10 Fungsi Papan Tulis di Sekolah dan Penjelasannya

Fungsi Papan Tulis

Fungsi Papan Tulis – Papan tulis adalah papan yang terbuat dari kayu yang di cat hitam sebagai media tulis kapur. Selain papan tulis hitam, ada juga papan tulis yang berwarna putih yang menggunakan spidol (tinta) untuk penulis.

Kedua jenis papan tulis ini memang banyak digunakan di sekolah-sekolah dan memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Nah, kali ini kita akan membahas tentang fungsi dari papan tulis sekolah. Apa saja? Mari simak berikut ini.

Fungsi Papan Tulis Sekolah

1. Sebagai Media Menulis Materi Pelajaran

Yang pertama, papan tulis sekolah memiliki fungsi untuk media menulis materi pelajaran. Guru akan menulis materi tertentu kemudian disampaikan kepada siswanya di kelas. Setelah selesai digunakan, papan tulis bisa dihapus kembali hingga bersih.

2. Media untuk Menggambar

Kedua, papan tulis adalah media untuk menggambar yang bisa berupa gambar apa saja terkait apa yang diajarkan guru kepada siswanya. Misalnya gambar rumah, gambar kendaraan, gambar tumbuhan, dan masih banyak lagi.

3. Untuk Menulis Soal

Jika guru ingin memberi tugas atau PR kepada murid-muridnya, biasanya guru memakai papan tulis sebagai media untuk menulis soal-soal. Dengan begitu, murid bisa menerima semua soal dengan jelas dan mudah.

4. Untuk Membuat Jadwal Piket & Pelajaran

Biasanya jadwal seperti piket atau jadwal pelajaran dibuat di papan tulis berukuran kecil yang ditaruh di dalam kelas. Fungsinya adalah supaya murid lebih mudah mengingat jadwal piket dan jadwal pelajaran.

5. Untuk Membuat Tabel

Membuat tabel bisa dilakukan di papan tulis dengan sangat mudah. Tabel berfungsi untuk menyampaikan materi pelajaran tertentu, menyampaikan nilai, dan lain sebagainya.

6. Sebagai Media Pengingat

Papan tulis dapat digunakan juga untuk media mencatat sesuatu yang penting agar mudah diingat siswa yang ada di kelas.

7. Untuk Menjelaskan Materi Pelajaran

Selain untuk menulis materi pelajaran, papan tulis adalah benda penting di kelas untuk media penyampaian materi pelajaran.

8. Untuk Mengerjakan Soal

Fungsi papan tulis selanjutnya adalah sebagai media mengerjakan soal-soal di depan kelas. Biasanya guru menyuruh murid mengerjakan soal di papan tulis sebagai bentuk pelatihan atas materi yang sudah pernah disampaikan.

9. Untuk Meletakkan Media Grafis

Papan tulis bisa dipakai untuk meletakkan media grafis seperti gambar, foto, info grafis, atau sebagainya untuk pembelajaran di kelas.

10. Melakukan Evaluasi / Tes

Yang terakhir, papan tulis bisa digunakan oleh guru untuk melakukan evaluasi atau tes terhadap murid-muridnya. Evaluasi ini biasanya berkaitan dengan nilai-nilai yang diperoleh setelah mengikuti ujian.

Penutup

Sekian pembahasan kali ini tentang beberapa fungsi papan tulis yang ada di sekolah. Semoga bermanfaat dan membantu Anda memahami kegunaan papan tulis dalam kegiatan belajar mengajar.

Artikel Terkait