27 Fakta Bunga Matahari Yang Jarang Diketahui

Fakta Bunga Matahari
Fakta unik bunga matahari

Fakta Bunga Matahari, bunga dengan nama latin Helianthus annuus L. merupakan tumbuhan semusim yang sangat populer di dunia. Bunga matahari punya ciri khas warna kuning terang, kelopak bunga lebar, serta kepala bunga yang besar. Diameter bunga matahari bisa mencapai 30 cm, ini cukup lebar dan terlihat sangat menarik, adapun jenis pada umumnya memiliki diameter antara 7-10 cm.

Bunga matahari memiliki perilaku unik yang disebut Heliotropik yang mana ia akan bergerak mengikuti arah matahari. Pada waktu pagi bunga ini akan mengarak ke timur dan terus bergerak ke arah barat mengikuti matahari hingga terbenam. Nah ternyata selain fakta menarik tersebut, bunga ini masih menyimpan banyak sekali informasi yang mungkin belum banyak diketahui orang. Berikut ini beberapa fakta menarik bunga matahari terlengkap.

1. Punya Kelopak Hingga 2.000 Buah

Bunga Matahari

Jika kamu mengira bunga matahari hanya punya kelopak dalam jumlah sedikit saja, kamu salah. Sebab bunga ini punya banyak sekali kelopak yang ukurannya kecil dan berada di bagian tengahnya. Bunga matahari memiliki ribuan kelopak yang tersusun secara majemuk dan membentuk lingkaran indah seperti matahari.

Kelopak yang jumlahnya ribuan ini adalah bagian bunga yang berfungsi untuk menghasilkan biji sebagai perkembangbiakan. Dari kelopak inilah kuaci biji bunga matahari bisa tercipta dalam jumlah yang cukup melimpah.

2. Bunga Dengan Banyak Julukan

Mungkin kita mengenalnya hanya “Bunga Matahari”, namun diberbagai belahan dunia, bunga ini punya julukan yang unik. Di Jepang bunga matahari dikenal sebagai Himawari, Perancis disebut Tournesol, Filipina disebut Mirasol, dan masih banyak lagi.

3. Minyak Bunga Matahari

Minyak Bunga Matahari

Selain sebagai tanaman hias, bunga ini ternyata dapat menghasilkan minyak yang kaya akan manfaat. Minyak dari bunga matahari mengandung asam linoleat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Biasanya minyak bunga matahari digunakan untuk penggorengan, mengentalkan makanan, atau bahkan campuran salad.

4. Bunga Yang Mampu Menyerap Radiasi Nuklir

Mungkin kamu baru tahu kalau ternyata bunga matahari bisa menyerap radiasi nuklir. Karena itulah di Jepang, jutaan bunga matahari ditanam setelah bencana tsunami 2011 yang menghancurkan reaktor PLTN (pembangkit listrik tenaga nuklir). Bunga ini cukup efektif untuk menyerap dan mengurangi radiasi nuklir disana.

5. Cenderung Layu Saat Sore Hari

Nah jika kamu ingin memetik bunga matahari sebagai hiasan vas bunga di meja, sebaiknya lakukan ketika pagi hari. Sebab ketika menjelang sore, bunga matahari akan cenderung layu dan tampak tidak segar karena pancaran sinar matahari.

6. Bunga Matahari Tidak Semuanya Kuning

Bunga Matahari Merah

Dinamai bunga matahari memang karena bunga ini berwarna kuning cerah dan berbentuk lingkaran indah mirip matahari. Tapi ternyata tidak semua bunga matahari punya warna kelopak yang kuning, ada beberapa jenis bung matahari yang berwarna merah dan ungu. Mungkin kamu belum pernah menjumpai yang seperti itu.

7. Bunga Matahari Tertinggi (7 dan 8 meter)

Umumnya bunga matahari tidak lebih tinggi dari manusia, namun ada beberapa kasus yang membuat bunga matahari tumbuh sangat tinggi. Contohnya bunga matahari milik Eve Fielding yang tumbuh hingga 7 meter tingginya. Padahal bunga ini kurang perawatan serta kurang pasokan sinar matahari.

Ada juga bunga matahari dengan tinggi 8 meter yang dimiliki oleh Hans-Peter Schiffer asal Jerman. Bunga matahari ini tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai bunga matahari tertinggi di dunia yang pernah ada.

8. Asal Bunga Matahari Adalah Amerika Utara

Bunga matahari memang bisa dijumpai dimana saja, bahkan di Indonesia bunga ini cukup banyak dimiliki pecinta tanaman hias. Nah ternyata tanaman indah ini bukanlah berasal dari Indonesia, melainkan dari Amerika Utara. Disana bunga matahari dimanfaatkan secara maksimal mulai dari biji, bunga, hingga minyaknya.

9. Butuh Sangat Banyak Sinar Matahari

Bunga Matahari

Menurut hasil penelitian, bunga matahari ternyata lebih membutuhkan banyak sinar matahari ketimbang bunga lain. Itulah mengapa bunga ini punya sifat Heliotropisme (heliotropik) yang mana ia mengikuti pergerakan matahari.

10. Punya Banyak Varietas

Bunga matahari dalam genus Helianthus yang kita lihat pada umumnya adalah satu diantara 70 Varietas bunga matahari yang ada di dunia. Bunga matahari jenis lain tentu punya ragam bentuk bunga serta warna yang berbeda juga.

Fakta Lain Bunga Matahari

Selain sepuluh fakta bunga matahari di atas, masih ada beberapa informasi menarik seputar bunga matahari yang mungkin tidak perlu saya jelaskan satu-satu. Langsung saja simak poinnya berikut ini.

  1. Helianthus berasal dari kata Helia yang berarti Matahari dan Anthus yang berarti Bunga.
  2. Bunga matahari merupakan simbol keceriaan, kesetiaan, dan cinta.
  3. Minyak bunga matahari bermanfaat untuk kecantikan kulit.
  4. Minyak bunga matahari kaya akan vitamin A dan D.
  5. Bunga matahari merupakan bunga nasional Ukraina.
  6. Bunga matahari dapat menghasilkan biji hingga 2.000 buah.
  7. Rangkaian spiral biji bunga matahari selalu mengikuti urutan Fibonacci.
  8. Bunga matahari dengan kepala terbesar mencapai lebih dari 32 inchi.
  9. Bunga matahari termasuk bunga yang tumbuhnya cepat.
  10. Bunga matahari dimanfaatkan sebagai sabun cuci.
  11. Selain dibuat kuaci, biji matahari juga bisa dibuat menjadi tepung.
  12. Di Meksiko, bunga matahari dijadikan sebagai obat penghilang nyeri.
  13. Suku Indian memanfaatkan kelopak bunga matahari sebagai obat untuk ginjal.
  14. Himawari merupakan sebutan bunga matahari di negara Jepang.
  15. Bunga matahari telah dibudidayakan di Amerika Utara sejak 3.000 tahun sebelum masehi.
  16. Tahun 1.500, bunga matahari diekspor ke berbagai penjuru dunia dan tiba di Indonesia.

Mungkin itu saja artikel seputar fakta bunga matahari yang unik dan jarang diketahui orang. Bunga matahari selain indah ternyata punya manfaat yang sangat besar bagi alam serta manusia. Nah menurutmu, bunga apa yang kamu sukai? Silahkan tulis di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here