Digital Citizenship Adalah, Pengertian, dan Contohnya

Digital Citizenship Adalah

Di era digital saat ini, internet telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Kita menggunakannya untuk berbagai hal, sepert berkomunikasi, mencari informasi, hingga belajar dan bekerja. Seiring dengan itu, muncul pula konsep digital citizenship atau kewarganegaraan digital (warga digital).

Digital citizenship adalah konsep norma dan perilaku yang bertanggung jawab saat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Hal ini bukan hanya tentang menggunakan internet dengan aman, namun juga tentang bagaimana kita berkontribusi dan berinteraksi dengan orang lain di dunia digital.

Perkembangan dunia digital yang makin pesat memungkinkan terjadinya berbagai macam kejahatan siber. Oleh sebab itu, tampai norma dan perilaku yang bertanggung jawab dalam memakai teknologi, orang-orang rentan melakukan tindak kejahatan siber atau terkena dampak dari hal tersebut.

Pengertian Digital Citizenship

Digital Citizenship adalah suatu konsep norma dan perilaku yang bertanggung jawab saat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Pengertian Lain

Digital citizenship adalah konsep di mana warga digital harus menggunakan teknologi dengan baik dan bertanggung jawab.

Definisi Digital Citizenship dalam Artian Warga Digital

Digital Citizenship atau warga digital (kewarganegaraan digital) adalah mereka yang menggunakan internet secara teratur dan efektif. Definisi ini dikemukakan oleh Karen Mossberger, salah satu penulis Digital Citizenship.

Dalam definisi ini, warga digital adalah mereka yang menggunakan teknologi informasi (TI) untuk terlibat dalam aktivitas masyarakat, politik, dan pemerintahan.

Contoh Digital Citizenship

1. Bijak dalam Menggunakan Media Sosial

Media sosial merupakan tempat berkumpul dan berinteraksinya orang-orang di dunia maya. Orang-orang diharuskan bijak dalam menggunakan media sosial karena dampaknya bisa mengarah pada dirinya sendiri ataupun orang lain.

Bijak dalam memakai media sosial meliputi:

  • Menjaga privasi diri sendiri dan orang lain
  • Tidak menyebarkan informasi bohong atau yang bersifat menjatuhkan orang lain
  • Menghormati opini/pendapat orang lain di media sosial
  • Pandai dalam memilah informasi

2. Etis dalam Dunia Digital

Etis ketika berada di dalam dunia digital meliputi banyak hal, seperti menggunakan antivirus untuk antisipasi serangan mallware, menghormati hak cipta konten di media sosial, hingga tidak mengunduh konten secara ilegal.

3. Keratif dalam Menggunakan Media Sosial

Kreatif dalam memakai media sosial dapat ditunjukkan dengan membuat konten positif atau edukatif, ikut serta dalam hal-hal positif di internet, menghindari penggunaan buruk di media sosial, serta memberikan kritik atau saran yang baik kepada pengguna lain di media sosial.

4. Waspada Jejak Digital

Jejak digital merupakan sesuatu yang harus diperhatikan untuk dijaga agar tidak menjadi bahan tindakan kejahatan siber orang lain. Beberapa hal yang harus dilakukan terkait jejak digital adalah tidak membagikan informasi pribadi di media sosial, menghapus konten yang sudah tidak diperlukan, dan menjaga reputasi di media sosial.

Beberapa Aspek Terkait Digital Citizenship

1. Tanggung Jawab dalam Dunia Digital

Pengguna perlu paham tentang tanggung jawabnya di dunia digital, seperti misal tanggung jawab atas konten yang ia buat, komentar yang dikirimkan, informasi yang dibagikan, dan sebagainya.

2. Mengetahui Pentingnya Keamanan Siber

Untuk menjaga keamanan dalam dunia digital, pengguna perlu berhati-hati dalam membagikan informasi pribadi di media sosial, berhati-hati dalam mengambil informasi, hingga berhati-hati dalam pembuatan konten.

3. Literasi Digital

Literasi digital perlu dimiliki pengguna media sosial sebagai bentuk pemahaman atas cara mereka mendapat informasi dari internet. Literasi digital bertujuan agar pengguna terhindari dari informasi hoax, kebohongan, sara, dan semacamnya.

4. Etika Digital

Etika dalam dunia digital meliputi sikap menghargai pendapat orang lain, menghargai hak cipta konten orang lain, tidak mengunduh sesuatu secara ilegal, dan sebagainya.

Artikel Terkait