Moving Class Adalah – Tujuan, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan

Moving Class Adalah

Sekolah merupakan tempat memberi pendidikan berupa wawasan serta karakter kepada peserta didik. Tujuan utama sekolah adalah menjadikan peserta didik memiliki budi pekerti yang baik, cerdas dalam pengetahuan, serta memiliki akhlak mulia.

Untuk mencapai tujuan tersebut, sekolah-sekolah mengikuti metode tertentu yang optimal serta berdampak baik bagi peserta didiknya. Metode belajar tentu bisa berubah dan mengikuti perkembangan zaman, salah satunya adalah metode moving class yang telah dipakai di beberapa sekolah di Indonesia.

Pengertian Moving Class

Moving class adalah sistem pembelajaran dengan bergerak atau berpindah-pindah kelas sesuai dengan mata pelajaran tertentu. Sederhananya, guru tidak lagi mendatangi siswa di kelas mereka, namun siswa yang mendatangi guru di kelas tertentu sesuai mata pelajaran yang diampu oleh guru.

Pada sistem moving class ini, guru mata pelajaran tertentu telah siap mengajar di ruang kelas yang telah diatur oleh pihak sekolah. Selanjutnya setelah jam mata pelajaran dimulai, para siswa akan datang ke kelas tersebut dengan sendirinya.

Sistem belajar moving class ini menuntut siswa untuk memiliki kesadaran akan tanggung jawab, aktif dalam kegiatan belajar, serta menjadi kreatif.

Alasan Menggunakan Metode Moving Class

Metode moving class ini memang baru digunakan di beberapa sekolah saja di Indonesia. Penyebabnya karena pengaturan yang cukup rumit serta adaptasi guru dan murid tentang metode yang baru.

Nah, di luar dari itu semua, sekolah-sekolah yang telah menerapkan metode ini memiliki beberapa alasan tertentu, salah satunya mencari kesegaran baru dalam sistem pembelajaran untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal dari metode lama.

Selain itu, sekolah yang menerapkan sistem ini juga telah memiliki segala aspek yang dibutuhkan, misalnya fasilitas dan sarana yang lengkap untuk kelas tertentu, adaptasi warga sekolah yang baik, serta pengaturan sistem pembelajaran yang rapi.

Tujuan Moving Class

1. Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Metode lama dalam pembelajaran mungkin membuat siswa jenuh dan bosan dengan pengajaran yang monoton. Oleh sebab itu, moving class merupakan metode yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan sistem yang unik dan segar.

2. Memudahkan dalam Pemanfaatan Fasilitas, Ruang, dan Sarana Sekolah

Contohnya ketika pelajaran Biologi, ada banyak peralatan LAB yang harus siap di kelas. Dengan moving class, fasilitas dan alat-alat tersebut akan tetap ada di kelas tertentu beserta dengan guru Biologi di dalamnya. Siswa hanya perlu datang dan siap belajar dengan sarana serta fasilitas yang ada.

3. Mendorong Siswa untuk Aktif dan Bertanggung Jawab

Moving Class mendorong siswanya untuk selalu ingat dengan mata pelajaran dan kelas-kelas tertentu sesuai jadwal. Oleh karena itu, sistem pembelajaran seperti ini menjadikan siswa lebih aktif serta bertanggung jawab atas dirinya sendiri.

Manfaat Moving Class

  1. Moving class membuat suasana belajar menjadi lebih segar dan tidak membosankan dengan berpindah-pindah kelas setiap jam pelajaran baru.
  2. Moving class mengajarkan siswa untuk bertanggung jawab, disiplin, dan aktif belajar.
  3. Interaksi antara guru dengan siswa menjadi lebih maksimal, sehingga tercipta kerja sama yang sinergis dalam kegiatan belajar mengajar.
  4. Meningkatkan efektivitas belajar dan efisiensi waktu.
  5. Fasilitas dan sarana yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran materi tertentu tidak perlu dipindah-pindahkan.

Kelebihan Moving Class

  1. Perpindahan kelas setiap jam pembelajaran dapat memberi suasana yang baru serta tidak membosankan bagi siswa.
  2. Efisiensi ruang serta fasilitas sekolah lebih maksimal.
  3. Mengajarkan siswa untuk aktif dan disiplin mengikuti kegiatan pembelajaran.

Kekurangan Moving Class

  1. Terjadi kesulitan ketika ada perubahan jam jadwal mata pelajaran.
  2. Ada potensi siswa untuk meninggalkan kelas dan mencari-cari alasan.
  3. Siswa berlu berpindah-pindah kelas beberapa kali dalam sehari.

Penutup

Sekian pembahasan kali ini tentang apa itu moving class, tujuan, manfaat, kelebihan, serta kekurangannya. Setiap metode pembelajaran memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, terlebih untuk metode baru yang butuh penyesuaian serta pengaturan yang rumit.

Artikel Terkait