Kegiatan Menghasilkan Suatu Barang Disebut? Berikut Pembahasannya

Kegiatan Menghasilkan Suatu Barang Disebut

Kegiatan menghasilkan suatu barang disebut – dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan, manusia menciptakan berbagai macam barang yang bermanfaat dalam menunjang kehidupan. Kegiatan menciptakan atau menghasilkan suatu barang semakin berkembang pesat mengikuti teknologi yang ada. Lalu, apa sebutan untuk kegiatan menghasilkan suatu barang? Simak jawabannya berikut ini.

Kegiatan yang Menghasilkan Suatu Barang

Kegiatan menghasilkan suatu barang disebut Produksi. Menurut pengertian umum, produksi merupakan kegiatan untuk menghasilkan suatu barang atau jasa. Kegiatan pokok ekonomi produksi dilakukan oleh produsen dengan tujuan menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Jika kegiatan menghasilkan barang disebut produksi, maka orang yang menjalankan kegiatan tersebut dinamakan Produsen. Kemudian orang yang memakai atau memanfaatkan barang hasil produksi dinamakan Konsumen.

Penjelasan Produksi

Produksi adalah bentuk kegiatan yang dilakukan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga memiliki manfaat yang lebih dalam memenuhi kebutuhan.

Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya disebut sebagai produksi jasa. Sedangkan kegiatan menambah daya guna suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya disebut produksi barang.

Produksi merupakan hasil dari perubahan dua atau lebih input (sumber daya) menjadi satu atau lebih output (produk).

Kegiatan produksi membutuhkan berbagai macam faktor, mulai dari sumber daya alam (SDA), tenaga kerja (SDM), modal, hingga teknologi produksi.

Tujuan Produksi

  • Memenuhi kebutuhan hidup manusia dalam rangka menciptakan kemakmuran.
  • Menghasilkan barang dan jasa.
  • Meningkatkan keuntungan pelaku usaha.
  • Memperluas ketersediaan lapangan kerja.
  • Mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.
  • Meningkatkan mutu dan jumlah produksi.
  • Mengganti barang yang tidak dapat digunakan dengan barang yang baru.

Jenis Produksi

Produksi ekstraktif adalah kegiatan produksi yang bahannya berasal dari sumber daya alam yang ada di dalam bumi yang barang tersebut nantinya dijual ke perusahaan lain untuk diolah dan diproses menjadi barang baru. Contohnya hasil pertambangan, gali pasir, dll.

Produksi jasa adalah kegiatan produksi yang memiliki tujuan untuk menjual jasa atau keahlian tertentu yang dimiliki. Produksi yang membantu dan memperlancar proses produksi tanpa ikut membuat barang itu sendiri. Contohnya perbankan, akuntansi, transportasi, asuransi, dll.

Produksi industri adalah kegiatan produksi yang bertujuan untuk mengubah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi yang kemudian dijual ke konsumen.

Produksi agraris adalah kegiatan produksi yang menggunakan sumber daya alam (tanaman dan hewan) untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat banyak dengan melalui tahap pengelolaan yang baik dan benar. Contohnya pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dll.

Produksi pengangkutan adalah produksi yang kegiatan produksinya bertujuan untuk melayani pendistribusian atau pemindahan barang dari produsen menuju tempat terdekat dengan konsumen. Contohnya pengangkutan barang kargo di pesawat, kargo kapal, transport darat, dll.

Produksi perdagangan adalah kegiatan produksi yang memiliki peran dalam menghubungkan produsen dengan konsumen. Dapat juga diartikan menjadi produksi yang mengumpulkan dan menjual kembali hasil produksi kepada yang membedakan untuk memperoleh keuntungan. Contohnya toko, supermarket, swalayan, kios, dll.

Sumber Produksi

  1. Sumber daya alam yang berupa apa saja yang dari alam. Contohnya minyak bumi, tumbuhan, hewan, mineral, dll.
  2. Sumber daya manusia berupa tenaga kerja yang bekerja untuk menciptakan atau menambah nilai guna suatu barang.
  3. Sumber daya modal dapat berupa uang, barang, atau barang hasil produksi.
  4. Sumber daya ahli adalah orang yang ahli dan memiliki kemampuan khusus dalam melakukan kegiatan produksi.

Penutup

Sekian artikel kali ini tentang “kegiatan menghasilkan suatu barang disebut” beserta penjelasan lengkapnya. Semoga bermanfaat dan memudahkan Anda dalam memahami apa itu produksi, tujuan, hingga jenisnya.

Artikel Terkait