Pengertian Gateway dan Fungsinya dalam Jaringan Komputer

Pengertian Gateway

Pengertian Gateway | Bagi Anda yang sedang belajar tentang Komputer Jaringan, pastinya sering mendengar istilah kata Gateway. Memang ini adalah sebuah hal sederhana yang harus Anda pahami karena Gateway ada kaitannya dengan jaringan komputer yang mendasar.

Gateway merupakan sebuah perangkat penting yang ada dalam satu jaringan komputer untuk menghubungkan komputer jaringan. Dengan menggunakan Gateway, beberapa jaringan komputer dapat terhubung menjadi satu sehingga tercipta sebuah jaringan yang luas dan efisien. Hal ini akan mempermudah dalam akses informasi, pengaturan data, hingga stabilitas peforma komputasi.

Nah mungkin penjelasan awal ini belum cukup membuka pandangan Anda tentang apa itu Gateway. Lebih lengkapnya simak dengan teliti penjelasan Gateway berikut ini serta fungsi dari gateway itu sendiri.

Pengertian Gateway Dan Asal Kata Gateway

Pengertian Gateway
Ilustrasi Gateway

Pertama, Gateway adalah kata yang berasal dari gabungan dua kata diksi bahasa Inggris, yaitu : Gate dan Way. Gate berarti Gerbang atau Pagar Pembatas dan Way berarti Jalan. Jadi gateway dasarnya mengandung arti gerbang pembuka jalan atau katakanlah jalan antar gerbang.

Pengertian Gateway dalam jaringan komputer adalah sebuah perangkat yang digunakan sebagai media penghubung satu jaringan komputer dengan jaringan komputer lain yang menggunakan sistem protokol berbeda sehingga setiap jaringan dapat saling mengakses informasi dengan mudah dan cepat.

Gateway sendiri tidak hanya sebagai media yang menghubungkan 2 jaringan komputer saja, namun gateway lebih sering dipakai untuk menghubungkan jaringan yang sangat luas sehingga ada banyak komputer yang saling terkoneksi satu sama lain.

Istilah gateway juga dapat diartikan sebagai jembatan penghubung antara Hardware dan Software pada jaringan komputer yang keduanya memiliki sistem protokol yang berbeda atau keduanya tidak kompatibel. Jadi, gateway dapat menghubungkan jaringan dengan sistem yang berbeda sehingga dapat saling mengakses data antara komputer satu dengan lainnya.

Intinya gateway adalah sebuah perangkat penghubung antar jaringan komputer yang berbeda dalam jangkauan atau skala yang luas untuk tujuan tertentu seperti akses informasi, stabilitas komputasi, dan lain sebagainya.

Fungsi Gateway Dalam Jaringan Komputer

Pengertian Gateway
Fungsi Gateway

Setelah kita membahas pengertian gateway, selanjutnya adalah apa fungsi Gateway secara lengkap? Gateway sendiri merupakan perangkat dalam komputer yang gunanya untuk mengoneksi sebuah jaringan komputer terhadap jaringan komputer yang lain.

Mungkin banyak yang menyamakan gateway dengan router, nah sebenarnya keduanya itu berbeda baik dalam definisi maupun fungsinya. Router adalah semacam perangkat yang gunanya untuk menangkap dan memancarkan koneksi internet, sedangkan gateway untuk menciptakan koneksi antar perangkat komputer. Berikut ini fungsi gateway lebih lengkap satu-persatu.

1. Protocol Converting

Gateway berfungsi sebagai protocol converting, yaitu sebagai penghubung beberapa jaringan komputer dengan sistem protokol yang berbeda-beda. Gateway ini akan mengkonversi setiap protokol jaringan yang berbeda sehingga jaringan tersebut dapat saling terhubung.

2. Mempermudah Akses Informasi

Fungsi paling penting dari gateway adalah mempermudah akses informasi. Gateway berperan dalam mempermudah akses informasi pada jaringan komputer dengan sistem protokol yang berbeda yang pada dasarnya tidak dapat dihubungkan satu sama lain.

Tapi dengan adanya gateway, perbedaan sistem protokol pada jaringan komputer satu dengan yang lain bukan masalah. Keduanya bisa terhubung dan nantinya dapat mempermudah dan mempercepat dalam akses informasi jaringan komputer yang satu dengan yang lain.

3. Efisiensi Pengaturan Data

Peran gateway selanjutnya adalah untuk mempermudah seorang Administrator dalam mengatur dan menata data setiap jaringan komputer yang saling terhubung. Hal ini akan lebih mempermudah admin dalam merapikan maupun mengklasifikasikan setiap data karena jaringan komputer satu dengan yang lain dapat saling di akses.

4. Keamanan Data

Perangkat gateway juga berperan penting dalam menjaga keamanan data. Data-data yang ada diatur dalam sebuah server back-end untuk kemudian di back-up oleh administrator. Administrator juga bisa mengontrol data-data penting untuk dapat diakses hanya orang yang diberi izin atau orang tertentu saja.

5. Hardware Sharing

Penggunaan gateway cukup penting dalam dunia bisnis atau sebuah perusahaan. Satu contoh adalah penggunaan printer server yang mana satu printer dapat digunakan oleh banyak jaringan komputer yang ada dalam sebuah perusahaan. Tentunya cara ini lebih efisien untuk mempermudah cetak dokumen tanpa mengantri tiap jaringan komputer.

6. Stabilitas Dan Peningkatan Peforma Komputasi

Perangkat gateway juga bisa berfungsi dalam stabilitas serta peningkatan peforma komputasi. Artinya administrator dapat memberikan tugas komputasi yang lebih banyak pada satu perangkat yang didistribusikan ke komputer lain.

Akhir Kata

Jadi kesimpulannya, Gateway merupakan perangkat yang fungsinya untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan jaringan komputer lain dengan sistem protokol yang berbeda. Gateway akan mempermudah akses informasi tiap komputer satu dengan yang lain serta lebih efisien dalam pengaturan serta keamanan data.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Pooc.org - All Right Reserved