Jenis-Jenis Penulis Lengkap Beserta Pembahasannya

jenis penulis

Penulis bukan lagi sebuah pekerjaan yang dapat kita anggap remeh di zaman modern. Hanya bermodalkan keterampilan mengolah kata serta kecepatan mengetik di laptop atau komputer, seseorang sudah berkesempatan menghasilkan keuntungan yang cukup untuk pekerjaan sampingan. Inilah yang dinamakan sebagai penulis freelance.

Bagaimana tidak, jasa penulisan artikel kian menggiurkan sesuai dengan banyaknya permintaan oleh website-website perorangan bahkan website berita lokal. Di luar konteks itu, ada juga sebutan penulis bagi mereka yang menulis di buku, yaitu membuat karangan cerita, novel, dan sebagainya yang jika berkualitas akan memiliki nilai jual tinggi.

Penulis dibagi menjadi beberapa macam atau jenis sesuai dengan bidang dan keahlian yang dimiliki. Ada sebutan book writer, ghost writer, technical writer, hingga copywriter. Nah pada kesempatan kali ini kita akan mengulas lebih lengkap tentang jenis jenis penulis.

1. Book Writer (Penulis Buku)

Penulis buku merupakan jenis penulis tertua yang ada di dunia, berbagai buku hasil karya tokoh-tokoh terkenal sudah ada sejak zaman dahulu setelah ditemukannya kertas atau lembaran-lembaran yang dapat menorehkan goresan maupun tinta.

Penulis buku di zaman modern ini memiliki ruang yang sangat luas dengan berbagai pilihan mulai dari buku fiksi seperti novel, cerita pendek, komik, hingga motivasi. Kemudian ada juga buku non fiksi yang bisa berupa materi-materi pelajaran, ensiklopedi, buku panduan, kamus, dan lain sebagainya.

2. Penulis Artikel

Penulis artikel merupakan jenis penulis yang paling dibutuhkan saat ini, banyak tawaran menulis untuk website-website besar yang tujuannya adalah untuk menduduki peringkat 1 di pencarian google. Kualitas tulisan artikel memilik pengaruh besar akan SEO yang sering dikejar oleh web besar maupun web berita lokal di Indonesia.

Seorang penulis artikel setidaknya perlu memahami cara penulisan artikel yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan SEO sebuah website. Dengan begitu, tulisan-tulisan tersebut akan memenangkan persaingan di mesin pencari dan berpotensi mendapatkan pengunjung yang banyak.

Biasanya jasa penulisan artikel memiliki rentang harga yang disesuaikan dengan kualitas seorang penulis, tema yang ditulis, serta jumlah kata yang ditulis.

3. Ghost Writer (Penulis Hantu)

Sebutan penulis hantu adalah mereka yang menulis kepada orang lain berdasarkan permintaan. Karena itu seorang penulis hantu akan bersedia membuat tulisan-tulisan yang orang lain dapat mengatasnamakan artikel tersebut sebagai milik mereka.

Ghost writer juga sering dikaitkan dengan penulis artikel website yang sesuai dengan permintaan pemilik website tersebut. Sang penulis membiarkan pemilik website memiliki kredit atau memegang nama atas tulisan Anda.

Nah secara sederhana, penulis hantu adalah mereka yang menulis sesuatu (artikel) yang dikreditkan kepada orang lain sehingga seolah-olah orang lain tersebut yang menghasilkan tulisan tadi.

4. Technical Writer (Penulis Teknik)

Selanjutnya ada jenis penulis technical writer yang bukan sembarang orang bisa melakukannya. Technical wriiter membutuhkan wawasan dan pengetahuan yang luas atas bidang yang ingin ditulis. Biasanya technical witer identik dengan penulis yang menulis rencana desain, materi pelatihan, dokumentasi teknis, whitepaper, dan sebagainya.

Penulis technical writer perlu menciptakan tulisan-tulisan yang berisi penjelasan secara rinci, arahan-arahan, serta intruksi-intruksi yang mencakup topik yang sedang dibahas. Tulisannya juga harus berupa faktual sesuai data dan fakta yang ada, bukan tulisan karangan hasil olah pikir sendiri.

5. Penulis Kolom

Penulis kolom atau kolomnis adalah seorang penulis ahli atau pakar di bidang tertentu. Penulis kolom biasanya menulis berbagai macam opini atau gagasan yang berbentuk cerita, tulisan pendek, esai, dan lain sebagainya yang tidak lebih panjang dari sebuah artikel.

6. Penulis Cerpen (Cerpenis)

Sebenarnya penulis cerpen masih masuk dalam jenis penulis buku, hanya saja lebih spesifik untuk orang yang memang ahli di bidang membuat karangan cerita pendek (cerpenis). Penulis cerpen biasanya memiliki kreativitas yang tinggi dalam menciptakan alur cerita yang menarik, umumnya didasarkan pada imajinasi atau khayalan.

7. Novelis (Penulis Novel)

Seorang penulis novel harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengarang sebuah cerita panjang, karena itu tidak sembarang orang bisa jadi novelis. Cerpen umumnya dibuat dengan halaman yang cukup banyak, bisa ratusan hingga ribuan halaman.

8. Penulis Puisi

Penulis puisi juga dikenal sebagai pujangga atau penyair, mereka dapat membuat rangkaian kata yang indah (tidak terlalu panjang) namun dapat mengandung makna serta emosi yang tersampaikan dengan baik. Karena itulah puisi menjadi karya tulis yang sangat digemari dan banyak dinikmati orang-orang.

9. Content Writer (Penulis Konten)

Content writer umumnya dikaitkan dengan penulis blog atau website-website tertentu yang bertujuan untuk publikasi berita, teknologi, tutorial, dan lain sebagainya. Content writer juga bisa bermakna lebih luas lagi mencakup penulis-penulis yang menjual artikel atau tulisannya untuk kepentingan media sosial, promosi, hingga publikasi.

10. Penulis Naskah

Penulis naskah atau script writer merupakan salah satu jenis penulis yang membutuhkan keterampilan tinggi dalam mengarang kalimat untuk kebutuhan script-script tertentu. Penulis naskah biasa dibutuhkan dalam kebutuhan publikasi hingga naskah untuk konten video seperti youtube.

11. Press Release

Penulis perss release atau siaran pers bertugas dalam membuat komunikasi tertulis yang bertujuan untuk menjawab berbagai pertanyaan pers seperti siapa, apa, kapan, dimana, dan bagaimana. Penulis siaran pers perlu memastikan tulisannya berdasarkan fakta dan telah terbukti benar sehingga menjadi sebuah pemberitaan yang layak dan terpercaya.

12. Penulis Copy Writer

Penulis yang dikenal dengan istilah copywriter adalah mereka yang menulis berdasarkan artikel yang sudah ada sebelumnya yang telah dipelajari dan dipahami kemudian diketik ulang. Copywriter sering menjadi salah satu cara dalam membuat artikel tanpa memerlukan kajian-kajian, penelitian, atau proses pencarian yang rumit.

13. Penulis Skenario

Penulis skenario atau penulis layar adalah pekerjaan menulis sebuah naskah yang biasa digunakan dalam produksi video (isi percakapan di dalamanya) hingga pembuatan film. Penulis skenario tidak dapat dilakukan sembarang orang karena skenario sangat berperan dalam mempengaruhi baik-buruknya sebuah percakapan dalam video.

14. Penulis Kreatif

Penulis kreatif merupakan jenis penulis yang sering mengedepankan bentuk tulisan profesional, akademis, teknis, hingga jurnalistik. Penulis kreatif memiliki kemampuan dalam merangkai tiap kata hingga menemukan ide-ide unik untuk kebutuhan konten kreatif.

15. News Writer (Penulis Berita)

Jenis penulis selanjutnya adalah news writer, penulis ini bekerja seperti jurnalistik yang menulis berbagai artikel berita terbaru yang faktual dan aktual. Penulis berita sering dibutuhkan oleh website-website besar yang fokus pada publikasi berita.

16. Penulis Freelance

Penulis freelance atau penulis lepas merupakan sebutan bagi penulis yang biasa menawarkan jasa tulisannya dalam bentuk artikel ke berbagai website. Penulis lepas selalu berpindah-pindah dan tidak terikat pada suatu website saja, mereka bebas dalam menciptakan karya sesuai pesanan atau permintaan.

17. Autobiografi

Penulis autobiografi memiliki tugas dalam menulis bio-bio orang lain (mungkin tokoh terkenal) untuk keperluan seperti publikasi, pengenalan diri, dan lain sebagainya. Penulis autobiografi perlu mendasarkan tulisannya pada data-data yang asli biografi seseorang.

18. Penulis Media Sosial

Penulis media sosial adalah penulis yang membuat berbagai tulisan untuk keperluan media atau publikasi di media sosial. Beberapa pemilik akun media sosial membutuhkan jasa penulis ini untuk meningkatkan kualitas serta popularitas akun media sosial mereka.

19. Penulis Ulasan

Selanjutnya ada penulis ulasan, penulis ini bertugas dalam membuat tulisan-tulisan mengenai suatu produk yang menjelaskan setiap detail produk, keterangan, kelebihan, kekurangan, dan lain sebagainya. Penulis ulasan perlu mendasarkan tulisannya pada deskripsi produk yang sesuai dan benar.

20. Song Writer

Macam-macam penulis yang terakhir adalah song writer yang dikenal juga sebagai musisi. Penulis lagi memiliki dasar kemampuan dalam membuat komposisi musik serta merangkai setiap unsur kata sehingga menghasilkan sebuah lagi yang dapat dinikmati.

Akhir Kata

Nah itulah semua pembahasan mengenai jenis-jenis penulis yang perlu Anda ketahui. Tiap macam penulis memiliki tugas di bidangnya masing-masing dan membuat tulisan-tulisan sesuai dengan kebutuhan tertentu. Penulis juga perlu memiliki dasar-dasar kemampuan yang dibutuhkan dalam merangkai kata hingga menciptakan ide-ide tulisan.

Artikel Terkait