Peluang Usaha Roti Bakar Modal Kecil Paling Menguntungkan

Peluang Usaha Roti Bakar
Roti bakar nikmat

Peluang Usaha Roti Bakar – Kadang orang berpikir, apasih untungnya buka usaha sendiri ? padahal kan lebih susah, mengapa tidak mau jadi pegawai. Nah, pendapat tersebut merupakan kata-kata putus asa dari seseorang yang tidak ingin lebih sukses. Sebenarnya punya usaha sendiri walaupun sederhana merupakan salah satu kebahagiaan, sebab jika punya usaha sendiri bisa mengajarkan jika bagaimana mengatur, menghitung, dan mencari peluang sukses sebesar-besarnya. Memang seorang pengusaha yang sukses bertolak dari kata ingin jadi pegawai, sebab seorang pegawai atau bawahan pastinya penghasilannya rata-rata atau tidak mensukseskan.

Saya ambil satu contoh usaha / bisnis kecil kecilan yang lumayan menguntungkan yakni usaha roti bakar. Kebutuhan roti bakar memang cenderung setabil meningkat, artinya tahun 2018 ini, peluang usaha roti bakar meningkat dari tahun sebelumnya. Roti bakar sendiri punya peminat yang tak kunjung surut mengingat cita rasanya yang gurih. Bisa jadi keuntungan melakukan usaha roti bakar hingga puluhan juta jika sudah sukses dan punya toko besar. Namun, sebelum itu memang diperlukan perjuangan mandiri mulai dari jualan dipinggir jalan pakai gerobak. Jangan dikira bisnis ini tidak menguntungkan, ternyata walaupun hanya jualan pinggir jalan, keuntungan tiap bulan rata-rata 2 juta, namun jika lebih inovatif beda lagi keuntungannya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan beberapa informasi mengenai bagaimana cara menjual roti bakar agar untung besar, dan bagaimana analisis perhitungannya. Mungkin anda bisa menyiapkan modal awal, tidak terlalu besar untuk modal awal. Hanya saja yang perlu anda ketahui ialah bagaimana membuat roti bakar yang enak. Mungkin anda bisa belajar dari rumah produksi, belajar dari video, cari resep roti bakar dan lain sebagainya. Mari simak perhitungan modal dan keuntungannya terlebih dahulu.

Analisa Usaha Roti Bakar

Yang menjadi pokok utama pembahasan artikel kali ini ialah bagaimana menyiapkan permodalan untuk membuka usaha ini. Tapi, jangan dibilang jika usaha roti bakar ini kalah untuk dengan menjadi pegawai, anda salah bahwasannya membuka usaha ini keuntungannya bisa meningkat bukan rata-rata. Nah, siapkan awal terlebih dahulu untuk mengembangkan usaha ini kedepannya. Simak perhitungan modal berikut ini yang mungkin perlu diketahui.

Modal Awal

  • Gerobak dorong 1.600.000
  • Alat memasak roti / wajan 200.000
  • Toples atau wadah selai 25.000
  • Kompor gas kecil 250.000
  • Gau 15.000
  • Solet besar dengan jumlah 5 biji 25.000
  • Solet kecil dengan jumlah 5 biji 20.000
  • Pisau memasak 5.000
  • Parutan keju 10.000
  • Buat banner brand 125.000
  • Keperluan lainnya 30.000
  • Total Modal Awal : 2.305.000

Pengeluaran Tiap Bulan

  • Selai nanas 5 kg 40.000
  • Selai strawberry 40.000
  • cokelat 60.000
  • Mentega 50.000
  • Kacang untuk isian 3 kg 40.000
  • Seres 5 kg 60.000
  • Susu kental 50 kaleng 260.000
  • Keju 10 buah 140.000
  • Plastik bungkus 15.000
  • Kertas minyak 20.000
  • Roti 650 biji 1.300.000
  • Gas 125.000
  • Total Biaya Satu Bulan 2.150.000

Perhitungan Keuntungan

Biasanya penjualan roti bakar yang dimulai sejak jam 3 sore sampai jam 10 malam akan terjual 10-20 buah roti bakar. Atau jika anda lebih rajin mulai dari pagi, mungkin bisa terjual 30 buah keatas. Nah, saya ambil misal satu hari anda menjual 20 buah roti bakar. Untuk harganya di desa 8.000 sedangkan di kota bisa 10.000 lebih. Saya ambil misal penjualan di desa dengan 20×30 hari x 8.000 rupiah, jadi setiap bulan bisa untung 4.800.000 dikurang modal tiap bulan 2.150.000. Maka untung bersih anda adalah 2.650.000. Itulah sebabnya usaha ini menguntungkan dan melebihi gaji seorang karyawan.

Apa Kerugiannya ?

Dalam kerugian saya bilang tidak terlalu banyak, sebab untuk stock seperti roti, anda bisa membeli setiap 3 hari sekali atau 2 hari sekali untuk menghindari jamuran dan roti terbuang sia-sia. Untuk bahan yang lainnya pasti awet seperti selai dan susu kaleng. Nah, sebab itulah kerugian tidak banyak dengan mesan roti pass untuk 2 hari penjualan dan sisanya bisa dijual kembali pada hari kedua. Intinya anda jangan memesan sebulan sekali karena bisa membuat roti lama disimpan dan jamuran.

Bagaimana Meraih Keuntungan Maksimal

Berbagai cara bisa anda lakukan untuk mendapat keuntungan maksimal. Perhitungan untung 2.650.000 tersebut saya hitung dalam presentase biasa. Nah, jika ingin untung lebih besar lagi maka anda perlu memperhatikan faktor yang bisa meningkatkan jumlah penjualan

1. Lokasi

Dalam lokasi sangat penting jika memang anda menarget penjualan yang lebih cepat laku. Lokasi yang perlu anda pilih adalah ditempat yang ramai, sering dilewati orang, belum ada pesaing, dekat jalan raya, terbilang strategis dan mendatangkan pelanggan. Selain itu, anda juga perlu berpindah lokasi jika dirasa lokasi tersebut tidak untung maksimal.

2. Inovasi

Dalam meraih minat konsumen, yang paling utama ialah bagaimana membuat roti bakar tersebut menarik dan mendatangkan banyak pengunjung. Mungkin anda bisa mengatur atau membuat roti bakar yang beda dengan biasanya seperti bentuknya, isinya yang baru, ataupun tampilannya. Yang paling penting ialah cita rasa yang enak dan juga punya inovasi yang menarik minat. Anda bisa browsing ide roti bakar langsung untuk mengetahui mana yang menarik konsumen.

3. Kualitas Dan Pelayanan

Terakhir tak lupa untuk kualitas roti bakar perlu anda perthatikan, jangan sampai rotinya jamuran, terlalu gosong, kurang isi, dan rusak. Sebab dengan kualitas yang buruk, bukannya pelanggan datang kembali namun tidak akan datang lagi. Selain itu, pelayanan yang ramah juga diperlukan dengan tujuan agar anda mendapat pelanggan tetap dan orang lebih berminat membeli roti bakar anda.

Terakhir Kembangkan

Seperti perhitungan tadi, bahwa keuntungan bersih 2 juta lebih. Keuntungan tersebut bisa anda sisihkan separuh untuk persiapan mengembangkan usaha anda. Jika sudah terkumpul cukup banyak, maka anda bisa mendirikan toko sendiri atau tempat makan roti bakar sendiri yang strategis. Jika sudah begitu maka keuntungan bisa mencapai puluhan juta apabila anda menang branding. Sebab itu inovasi untuk roti bakar sangat perlu seperti roti bakar khas jawa, roti bakar moderen, roti bakar unique.

Lihat juga : Peluang usaha susu kedelai menjanjikan

Nah, itulah mengenai bagaimana peritungan peluang usaha roti bakar yang patut dicoba. Bisnis tersebut bukannya sulit, hanya saja diperlukan penjuangan awal terlebih dahulu, artinya anda perlu kerja keras untuk branding dan berlatih membuat roti bakar lezat. Jika anda memang berminat membuat usaha sendiri, silahkan saja perhitungkan lokasi dan pastikan modal anda sudah cukup. Oke, sekian saja yang dapat saya sampaikan mengenai peluang dan analisis usaha roti bakar.

Tinggalkan Balasan