40 Minuman Buka Puasa Yang Segar, Nikmat, dan Praktis

Minuman Buka Puasa, Minuman Berbuka, Takjil, Buka Puasa, Minuman Segar, Minuman Hangat, Minuman Manis, Minuman Jus, Es Kelapa Muda, Es Buah, Kolak Pisang, Es Dawet, Minuman Berbuka Nikmah, Minuman Buka Puasa Menyegarkan, Ramadan, Minuma Takjil,
Minuman untuk berbuka

Minuman Buka Puasa – Berbuka puasa adalah saat-saat yang selalu dinantikan setelah seharian menahan lapar dan haus. Biasanya yang pertama kali kita cari adalah minuman untuk berbuka puasa. Biasanya minuman berbuka identik dengan minuman es, bercampur buah, hangat, serta manis untuk mengembalikan energi yang hilang.

Jika tidak mau repot, kita akan dengan mudah menemukan penjual minuman apa saja di bulan Ramadhan. Tapi biasanya harga yang di patok lebih mahal dari pada hari-hari biasa. Pilihan lain memang membuatnya sendiri, tapi apakah kamu bingung mau membuat minuman berbuka yang segar dan lezat? Tenang, saya akan membagikan beberapa pilihan menu minuman yang dijamin enak.

Pilihan Minuman Berbuka Yang Nikmat

Ada dua cara menyajikan minuman berbuka puasa yakni dengan keadaan dingin atau hangat. Biasanya ketika cuaca sedang panas-panasnya, pilihan terbaik adalah minuman yang menyegarkan atau es. Tapi jika minum dingin terus pasti lama kelamaan bosan. Nah berikut ini ada beberapa rekomendasi menu minuman berbuka yang dapat dijadikan variasi satu bulan penuh.

1. Es Kelapa Muda

Es kelapa muda menjadi pilihan minuman berbuka yang simpel dan gak terlalu ribet buatnya. Anda tinggal mencampurkan air kelapa muda dengan es batu, boleh juga ditambah dengan sirup supaya kaya raya. Tapi jika anda lebih memilih beli saja, sebaiknya cari air kelapa muda yang murni atau tanpa campuran pemanis atau air yang terlalu banyak. Memang terkadang kita tidak tahu bahan apa yang dicampurkan dalam es kelapa yang dijual di pinggir jalan.

Minum es kelapa muda ketika berbuka dapat menghilangkan rasa haus dahaga seharian. Selain itu, air kelapa muda juga bermanfaat untuk mengembalikan cairan yang hilang, sebagai pembersih racun dalam tubuh, mengembalikan energi, serta baik untuk pencernaan.

2. Kolak Pisang Hangat

Kolak pisang adalah minuman favorit orang Indonesia dan memang seharusnya ada ketika waktu berbuka puasa. Kolak pisang juga sangat mudah dijumpai di pinggir jalan, namun ada rasa pasti ada harga juga. Jika anda mau mencoba membuatnya sendiri, sebaiknya gunakan santan murni (bukan santan siap saji).

Minuman kolak pisang hangat dijamin mampu menghilangkan rasa harus serta memberikan energi setelah berbuka puasa. Tapi jangan terlalu banyak minum kolak pisang, anda harus membatasinya supaya perut masih bisa menerima Nasi sebagai makanan pokok berbuka.

3. Es Dawet

Selain kolak, es dawet juga menjadi minuman yang sangat populer di Indonesia. Rasa yang menyegarkan dan nikmat membuatnya dijadikan pilihan terbaik untuk berbuka puasa. Jika anda mau membeli minuman ini sebagai menu buka puasa, sebaiknya hindari es dawet yang berbahan pemanis buatan.

Es dawer sangat cocok disajikan dingin karena dapat menyegarkan tenggorokan yang kering seharian. Selain itu, es dawet juga bagus untuk pencernaan dan mengembalikan energi yang hilang. Nah lebih baiknya jika anda membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang sudah terjamin aman.

4. Jus Kurma Susu

Berikutnya ada Jus kurma susu, mungkin anda belum pernah mencoba minuman ini. Membuatnya mudah, anda juga bisa melakukan kreasi sendiri sesuai kebutuhan. Bahan yang diperlukan hanyalah Air putih secukupnya, Susu bubuk / kental, juga daging Kurma yang sudah dipisahkan dari bijinya. Selanjutnya tinggal campurkan bahan tersebut menggunakan Mixer.

Jus kurma bisa disajikan hangat maupun dingin sesuai dengan selera. Manfaat minuman ini cukup banyak mulai dari mengembalikan energi tubuh, memenuhi kebutuhan kalsium, menghilangkan rasa haus, bagus untuk pencernaan, hingga memenuhi kebutuhan vitamin.

5. Jus Jambu Biji Merah

Jambu biji merah sangat bagus untuk dijadikan minuman berbuka puasa setelah melewati hari yang begitu panas. Jambu biji merah kaya akan vitamin, terutama kandungan vitamin c tinggi yang bagus untuk meningkatkan daya tahan serta meningkatkan semangat untuk melanjutkan aktivitas setelah berbuka.

Jika anda ingin membuatnya sendiri dirumah, anda hanya perlu 2 buah jambu biji merah untuk 4 porsi gelas. Tambahkan sedikit gula kemudian blender dengan menggunakan air dingin. Terakhir jangan buang ampasnya, sebab ampas tersebut kaya akan nutrisi dan mengandung serat tinggi.

6. Minuman Es Sop Buah

Es buah atau lebih dikenal sebagai sop buah menjadi salah satu menu minuman berbuka yang sangat digemari. Apalagi jika membuat sop buah sendiri, kita bisa mencampurkan berbagai buah segar yang nikmat seperti mangga, melon, nanas, semangka, buah naga, hingga anggur.

Sop buah biasanya dibuat dengan campuran krim atau susu yang ditambah dengan air dingin. Disamping itu, anda juga bisa memakai sirup untuk mengganti susu, itu pun rasanya tetap nikmat dan menyegarkan tenggorokan.

7. Wedang Ronde Hangat

Minuman yang terkenal nikmat ketika musim hujan, wedang rondek bisa jadi pilihan tepat saat berbuka puasa. Minuman ini begitu khas bagi masyarakat Jawa, utamanya di Jogyakarta. Minuman ini identik dengan rasa jahe hangat serta beberapa campuran rempah didalamnya.

Dibeberapa daerah, wedang rondek disajikan dengan tambahan menarik seperti kacang tanah, roti tawar, kolang-kaling, hingga sagu mutiara. Jika anda tidak bisa membuatnya sendiri, sebaiknya jangan khawatir karena wedang ronde akan sangat mudah dijumpai saat ramadan.

8. Es Sirup Dan Blewah

Ingin membuat minuman berbuka puasa yang simpel, murah, dan gak perlu ribet? Mungkin anda bisa buat sendiri es sirup blewah. Caranya tinggal iris kecil-kecil blewah atau kerut tipis-tipis, selanjutnya campurkan es dan sirup sesuai selera. Es blewah tentunya menyegarkan dan mengandung banyak nutrisi.

9. Es Rumput Laut

Rumput laut bisa dijadikan berbagai macam olahan seperti manisan, agar-agar, atau sekedar dibuat penambah minuman dingin. Membuat es rumput laut juga terbilang mudah, anda hanya perlu menyiapkan rumput laut, es batu, air, kemudian tambahkan sirup. Es ruput laut juga bisa divariasikan dengan susu atau minuman madu.

10. Es Lidah Buaya

Kebanyakan dari anda tentu asing dengan minuman es lidah buaya, bahkan ada yang beranggapan lidah buaya itu tidak bisa dikonsumsi. Perlu anda ketahui, setelah melalui pengolahan, daging lidah buaya bisa dijadikan minuman es yang menyegarkan. Teksturnya yang lembut seperti agar-agar membuatnya terasa nikmat di mulut.

Es lidah buaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, kandungan nutrisinya dapat menggantikan cairan tubuh, bagus untuk pencernaan, hingga menghilangkan dahaga. Disamping itu, anda juga bisa menambahkan biji selasih untuk memperoleh khasiat yang lebih banyak.

11. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau menjadi menu berbuka puasa yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Rasa khas manis plus kacang hijaunya membuat lidah ingin nagih. Biasanya bubur kacang hijau mudah dijumpai di pinggir jalan. Jadi kamu tak perlu repot-repot membuatnya sendiri, tapi kadang harganya lebih mahal dari hari selain ramadan.

12. Jus Buah Naga

Buah naga memang lebih cocok dibuat jus dari pada dimakan langsung. Jus buah naga bagus untuk berbuka puasa karena dapat memenuhi vitamin dalam tubuh. Disamping itu, kandungan serat yang tinggi didalamnya bagus untuk pencernaan dan mengatasi susah bab. Satu buah naga sudah cukup untuk dibuat menjadi 4 porsi gelas.

13. Jus Mangga

Buah mangga kaya akan vitamin serta bagus untuk menghilangkan rasa haus setelah seharian puasa. Minuman ini bisa anda jadikan variasi jus buah ketika cuaca sedang panas-panasnya. Anda perlu 1 buah mangga besar atau 2 buah mangga kecil untuk dibuat menjadi 4 porsi gelas.

14. Es Pisang Ijo

Minuman buka puasa yang satu ini sangat khas bagi masyarakat Indonesia, es pisang ijo sebenarnya berasal dari Sulawesi Selatan. Minuman ini punya rasa yang nikmat serta mengenyangkan. Tapi meminum es pisang hijau sebaiknya jangan terlalu banyak supaya perut masih muat untuk makan nasi saat berbuka puasa.

15. Sirup + Cincau

Walaupun murah, es sirup dengan cincau hitam juga jadi pilihan minuman berbuka puasa yang simpel dan low budget. Harga cincau sendiri mulai dari 2000 rupiah, itu pun sudah cukup untuk berbuka puasa 4 orang+. Kemu juga bisa membelinya di pinggir jalan, tapi harganya sedikit lebih mahal dari buat sendiri.

16. Jus Jambu Biji Merah + Buah Naga

Mungkin anda belum pernah merasakan enaknya jambu biji merah + buah naga ketika di buat jus. Minuman ini tentu kaya nutrisi serta serat yang baik untuk berbuka puasa. Mencampur jambu biji merah dengan buah naga menghasilkan warna cerah yang unik.

17. Jus Wortel + Susu

Kamu pasti belum pernah atau jarang menikmati jus wortel yang dicampur dengan susu. Jika belum pernah, silahkan coba karena kamu akan ketagihan oleh rasanya. Wortel mengandung banyak vitamin, terutama vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata, sedangkan susu kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang hingga mencegah tulang keropos.

18. Es Nata De Coco

Waktu buka puasa biasanya kita lebih memilih minuman segar dengan rasa unik. Nah, minuman es yang dicampur dengan nata de coco boleh anda coba. Anda hanya perlu membeli nata de coco yang sudah siap saji, kemudian campurkan dengan es sirup.

19. Es Tape Ketan Hitam

Berikutnya ada minuman berbuka yang mungkin belum pernah anda coba sebelumnya, namanya Es tape ketan hitam. Bahan utamanya adalah tape ketan hitam yang dibuat dari ketan yang sudah melalui proses fermentasi. Sebagai pelengkap, anda juga bisa menambahkan es krim didalamnya untuk memperkaya rasa.

20. Es Teh

Minuman Buka Puasa, Minuman Berbuka, Takjil, Buka Puasa, Minuman Segar, Minuman Hangat, Minuman Manis, Minuman Jus, Es Kelapa Muda, Es Buah, Kolak Pisang, Es Dawet, Minuman Berbuka Nikmah, Minuman Buka Puasa Menyegarkan, Ramadan, Minuma Takjil,

Jika anda merasa malas membuat minuman berbuka yang spesial atau malas beli di pinggir jalan, anda tinggal menyajikan es teh sebagai minuman berbuka. Itu sudah sangat cukup karena es teh manis dapat mengembalikan energi yang hilang seharian juga menghilangkan haus-dahaga.

Pilihan Minuman Lain

  • Cokelat panas
  • Teh + jahe
  • Wedang uwuh
  • Bajigur
  • Susu kedelai hangat
  • Jus buah delima
  • Teh hijau hangat
  • Jus melon
  • Jus jambu putih
  • Susu + almond + kurma
  • Wedang jahe bakar
  • Sop buah + susu
  • Jus jeruk segar
  • Jus susu + oreo
  • Wedang rempah
  • Jus susu + alpukat
  • Es cincau hijau
  • Kurma smoothie
  • Jus buah naga + susu
  • Wedang susu + roti tawar

Nah itulah informasi seputar minuman buka puasa yang menyegarkan, nikmat, dan tentunya dapat anda jadikan pilihan selama 30 hari menjalankan puasa. Jika anda punya saran atau rekomendasi minuman lain, silahkan tulis di kolom komentar di bawah, sekian dan semoga bermanfaat.

Baca juga : Artinya sugeng riyadi dan sugeng riyaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here