masyarakat. Kita tidak boleh menghina pendapat orang lain dan merasa pendapat sendiri paling benar.

Penutup

Sekian pembahasan kali ini tentang contoh sikap rendah hati dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat. Kesimpulannya, kita harus menerapkan sikap rendah hati di manapun berada dan kepada siapa saja.

Artikel Terkait