Hal-Hal yang Tidak Boleh Aku Lakukan Ketika Mengikuti Pelajaran

Hal-Hal yang Tidak Boleh Aku Lakukan Ketika Mengikuti Pelajaran

Sekolah merupakan tempat bagi siswa untuk menimba ilmu yang akan berguna bagi kehidupannya di masa depan. Selain itu, sekolah juga mengajarkan siswa tentang akhlak dan adab yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar ilmu yang didapat bermanfaat dan bernilai positif.

Di lingkungan sekolah, siswa tentu memiliki tanggung jawab serta kewajiban yang besar, misalnya menaati peraturan sekolah, menjaga kelakuan, belajar dengan giat, menjaga kebersihan sekolah, hingga berperilaku yang baik di sekolah.

Siswa hendaknya tahu batasan-batasan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Nah, kali ini kita akan membahas hal yang tidak boleh dilakukan siswa selama mengikuti kegiatan belajar mengajar atau KBM.

Hal-Hal yang Tidak Boleh Aku Lakukan Ketika Mengikuti Pelajaran Adalah

1. Tidur saat Guru Menyampaikan Materi Pelajaran

Sekolah adalah tempat untuk belajar dan mencari ilmu sebanyak mungkin, bukan untuk tidur dan bermalas-malasan. Siswa dilarang tidur di kelas karena hal tersebut tidak menghormati guru yang menyampaikan materi, bisa tertinggal pelajaran, serta sulit menyerap ilmu dari guru. Alangkah baiknya siswa tidur di rumah dengan cukup, sehingga tidak mengantuk ketika di sekolah.

2. Makan di Kelas saat Jam Pelajaran

Yang kedua, siswa dilarang makan atau minum di kelas selama jam pelajaran berlangsung. Makan dan minum seharusnya dilakukan di jam istirahat karena jam pelajaran adalah waktu untuk belajar, bukannya untuk makan.

3. Berbicara dengan Teman

Saat guru sedang menerangkan materi pelajaran, semua siswa harus diam dan mendengarkan dengan fokus. Siswa dilarang berbicara atau mengobrol dengan teman sekelas agar suasana di kelas lebih tenang dan siswa mudah memahami apa yang disampaikan guru.

4. Bermain Handphone saat Jam Pelajaran

Selanjutnya, siswa tidak boleh bermain hp atau gadget selama jam pelajaran masih berlangsung. Bermain hp termasuk bentuk pelanggaran yang terdapat sanksinya, jadi jangan pernah lakukan hal ini selama mengikuti pelajaran.

5. Tidak Izin saat Keluar Kelas

Ketika hendak meninggalkan kelas karena suatu alasan seperti ingin ke kamar mandi, maka siswa harus meminta izin terlebih dahulu kepada guru yang sedang mengajar. Siswa dilarang keluar tanpa izin dari guru saat jam pelajaran berlangsung.

6. Bersuara Keras dan Membuat Gaduh

Hal yang tidak boleh dilakukan ketika jam pelajaran selanjutnya adalah bersuara keras dan membuat gaduh di dalam kelas. Hal seperti ini tentu mencerminkan sikap tidak menghormati guru, mengganggu kegiatan belajar, dan mengganggu teman-teman lainnya.

7. Menyontek saat Mengerjakan Soal di Kelas

Bila guru memberi soal atau tugas selama jam pelajaran, maka setiap murid harus mengerjakan soal tersebut sendiri-sendiri. Murid tidak boleh melakukan kecurangan seperti dengan menyontek teman sebelah.

8. Membuat-buat Alasan untuk Meninggalkan Kelas

Hal yang tidak boleh dilakukan saat pelajaran adalah membuat alasan palsu demi bisa meninggalkan kelas. Hal seperti ini termasuk pelanggaran peraturan sekolah, sehingga ada sanksi dan hukuman tertentu bagi yang melanggar.

9. Tidak Memperhatikan Guru yang Menyampaikan Materi

Kewajiban seorang siswa di sekolah adalah belajar, oleh sebab itu siswa harus memperhatikan dengan saksama guru yang menyampaikan materi pelajaran. Dengan fokus pada pelajaran, maka siswa akan lebih mudah dalam memperoleh ilmu.

10. Bermain di dalam Kelas

Siswa dilarang bermain-main di dalam kelas selama jam pelajaran berlangsung. Siswa seharusnya memperhatikan guru dengan baik, mencatat materi pelajaran, serta belajar dengan sungguh-sungguh di kelas.

Penutup

Sekian pembahasan artikel kali ini tentang hal-hal yang tidak boleh aku lakukan ketika mengikuti pelajaran. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda tentang aturan-aturan ketika berada di kelas.

Artikel Terkait