Pengertian Kelompok Belajar & Cara Membentuk Kelompok

Kelompok Belajar

Kelompok Belajar – Dalam dunia pendidikan, ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satunya adalah dengan membentuk kelompok belajar atau kita menyebutnya belajar kelompok.

Metode pembelajaran dengan membentuk kelompok-kelompok siswa memberikan kesempatan bagi mereka untuk saling bertukar pikiran dan mengisi satu sama lain. Kelompok belajar juga sangat penting untuk melatih komunikasi dan interaksi sosial siswa.

Pengertian Kelompok Belajar

Kelompok Belajar

Belajar kelompok atau kelompok belajar adalah suatu kegiatan belajar yang dilakukan bersama-sama guna menyelesaikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pembelajaran.

Belajar kelompok biasanya dilakukan di ruang kelas saat jam pembelajaran, pembentukan kelompok bertujuan untuk siswa dapat belajar bersama, saling tukar pikiran, serta memecahkan masalah bersama-sama. Kelompok belajar juga bisa di luar sekolah yang biasanya dibentuk untuk menyelesaikan tugas bersama yang diberikan oleh guru.

Dalam belajar kelompok, setiap peserta didik harus mengambil peran masing-masing untuk memaksimalkan hasil pembelajaran. Siswa harus mau berbagi pikiran, pendapat, saling membantu, serta semuanya melakukan tugas yang telah dibagi.

Dasar Dalam Belajar Kelompok

Dalam melangsungkan kegiatan belajar kelompok, ada beberapa dasar yang harus ada demi terciptanya kelompok yang dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan cepat. Berikut ini beberapa dasar belajar kelompok agar efektif.

1. Menjadi Pendengar Yang Baik

Setiap orang dalam kelompok belajar harus menjadi pendengar yang baik. Artinya mereka mau mendengarkan pendapat yang disampaikan teman satu kelompok. Dasar ini sangat penting guna memberi kesempatan setiap orang untuk menyampaikan apa yang diketahuinya dalam menyelesaikan suatu tugas.

2. Saling Menghormati

Hal penting yang harus ada dalam kelompok belajar adalah rasa saling menghormati satu sama lain. Setiap siswa tidak boleh merendahkan teman satu kelompok hanya karena kurang pandai dalam mengerjakan tugas. Mereka harus saling mengisi kekurangan yang ada dalam kelompok.

3. Berbagi Tugas

Belajar kelompok artinya belajar bersama-sama dan menyelesaikan tugas bersama-sama. Jadi dalam kelompok belajar, setiap peserta harus mengambil tugas masing-masing sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Hal ini bertujuan untuk mempercepat penyelesaian tugas yang diberikan oleh guru.

4. Bersifat Terbuka

Terkadang dalam menyelesaikan persoalan, kita dihadapkan dengan perselisihan antara satu sama lain. Perbedaan ini akan memberikan dampak negatif kepada kelompok belajar yang mana tugas tidak akan terselesaikan dengan baik.

Bersifat terbuka artinya setiap peserta dalam kelompok mau menerima gagasan dan pendapat peserta lain. Mereka harus menghormati apa yang dilontarkan satu kelompoknya untuk didiskusikan dan diputuskan.

5. Kebersamaan

Hal terpenting dalam kelompok belajar adalah sebuah kebersamaan. Setiap kelompok harus memiliki sifat kebersamaan yang kuat, artinya setiap kesulitan dihadapi bersama dan setiap kesalahan atau kecerobohan juga ditanggung bersama.

Kebersamaan juga berarti setiap anggota tidak menyalahkan anggota lain dalam kelompoknya ketika melakukan sebuah kesalahan. Mereka harus menutupi kekurangan dan saling mendukung.

Cara Membentuk Kelompok Belajar

Biasanya pembentukan kelompok belajar dipimpin oleh seorang guru untuk mengarahkan dan membagi setiap siswa dalam kelompok. Nah berikut ini adalah cara pembentukan kelompok belajar yang baik dan benar.

1. Jarak Antar Anggota

Yang perlu diperhatikan pertama kali adalah jarak rumah tinggal antara satu anggota dengan yang lain. Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam pelaksanaan belajar kelompok yang biasanya dilangsungkan di rumah anggota kelompok.

Jarak setiap anggota kelompok tidak boleh berjauhan, diusahakan supaya satu kelompok terdiri dari anggota yang bertempat tinggal di satu desa atau tidak terlalu jauh.

2. Kemampuan Anggota

Kemampuan setiap anggota juga perlu dipertimbangkan, hal ini penting guna menciptakan kelompok belajar yang memiliki kemampuan setandar dengan kelompok lain. Artinya dalam satu kelompok tidak boleh terdiri dari orang pintar semua atau orang yang kurang pintar semuanya.

Kelompok harus diisi setidaknya beberapa orang yang pintar dan beberapa yang ‘kurang’ untuk mengisi satu sama lain. Dengan adanya pembagian berdasarkan kemampuan anggota, diharapkan kelompok belajar mampu menyelesaikan tugas yang diberikan.

3. Merumuskan Aturan Dalam Kelompok

Untuk menciptakan kelompok belajar yang hebat, kita harus merumuskan aturan atau tata tertib yang harus dipatuhi setiap anggota kelompok. Dasar penting dalam aturan kelompok, yaitu: setiap anggota mengambil tugasnya masing-masing, anggota harus saling menghormati, bersifat terbuka, serta setiap anggota harus menjaga kekompakan.

4. Menyusun Waktu Belajar Kelompok

Untuk melangsungkan kegiatan belajar kelompok, harus ada susunan waktu serta tempat dimana belajar kelompok tersebut dilangsungkan. Waktu belajar kelompok biasanya dilakukan setelah pulang sekolah atau hari libur, sedangkan tempatnya bisa bergilir satu rumah ke rumah lain setiap anggota kelompok.

Simak juga : Tugas guru di sekolah

Jadi itulah pengertian kelompok belajar serta cara membuat kelompok belajar yang baik dan benar. Intinya dalam sebuah kelompok, setiap anggota harus memiliki sifat terbuka dan saling menghormati. Setiap anggota juga harus mengambil peran atau tugasnya dalam menyelesaikan persoalan atau masalah demi kesuksesan belajar kelompok.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Pooc.org - All Right Reserved