Pengertian Akulturasi, Proses, Bentuk, Dampak, dan Contohnya

Pengertian Akulturasi
Akulturasi budaya

Pengertian Akulturasi – Membahas soal akulturasi, kita perlu ambil satu contoh mudahnya yakni Masjid Menara Kudus. Masjid yang satu ini merupakan wujud akulturasi budaya Islam dan Hindu di Jawa. Masjid menara kudus memiliki khas bangunan Islam yang dipadukan dengan gaya Hindu.

Hasil akulturasi masjid menara kudus ini diciptakan dengan tujuan untuk membuat masyarakat luas yang awalnya beragama Hindu untuk tertarik dengan Islam. Dapat dilihat campuran kedua budaya antara Islam dengan Hidup dalam Masjid ini, contohnya pada bagian gapura, tiang masjid, hingga atapnya.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang Akulturasi secara lengkap mulai dari pengertian, faktor, bentuk, dampak, hingga contohnya. Simak saja ulasan berikut ini dengan teliti.

Pengertian Akulturasi Secara Umum

Akulturasi merupakan istilah yang berasal dari bahasa latin “Acculturate” yang artinya tumbuh dan berkembang.

Secara umum, pengertian akulturasi adalah suatu proses sosial dalam masyarakat yang muncul saat terjadi sebuah interaksi atau penyatuan dua budaya yang berbeda menjadi budaya baru tanpa menghilangkan unsur budaya lama.

Sedangkan pengertian lain dikutip dari wikipedia menyebut; Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia atau kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan lain. Kebudayaan asing tersebut lambat laun mulai diterima dan diolah kedalam kebudayaan sendiri tanpa menghilangkan unsur kebudayaan yang lama.

Jadi poin pentingnya akulturasi adalah proses sosial yang terjadi antara dua budaya yang berbeda sehingga membentuk budaya baru tanpa menghilangkan unsur budaya asli.

Pengertian Akulturasi Menurut Para Ahli

Untuk memperluas pemahaman tentang akulturasi, hal ini dijelaskan dalam berbagai macam definisi yang berdasarkan pada pendapat para ahli.

1. John W.Berry

Pengertian akulturasi adalah suatu proses perubahan budaya dan psikologis yang dapat terjadi sebagai akibat dari kontak antara dua kelompok atau lebih dan anggota masing-masing kelompok.

2. Muhammad Hasyim

Menurut definisi dari Muhammad Hasyim, akulturasi merupakan perpaduan dua budaya yang berbeda dalam kehidupan yang harmonis dan damai.

3. Soejono Soekanto

Definisi akulturasi adalah proses sosial yang timbul apabila suatu kelompok masyarakat dengan suatu kebudayaan dihadapkan dengan unsur-unsur kebudayaan asing, dimana keduanya lambat laun kedalam kebudayaan asli dengan tidak menghilangkan unsur kebudayaan lama.

4. Koentjaraningrat

Akulturasi adalah suatu proses sosial masuknya kebudayaan asing dalam kebudayaan lama yang secara perlahan dapat diterima tanpa menghilangkan unsur yang ada pada kebudayaan lama.

5. Dwi Hayudiarto

Pengertian dari akulturasi adalah proses sosial yang terjadi ketika sekelompok orang dengan budaya asli dihadapkan dengan unsur budaya asing sehingga unsur budaya asing tersebut diterima secara bertahap tanpa menghilangkan unsur budaya asli.

6. Suyono

Definisi akulturasi adalah perpaduan antara dua atau lebih kebudayaan yang saling bertemu dan menerima hingga menciptakan satu kepaduan budaya baru.

7. Nardy

Pengertian dari akulturasi adalah proses sosial yang dihadapi oleh suatu kelompok manusia pada saat masuknya budaya asing. Namun seiring berjalannya waktu, budaya asing tersebut dapat diterima dalam kebudayaan asli.

8. Arnold M.Rose

Akulturasi merupakan sebuah proses adopsi oleh orang atau kelompok budaya lain pada budaya asli sehingga keduanya menyatu tanpa menghilangkan unsur kebudayaan keduanya.

9. Lauer

Pengertian akulturasi adalah pembentukan pola gres dari hasil penyatuan dua budaya yang disebabkan adanya kesamaan atau dominasi budaya tersebut yang mengarah ke masing-masing budaya dan tetap mempertahankan nilai keasliannya.

10. Murdock

Akulturasi merupakan modifikasi secara adaptif dari berbagai macam elemen maupun unsur budaya yang diakibatkan dari sebuah proses interaksi antar kelompok yang membawa kebudayaan dengan tingkat persamaan unsur.

11. Akulturasi Dalam KBBI

Dikutip dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Akulturasi adalah adanya penyerapan suatu budaya dari kelompok lainnya yang saling berinteraksi.

Faktor Penyebab Akulturasi

Akulturasi dapat tercipta dalam sebuah lingkungan masyarakat yang disebabkan oleh beberapa faktor tertentu. Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya akulturasi.

1. Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor yang menyebabkan terjadinya akulturasi yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri. Diantara faktor dari dalam penyebab akulturasi sebagai berikut.

  • Jumlah penduduk yang terus bertambah atau berkurang yang disebabkan oleh tingkat kelahiran, kematian, atau imigrasi.
  • Adanya penemuan-penemuan baru dalam berbagai bidang yang mempengaruhi kehidupan masyarakat secara luas.
  • Adanya proses penyempurnaan atau inovasi dalam penemuan-penemuan baru sehingga dapat menambah atau mengganti sesuatu yang ada dalam kehidupan masyarakat.
  • Adanya sebuah konflik dalam masyarakat, baik antar individu ataupun kelompok.
  • Terjadinya pemberontakan atau revolusi dalam suatu negara.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang menyebabkan terbentuknya akulturasi yang bersumber dari luar masyarakat. Diantara faktor eksternal penyebab akulturasi sebagai berikut.

  • Pengaruh budaya asing melalui proses penyebaran budaya atau difusi.
  • Terjadinya sebuah peperangan atau konflik internasional antara dua negara atau lebih.
  • Adanya perubahan alam yang meliputi iklim, cuaca, dan fenomena alam lainnya.

Proses Terjadinya Akulturasi

Terciptanya sebuah akulturasi dapat dimulai dari kontak budaya yang memiliki bentuk beragam, diantaranya sebagai berikut.

  1. Kontak budaya yang terjadi pada seluruh lapisan masyarakat, sebagian, atau bahkan antar individu dalam dua masyarakat yang berbeda.
  2. Kontak budaya yang terjadi ketika adanya persahabatan atau permusuhan dalam lapisan masyarakat.
  3. Kontak budaya yang terjadi antar kelompok warga yang jumlah penduduknya sedikit dengan yang banyak.
  4. Kontak budaya dari unsur budaya fisik, sistem sosial, maupun sistem budaya.
  5. Kontak budaya dari suatu kelompok yang menguasai atau dikuasai dalam suatu lapisan unsur budaya, baik dalam bidang keagamaan, kesenian, ekonomi, bahasa, teknologi, maupun ilmu pengetahuan.

Dampak Akulturasi

Akulturasi dapat memberikan dampak positif yang begitu besar bagi masyarakat luas mulai dari aspek ilmu pengetahuan, teknologi, hingga hubungan sosial. Berikut ini beberapa dampak dari proses akulturasi secara umum.

1. Merubah Cara Pandang

Akulturasi antara dua budaya yang berbeda dapat mendorong perubahan cara pandang seseorang dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dapat dijumpai dalam interaksi sosial yang terjadi dari dua kebudayaan berbeda namun keduanya dapat menyatu dan saling menerima.

2. Pengetahuan

Akulturasi memberikan dampak besar dalam menambah pengetahuan serta wawasan lebih untuk orang-orang secara luas. Misalnya dalam hal teknologi, kini semua orang dapat merasakan kemajuan teknologi seperti smartphone hingga internet.

3. Menciptakan Kehidupan Sosial Yang Lebih Baik

Dalam proses akulturasi, ada aspek interaksi sosial yang memberikan dampak baik bagi kondisi masyarakat. Ini dapat meliputi perubahan mental, psikologi, sifat, perilaku, hingga karakter tiap orang.

4. Pengaruh Dalam Pergaulan

Akulturasi memberikan pengaruh yang baik dalam pergaulan remaja dan masyarakat luas. Dengan adanya akulturasi tercipta rasa saling menghargai dan menerima sehingga pergaulan yang terbentuk mengarah pada hal-hal yang baik.

Bentuk Akulturasi

Akulturasi juga dibagi dalam beberapa bentuk yang sering terjadi dalam kehidupan masyarakat. Berikut ini beberapa bentuk akulturasi secara lengkap.

1. Substitusi

Substitusi adalah suatu proses penggantian unsur budaya yang lama diganti dengan unsur budaya yang baru dengan memberikan nilai tambah bagi penggunanya.

2. Sinkretisme

Sinkretisme merupakan proses terbentuknya suatu sistem baru yang disebabkan adanya perpaduan unsur budaya lama dengan unsur budaya yang baru.

3. Addition

Addition atau penambahan merupakan proses kombinasi antara dua atau lebih unsur budaya sehingga memberikan nilai tambah pada unsur tersebut.

4. Deculturation

Deculturation atau penggantian adalah proses mengganti unsur budaya lama dengan budaya yang baru.

5. Originasi

Originasi adalah proses masuknya budaya baru yang memberikan perubahan besar dan masif dalam suatu ruang lingkup masyarakat di wilayah tertentu.

6. Rejection

Rejection atau penolakan merupakan proses penolakan budaya yang baru karena dianggap memberi dampak negatif bagi masyarakat. Bisa juga karena belum siap atau tidak ada persetujuan dengan pembauran budaya baru tersebut.

Contoh Akulturasi

Setelah membahas pengertian, faktor, dampak, serta bentuk-bentuknya, kita perlu mengetahui beberapa hasil dari proses akulturasi, berikut contohnya.

1. Seni Bangunan – Contohnya para Masjid Menara Kudus yang memiliki gaya bangunan perpaduan antara Islam dengan Hindu.

2. Seni Sastra – Contohnya akulturasi dalam penulisan huruf arab menjadi tulisan arab gundul atau arab melayu.

3. Seni Rupa – Dapat dilihat pada candi Borobudur yang reliefnya menggambarkan perahu candik, merpati, dan rumah panggung yang merupakan karya seni rupa asli Indonesia.

4. Busana – Contohnya seperti gaun pengantin dan baju kebaya yang merupakan hasil perpaduan berbagai kebudayaan.

5. Adat Kebiasaan – Misalnya akulturasi antara Tionghoa dengan Islam yang mencerminkan ketulusan hati dan rasa ikhlas saling membantu.

6. Sistem Pemerintahan – Misalnya pengaruh dari kebudayaan Hindu dan Budha dimana sang kepala pemerintahan adalah seorang raja.

7. Seni Tari – Contohnya interaksi antara masyarakat Betawi dengan orang China sehingga tercipta tari cokek, tari lenong, dan lainnya.

8. Kalender – Sebelum datangnya Islam di Indonesia, masyarakat sudah mengenal sistem penanggalan kalender saka atau kalender hindu tahun 78 Masehi.

9. Budaya Asing – Contohnya kita mengenal adanya angpaw (Tiongkok), hallowen (Eropa), valentine, dan lain sebagainya.

Nah itulah sedikit pembahasan tentang pengertian akulturasi, bentuk-bentuk, dampak, hingga contohnya. Jadi kesimpulannya akulturasi adalah suatu proses sosial yang memunculkan interaksi atau penyatuan antara dua budaya atau lebih, sekian.

Tinggalkan Balasan