8 Manfaat Kerupuk Kulit Untuk Kesehatan Serta Efek Sampingnya

Manfaat Kerupuk Kulit, Kerupuk Rambak, Kerupuk Kulit Sapi, Kerupuk Kulit Asli, Kerupuk Kulit Bahan Limbah, Manfaat Kerupuk Kulit Sapi, Khasiat Kerupuk Kulit,
Manfaat Kerupuk Kulit Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kerupuk Kulit – Kerupuk kulit di beberapa daerah disebut dengan Rambak atau Jangek. Bahan pembuatannya dari kulit sapi atau kulit kerbau yang diolah kemudian diberi bumbu rempah sebagai penambah cita rasa. Setelah melewati proses pengeringan selama 2 sampai 3 hari, kerupuk kulit siap digoreng dan dinikmati.

Mungkin kamu sudah pernah merasakan kenikmatan kerupuk ini, apalagi jika dijadikan pendamping makanan bakso atau sup. Kerupuk kulit sebenarnya memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, selain itu dalam penggorengannya biasa menggunakan banyak minyak yang membuatnya terlalu banyak lemak.

Tentu saja hal ini beresiko buruk bagi kesehatan jika mengonsumsi kerupuk kulit berlebihan. Dampaknya dapat meningkatkan kadar kelesterol dalam tubuh. Tapi disisi lain kerupuk kulit memberi manfaat yang tak terduga. Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi kerupuk kulit jika tidak berlebihan.

Manfaat Kerupuk Kulit (Rambak) Untuk Kesehatan

1. Mengandung Protein Hewani Tinggi

Karena pembuatan kerupuk kulit ini dari kulit hewan, tentu saja didalamnya terkandung protein hewani yang cukup tinggi. Protein ini sangat bermanfaat bagi tubuh seperti memperbaiki sel-sel yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu pertumbuhan.

Disamping itu, protein hewani juga dapat membentuk organ otak manusia serta sel darah merah, sehingga berguna untuk meningkatkan fungsi otak. Asupan protein hewani yang cukup dapat membantu pembentukan serta keseimbangan hormon.

Tapi perlu diingat, mengonsumsi kerupuk kulit tidak boleh berlebihan. Kerupuk ini selain mengandung protein hewani yang baik juga mengandung lemak jenuh yang menyebabkan peningkatan kadar kolesterol.

2. Kerupuk Kulit Dapat Mengobati Maag

Kerupuk kulit bisa menjadi pengganti obat maag yang cukup efektif. Dalam pembuatan kerupuk kulit biasanya dicampurkan beberapa rempah seperti kunyit yang dapat meredakan maag. Disamping itu, secara alami kerupuk kulit bisa mengatasi sakit perut, mual, serta maag.

Jadi ketika maagmu kambuh, cobalah mengonsumsi sedikit kerupuk kulit untuk meredakannya. Ini lebih baik dari pada penggunaan obat maag yang memiliki efek samping lebih buruk.

3. Baik Untuk Pertumbuhan Tulang

Manfaat yang jarang diketahui dari kerupuk kulit adalah dapat membantu pertumbuhan tulang. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kerupuk kulit punya kandungan protein hewani cukup tinggi, ternyata ada kandungan lain seperti kalsium dan fosfor.

Kandungan kalsium serta fosfor sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Jadi mengonsumsi kerupuk rambak sangat bermanfaat bagi kamu yang masih dalam masa pertumbuhan.

4. Penawar Rasa Pedas

Mungkin kamu pernah makan mie ayam atau bakso yang sangat pedas hingga pedasnya sulit dihilangkan dengan minum air. Nah untuk mengatasi rasa pedas tersebut, cobalah makan kerupuk, salah satunya kerupuk kulit.

Didalamnya terkandung minyak alami yang berasal dari kulit hewan yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa pedas di lidah. Jadi lebih baik makan kerupuk kulit untuk menghilangkan pedas dari pada meminum banyak air putih hingga perut kembung.

5. Menambah Cadangan Energi

Mengonsumsi kerupuk kulit pada pagi atau siang hari lebih baik karena bermanfaat sebagai penambah cadangan energi. Kandungan protein hewani didalamnya dapat berfungsi untuk menyimpan energi cadangan dalam tubuh, sehingga dapat membantu aktivitas harianmu.

Tapi perlu diingat, hindari mengonsumsi kerupuk kulit yang terlalu banyak minyaknya. Hal ini terkadang memberi rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

6. Baik Untuk Pencernaan

Kerupuk kulit yang benar-benar dibuat dengan kulit hewan mengandung serat yang cukup tinggi. Serat ini berperan penting dalam melancarkan pencernaan dan mengatasi sulit BAB. Jadi mengonsumsi kerupuk kulit setelah makan cukup baik bagi sistem pencernaanmu.

7. Rendah Kalori

Kerupuk kulit atau rambak memang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, tapi disisi lain kerupuk ini ternyata rendah kalori. Jadi kerupuk ini tidak akan menimbulkan kegemukan, kerupuk kulit rasanya cocok dijadikan sebagai pendamping diet.

8. Menambah Cita Rasa Makanan

Kerupuk rambak memang menjadi pendamping makanan yang membuatnya terasa lebih enak. Misalnya saja bakso, sup, nasi pecel, nasi goreng hingga mie, terkadang rasanya ada yang kurang jika kita makan tanpa kerupuk. Tapi alangkah baiknya tidak memakannya bersamaan dengan makanan yang mengandung minyak terlalu banyak.

Bahaya Mengonsumsi Kerupuk Kulit Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan tentu ada dampak buruknya atau efek samping. Sama halnya dengan memakan kerupuk kulit (rambak) berlebihan. Kerupuk kulit memiliki mengandung banyak minyak, terlebih lagi ketika sudah melewati proses penggorengan berulang. Hal ini berdampak buruk bagi kesehatan seperti menyebabkan kadar kolesterol naik.

Kita juga perlu menghindari konsumsi kerupuk kulit yang mengandung pengawet, pewarna, atau kerupuk kulit yang dibuat dengan bahan yang tidak semestinya. Sebagai jajanan camilan, kerupuk ini terkadang memiliki kandungan MSG yang tinggi dengan tujuan menambah rasa, padahal kandungan tersebut tidak baik bagi tubuh.

Jika kamu ingin mengonsumsi kerupuk rambak yang aman, pilihlah kerupuk yang dibuat dengan bahan kulit hewan yang fresh serta dibumbui dengan rempah. Hindari kerupuk kulit yang banyak minyaknya karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Bagi yang suka dengan kerupuk kulit, jangan lupa batasi konsumsi hariannya. Perlu kamu ketahui, kerupuk kulit mengandung banyak lemak jenuh yang tentu saja bisa memicu obesitas.

Bagaimana Membedakan Kerupuk Kulit Sapi Dengan Kerupuk Kulit Berbahan Limbah?

Manfaat Kerupuk Kulit
Kerupuk Kulit Asli

Ciri dari kerupuk kulit sapi adalah : permukaan kulit kasar serta berpori, warna cenderung gelap kecoklatan, tidak terasa bau aneh ketika dikonsumsi, tidak terlalu mengganggu tenggorokan, ketika digoreng teksturnya mekar.

Ciri kerupuk kulit berbahan limbah : permukaan kulit halus atau licin, warna lebih terang karena mengandung bahan kimia, terasa bau aneh saat dimakan, tenggorokan terasa gatal setelah menelan, terasa bau tawas, tidak mekar saat goreng, atau mekar karena dicampuri tawas.

Lihat juga : Bisnis roti bakar

Nah itulah beberapa penjelasan terkait manfaat kerupuk kulit atau rambak yang jarang diketahui. Jika kamu suka kerupuk, mungkin ini menjadi salah satu pilihan terbaik karena kaya akan khasiat bagi kesehatan tubuh. Yang terpenting, pastikan kerupuk kulit yang kamu konsumsi benar-benar berbahan kulit hewan fresh bukan limbah atau campuran bahan kimia.

Tinggalkan Balasan