Manfaat Penelitian Bagi Peneliti | Penelitian adalah suatu proses memecahkan suatu masalah secara sistematis dengan melakukan pendekatan metode ilmiah . Penelitian juga sering dideskripsikan sebagai proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis yang bertujuan untuk menemukan fakta-fakta.

Dilakukannya penelitian tentu memberikan manfaat-manfaat tertentu bagi suatu pihak. Pengertian dari manfaat penelitian adalah keuntungan atau potensi yang bisa diperoleh dari pihak-pihak tertentu setelah selesai melakukan penelitian. Adapun manfaat penelitian bagi peneliti sebagai berikut.

1. Memperoleh Hasil Dari Kegiatan Penelitian

Setiap penelitian memiliki tujuan tertentu sehingga diperoleh hasil yang sesuai dengan harapan. Hasil tersebut sangat berguna bagi peneliti untuk memecahkan suatu masalah atau menemukan informasi-informasi tertentu.

2. Menambah Ilmu Pengetahuan

Manfaat penelitian bagi peneliti yang selanjutnya adalah menambah wawasan serta pengetahuan baru terkait hal yang diteliti. Setiap peneliti akan menggali informasi serta hal-hal baru saat melakukan kegiatan penelitian.

3. Sebagai Sarana Pembelajaran

Kegiatan penelitian bermanfaat sebagai sarana pembelajaran untuk peneliti tentang proses yang telah dijalani. Hal ini bisa mencakup kesulitan serta kegagalan-kegagalan yang sebelumnya dialami sebagai pelajaran berharga.

4. Sebagai Sarana Pembuktian

Sebuah penelitian berfungsi untuk dijadikan sebagai sarana pembuktian suatu hal atau menyangkal kebohongan-kebohongan.

5. Sarana Melatih Pikiran

Kegiatan penelitian bermanfaat sebagai sarana melatih pikiran bagi para peneliti. Dengan kegiatan penelitian, kita dipaksa untuk berpikir keras demi memecahkan suatu masalah atau menggali informasi sebanyak mungkin.

Nah itulah manfaat penelitian bagi peneliti dalam kategori umum. Adapun manfaat penelitian lebih spesifik mencakup dua aspek, yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis.

a. Manfaat Teoritis

Merupakan manfaat yang bertujuan untuk verifikatif yang digunakan dalam mengecek teori yang sudah ada. Manfaat teoritis juga bertujuan untuk memperkuat atau menggugurkan teori-teori yang sebelumnya sudah ada.

b. Manfaat Praktis

Manfaat praktis merupakan manfaat penelitian yang berguna dalam memecahkan suatu masalah yang bersifat praktis.

Kesimpulannya, setiap kegiatan penelitian memiliki tujuan serta manfaat tersendiri bagi suatu pihak maupun peneliti itu sendiri. Secara garis besar, penelitian digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan serta mengungkap informasi-informasi yang belum ada.