50+ Pilihan Menu Sahur Yang Lezat, Sehat, dan Praktis

M Menu Sahur – Sahur adalah merupakan istilah dalam Islam yang merujuk kepada aktivitas makan yang dilakukan di waktu dini hari. Sahur merupakan awal pembuka dalam menjalani ibadah puasa dimana umat Islam harus menahan lapar dahaga seharian penuh. Artinya makan sahur tersebut sebagai pengganti makan 3x dalam sehari.

Menu Sahur, Makanan Sahur, Menu Masakan Sahur, Makanan Untuk Sahur, Makanan Sahur Yang Lezat, Menu Sahur Sehat, Menu Sahur Nikmat, Rekomendasi Masakan Sahur, Masakan Sahur Bergizi, Masakan Sahur Menggugah Selera, Menu Sahur Pilihan
Menu sahur yang nikmat dan bergizi
Sudah wajar jika waktu sahur nafsu makan kita sangat rendah, padahal waktu tersebut kita perlu mengonsumsi banyak makanan supaya dapat memenuhi energi seharian penuh. Makanan untuk sahur haruslah sesuatu yang nikmat dan bergizi. Jika anda sedang bingung memilih variasi menu sahur, simak beberapa rekomendasi berikut ini.

Daftar Menu Makanan Sahur

Supaya kita makan sahur lebih banyak, kita perlu lauk yang enak dan menggugah selera. Memang dari hasil penelitian menyebutkan bahwa ketika seseorang baru saja bangun tidur, nafsu makannya belum tumbuh walau ia lapar sekalipun. Tapi beberapa daftar menu makanan sahur ini mungkin membuat nafsu makan anda meningkat.

1. Soto Ayam

Soto ayam merupakan masakan ciri khas masyarakat Indonesia yang sering dijumpai dalam acara tertentu seperti syukuran, hajatan, reuni, dan masih banyak lagi. Menu ini sangat cocok untuk disantap ketika sahur, rasanya yang lezat tentu saja membuat nafsu makan kita meningkat.

2. Sop Buntut

Siapa yang tidak kenal dengan sop buntut, makanan yang punya cita rasa tinggi dan mengandung banyak gizi. Sop buntut hangat dapat anda jadikan menu sahur yang nikmat. Sop buntut selain mengenyangkan juga bermanfaat untuk mendukung aktivitas harian saat berpuasa.

3. Tumis Jamur Tiram

Membuat tumis jamur tiram cuku mudah, anda hanya perlu menyiapkan 2 bungkus jamur tiram, bawang bombai / bawang biasa, cabai sesuai selera, kemudian bumbu tiram / saus. Menu makanan ini cukup simpel untuk sahur, disamping itu jamur tiram mengandung segudang nutrisi yang baik untuk tubuh.

4. Sup Timlo

Mungkin agak asing di telinga anda, sup timlo atau sup kimlo merupakan menu masakan seperti kuah dengan isian berbagai macam sayur. didalam sup timlo terdapat kentang, seledri, brokoli, telur burung puyuh, potongan ayam, atau yang lainnya. Makanan satu ini sangat cocok disajikan waktu sahur karena dapat menggugah selera makan anda.

5. Udang Tepung Krispi

Udang juga bisa dijadikan olahan nikmat untuk sahur, salah satunya menu udang tepung krispi yang dapat anda jadikan pilihan lezat. Membuat udang tepung krispi sangatlah mudah, anda hanya perlu menyiapkan udang, tepung yang sudah diberi bumbu, dan butir telur untuk menempelkan tepung ke udang, selanjutnya tinggal digoreng.

6. Ayam Bakar Madu

Mendengar namanya saja sudah membuat kita membayangkan rasa nikmatnya. Ayam bakar yang satu ini berbeda dengan ayam bakar lain. Jika biasanya pemberi rasa pada ayam bakar adalah kecap manis, kali ini anda bisa menggunakan madu sebagai penggantinya.

7. Sayur Asem

Waktu sahur biasanya kita perlu masakan yang hangat dan mengenyangkan. Salah satunya adalah sayur asem yang didalamnya di isi berbagai macam sayur seperti jagung, kentang, buncis, brokoli, atau kol. Sayur asem cocok disajikan bersama ikan, tahu, atau tempe.

8. Sate Ayam

Tidak ingin repot memasak sendiri? Sate ayam bisa jadi pilihan tepat karena anda tidak perlu membuatnya. Di bulan ramadan banyak penjual makanan untuk sahur, salah satunya ada sate ayam. Menu yang satu ini memang tidak diragukan lagi untuk menggugah selera makan kita.

9. Nasi Pecel Bakso

Berikutnya ada menu makanan yang perlu anda coba untuk sahur. Nasi pecel ditambah dengan bakso memberikan rasa yang nikmat serta mengenyangkan. Membuatnya sendiri juga cukup mudah, anda hanya perlu menggoreng bakso kemudian dicampurkan dengan bumbu pecel.

10. Tempe Teriaki

Melihat namanya pasti anda sudah tahu kalau makanan ini berbau kuliner Jepang. Walaupun hanya berbahan dasar tempe, tapi masakan yang satu ini tidak bisa diragukan lagi rasanya. Jika anda ingin membuatnya sendiri, anda bisa mencari tutorial videonya di youtube.

11. Balado Ikan Kapas

Menu masakan ikan asing memang dapat meningkatkan nafsu makan kita, apalagi jika ikan asin tersebut diolah menjadi balado. Ikan asin kapas memiliki tekstur renyah, gurih, dan punya wangi khas ketika dimasak dengan bumbu balado, anda perlu mencoba ini dirumah.

12. Lele Penyet Sambal Ijo

Ikan lele punya cita rasa khas yang cukup enak, apalagi harganya yang terbilang murah. Nah anda harus mencoba menu masakan lele penyet sambal ijo yang identik dengan pedas. Biasanya orang Indonesia lebih suka masakan pedas, sehingga ini cocok buat sahur.

13. Ayam Kecap Manis

Olahan berbahan dasar ayam memang selalu terasa nikmat, salah satunya ayam bumbu kecap manis. Menu sahur satu ini boleh anda coba di rumah, terlebih bahan-bahan yang diperlukan juga cukup mudah seperti : ayam, kecap manis, bawang bombai, cabai, dan saus balado.

14. Cumi Tepung Krispi

Selain ayam, cumi juga jadi lauk yang enak dan disukai banyak orang. Masakan yang mudah dari cumi adalah cumi tepung krispi. Anda tinggal membumbui tepung dengan rempah, kemudian baluti cumi dengan telur untuk menempelkan tepung, terakhir tinggal di goreng.

15. Cumi Sambal Ijo

Sudah pernah mencoba cumi tepung krispi? Selanjutnya ada menu cumi lagi yang menggugah selera, yakni cumi bumbu sambal ijo. Makanan ini identik dengan rasa gurih pedas serta rasa khas cumi. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengganti bahan tumisan dengan sambal ijo.

16. Kentang Udang Balado

Memasak kentang ditambah dengan udang kemudian dibumbui balado ternyata begitu menggugah selera. Membuatnya seperti tumis kentang balado biasa, tapi ada tambahan udang yang membuat masakan ini lebih nikmat.

17. Tumis Bakso Dan Tahu

Masakan tumis memang sangat cocok disajikan waktu sahur, rasanya yang nikmat membuat nafsu makan meningkat. Anda bisa mencampurkan berbagai bahan untuk tumis ini mulai dari brokoli, buncis, bakso, tahu, hingga tempe didalamnya. Jangan lupa juga bumbu-bumbunya seperti bawang, lombok, saus tiram, atau bumbu balado.

18. Otak Otak Ikan

Bagi anda yang ingin masakan simpel, otak-otak ikan bisa jadi pilihan tepat. Anda hanya perlu membeli mentahnya kemudian tinggal digoreng menjelang waktu sahur. Untuk soal rasa jangan ditanya lagi, otak-otak ikan sangat cocok untuk menggugah selera.

19. Lobster Balado

Mendengar namanya saja membuat kita jadi lapar, lobster bumbu balado mungkin dapat anda jadikan variasi makanan sahur yang lezat. Hanya saja yang namanya lobster pasti agak sulit didapan dan harganya juga menguras kantong.

20. Ayam Goreng Tepung Krispi

Menu rekomendasi buat sahur berikutnya adalah ayam goreng tepung krispi. Masakan ini cukup praktis karena anda hanya perlu menyiapkan tepung yang sudah dibumbui + ayam. Masih mau simpel lagi? Anda bisa membeli tepung krispi siap saji khusus untuk ayam goreng.

Pilihan Menu Sahur Lainnya

  1. Nasi + ayam goreng
  2. Soto kudus
  3. Ayam goreng mentega
  4. Ayam geprek
  5. Orek tempe manis pedas
  6. Sayur bayam
  7. Nasi goreng telur
  8. Sop buah
  9. Balado telur
  10. Kikil Sapi
  11. Salad sayur
  12. Gulai ayam
  13. Rendang paham ayam
  14. Udang sabel penyet
  15. Jamur tiram sambal pedas
  16. Onseng kacang panjang
  17. Cumi saus tiram pedas
  18. Ikan nila goreng
  19. Ikan gurame bakar
  20. Asem-asem + daging
  21. Kerang ijo pedas
  22. Jengkol kalio
  23. Garang asem ayam
  24. Telur dadar saus manis
  25. Sup tulang kerbau
  26. Onseng telur puyuh + kangkung
  27. Jengkol sambel teri
  28. Gulai udang
  29. Ikan patin asem
  30. Nasi goreng + sosis
  31. Tahu teriyaki
  32. Bakso ayam kecap
  33. Abon ikan
  34. Perkedel kentang
  35. Kerang bumbu balado

Penutup

Nah itulah rekomendasi menu sahur yang lezat, sehat, bergizi, dan praktis. Mungkin artikel di atas dapat membantu anda memilih rekomendasi menu makanan untuk sahur selama 30 hari penuh. Nah jika anda punya saran lain, silahkan tulis di kolom komentar supaya yang lain juga tahu, terima kasih. Lihat juga : 40 menu minuman untuk berbuka puasa yang menyegarkan

Tinggalkan Balasan