Qualcomm Snapdragon adalah produk telekomunikasi yang dibuat oleh perusahaan Qualcomm. Nama Qualcoomm Snapdragon sendiri tentunya tidak asing di telinga anda. Ya, Qualcomm Snapdragon merupakan perusahaan chipset raksasa ternama yang telah mentenagai berbagai macam smartphone berbasis sistem operasi android.

Qualcomm terus menciptakan seri barunya untuk menunjang keperluan peforma pengguna smarphone yang makin meningkat. Setiap seri yang dirilis biasanya dinamai sesuai urutan angka kelipatan 10, mungkin ini sudah tradisi perusahaan tersebut.

Mengapa Dinamai Snapdragon 888?

Pekan ini, Qualcomm resmi merilis chipset terbarunya bernama Snapdragon 888. Bagi penggemar teknologi, angka 888 tentu menjadi tanda tanya mengingat Qualcomm punya tradisi merilis seri chipset terbarunya dengan angka urut. Misalnya saja Snapdragon 835 kemudian 845, 855, hingga 865.

Pertanyaannya adalah mengapa seri lanjutan dari chipset Snapdragon 865 tidak 875? Tentu perusahan Qualcomm punya alasannya tersendiri.

Dalam sesi keynote Snapdragon Tech Summit pada hari pertama, SVP & GM of Mobile, Compute and Infrastructure, Qualcomm Technologies, Alan Katouzian, mengatakan bahwa pihaknya menggunakan angka tersebut karena ingin menawarkan beragam fitur premium.

Selama lebih dari satu dekade, nomor 8 selalu mewakili nama seluruh chipset kelas premium kami. Kini kami memakai Snapdragon 888 karena ingin memberikan nama yang premium,” kata Alan, Selasa (1/12/2020).

Walaupun begitu tidak ada kejelasan tentang maksud kesan premium yang menempel pada angka 8. Mungkin saja sebuah fitur baru atau peforma yang jauh lebih tinggi dari para pesaingnya.

Jika mengacu pada budaya China, angka 888 adalah simbol pembawa keberuntungan. Mengutip Kompas Tekno, angka 888 selain melambangkan keberuntungan juga sebagai simbol doa untuk generasi muda.

Anggka 888 bisa jadi sebuah harapan perusahaan Qualcomm untuk memberikan pengalaman baru bagi mitranya serta seluruh calon pengguna smartphone yang akan ditenagai chipset ini. Yang pasti kita akan tahu kualitas dan peforma maksimal chipset ini kedepannya.