Pengertian Soft Skill, Contoh, dan Pentingnya Soft Skill

Pengertian Soft Skill, Soft Skill, Keahlian Kerja, Arti Soft Skill, Soft Skill Adalah, Pentingnya Soft Skill
pengertian soft skill

Pengertian Soft Skill – Setiap orang pasti punya kelebihan serta kemampuannya masing-masing. Bicara soal kemampuan, tentu ada kaitannya dengan soft skill dan hard skill. Dalam dunia kerja, selain harus memiliki hard skill juga perlu menguasai soft skill yang berkaitan dengan kepemimpinan, manajemen waktu, cara berpikir, hingga teknik penyelesaian masalah.

Selain itu, soft skill sangat penting dalam menunjang kehidupan sehari-hari maupun sosial. Soft skill dapat membantu seseorang dalam menyelesaikan suatu persoalan dengan lebih efektif. Lalu apa sih pengertian soft skill itu sendiri?. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas pengertian soft skill, contohnya, serta seberapa penting soft skill.

Pengertian Soft Skill

Soft skill merupakan istilah sosiologis yang berkenaan dengan kecerdasan emosional, sifat kepribadian, keterampilan sosial, komunikasi, berbahasa, kebiasaan, keramahan, hingga cara berpikir. Jadi soft skill mencakup seluruh keahlian yang penting dalam kehidupan sehari-hari, terlebih lagi dalam lingkungan pendidikan maupun kerja.

Soft skill biasanya dipelajari oleh tiap individu sendiri karena jarang sekali diajarkan dalam dunia pendidikan. Soft skill akan sangat berguna setelah terjun dalam masyarakat maupun dunia kerja. Sangking pentingnya soft skill, kadang dalam penerimaan kerja dibutuhkan tes berupa keahlian dasar kepemimpinan maupun cara berinteraksi.

Apa bedanya soft skill dengan hard skill?. Hard skill merupakan keahlian yang menguasai suatu bidang secara keseluruhan dan hanya satu aspek saja. Sedangkan soft skill merupakan kemampuan sederhana yang menekankan pada keahlian-keahlian yang biasa dibutuhkan walau dalam skala kecil.

Hard skill bisa berupa keahlian dalam pekerjaan tertentu, keahlain dalam suatu jurusan, maupun keahlian dalam menguasai suatu ilmu. Sedangkan soft skill bisa berupa kemampuan berkomunikasi, kemampuan berbahasa, kemampuan dasar kemimpinan, kemampuan manajemen diri, hingga profesionalisme.

Mengapa Soft Skill Jarang Diajarkan Dalam Dunia Pendidikan?

Sebenarnya, soft skill sering diajarkan dalam organisasi sekolah seperti OSIS dan Pramuka. Tapi dalam kegiatan belajar mengajar lebih menekankan penanaman hard skill. Mengapa seperti itu? Sebab soft skill bisa di pelajari oleh tiap-tiap individu itu sendiri.

Misalnya soft skill dalam memanajemen waktu, nah tiap individu harus memiliki caranya tersendiri dalam mengatur waktu untuk belajar, menyelesaikan tugas, serta waktu istirahat. Untuk soft skill yang berkaitan dengan berbahasa dan komunikasi biasanya tumbuh secara alami dalam lingkungan pendidikan maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Contoh Soft Skills Yang Harus Dimiliki Oleh Anak Muda

Tahukah kamu? soft skill banyak mendukung kesuksesan seseorang dalam meraih tujuannya. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian bahwa orang-orang dengan kemampuan soft skill yang beragam akan mampun mengatasi setiap kesulitan serta dapat memanajemen berbagai hal dengan baik. Sedangkan seseorang yang hanya memiliki hard skill, dikatakan sulit meraih sukses.

Mengapa bisa begitu? Sebab soft skill dapat menjadikan seseorang membuka pikirannya lebih luas dan lebih maju. Kemampuan ini memaksa diri supaya dapat berkembang sesuai dengan potensi maupun batasan yang ia miliki. Berikut ini ada beberapa kemampuan soft yang harus dimiliki generasi muda / calon-calon orang sukses.

1. Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi

Soft skill ini memiliki pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan tiap-tiap individu. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, membuat kita tidak akan puas dengan apa yang sudah diketahui saat ini. Mindset yang harus ditanamkan adalah “Dunia ini sangatlah luas serta banyak hal yang harus diketahui”.

Dengan memiliki sifat rasa ingin tahu tinggi, tentu saja hal ini membuat kita lebih berpikir luas tentang segala hal yang unik dan bermanfaat. Lalu bagaimana cara menumbuhkan rasa ingin tahu?, sebenarnya hal ini berkiatan dengan kepuasan serta pola pikir tiap-tiap orang.

2. Kreatif dan Inovatif

Kreatif serta inovatif adalah dua hal yang selalu berkaitan untuk menciptakan sesuatu yang baru atau mengembangkan sesuatu. Dua soft skill ini penting bagi generasi muda dalam mengejar impiannya, Keativitas dapat membuat kita selalu berpikir untuk menciptakan hal-hal baru dan bermanfaat. Selain itu, dengan keativitas, kita bisa mendapatkan sebuah solusi atau jalan pintas yang lebih baik dalam menyelesaikan permasalahan.

Keatif dan inovatif juga sangat diperlukan dalam dunia kerja, terlebih lagi dengan persaingan bisnis yang makin berat sehingga menuntut kita untuk kreatif dan memenangkan persaingan. Untuk menjadi orang kreatif, kita harus mau membuka pikiran seluas-luasnya tentang konteks yang sedang dihadapi.

3. Berpikir Kritis

Berpikir kritis sama halnya dengan mengkritisi semua hal yang tidak sesuai dengan pendapat kita. Hal ini ternyata penting untuk menambah pola pikir penyelesaian masalah lewat jalan pintas. Berpikir kritis akan sangat berguna dalam menilai suatu karta maupun menghadapi situasi perdebatan.

Untuk melatih cara berpikir kritis, anda harus sering-sering membaca buku, memperhatikan perdebatan, menilai sebuat karya, hingga melakukan penyanggahan atau pendapat yang dirasa kurang benar. Yang terpenting jangan malu atay takut mengeluarkan pendapat sendiri.

4. Kemampuan Berkomunikasi

Hampir semua aspek kehidupan membutuhkan kemampuan berkomunikasi, mulai dari pendidikan, dunia kerja, hingga lingkungan masyarakat. Komunikasi sangat penting untuk membangun sebuah percakapan yang baik serta merespon orang lain. Bahkan kemampuan berkomunikasi sering diujikan dalam dunia kerja untuk menciptakan lingkungan kerja yang interaktif.

5. Kamampuan Adaptasi

Soft skill yang harus dimiliki anak muda berikutnya adalah kemampuan dalam beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan hal-hal baru yang ditemui. Kemampuan beradaptasi juga berkaitan dengan keberanian dalam menerima hal-hal baru disekitarnya.

Misalnya seperti ini, ketika anda baru masuk dalam dunia kerja, tentu saja anda harus mampu menyesuaikan diri dengan teman kerja baru serta teknologi yang ada di sana. Ketika masuk dalam dunia pendidikan atau perkuliahan, kita juga dituntut dalam beradaptasi dengan lingkungan pendidikan.

6. Kemampuan Mengatur Waktu

Soft skill yang terdengar sederhana, tapi sangat menunjang tercapainya kesuksesan di masa depan. Kita tahu bahwa waktu adalah hal yang tidak bisa diulang, terbatas. serta semakin maju. Karena itulah kita harus mampu membagi waktu sebaik mungkin untuk diisi dengan kegiatan yang penting tiap harinya.

Menurut berbagai hasil penelitian, seseorang yang mampu memanajemen waktu akan memiliki peluang sukses 70% lebih besar dari pada mereka yang tidak dapat menggunakan waktu dengan baik. Jadi mulai sekarang cobalah belajar mengatur waktu sesuai dengan kebutuhan anda.

7. Skill Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah hal yang harus dimiliki oleh anak muda yang ingin mengejar kesuksesan. Kemampuan kepemimpinan sangat penting dalam mengatur banyak orang untuk bisa terintegrasi dengan baik. Soft skill yang satu ini berguna dalam sebuah perusahaan maupun organisasi sosial. Terlebih lagi setiap orang yang punya sifat kepemimpinan akan mendapat posisi depan.

8. Kemampuan Kerja Tim

Terakhir, soft skill yang harus dimiliki anak muda untuk mengejar suksesnya adalah kemampuan kerja tim, Soft skill yang satu ini punya peran penting dalam menciptakan hasil kerja yang baik dan terintegrasi oleh seluruh sumber daya manusianya. Kemampuan kerja tim meliputi kemampuan kolaborasi, empati, menerima feedback, dan kemampun bersosial.

Seberapa Penting Soft Skill?

1. Soft Skill Membuatmu Mudah Bersosial

Seseorang yang memiliki soft skill cenderung lebih baik dalam menjalin hubungan sosial, terutama jika ia memiliki kemampuan dalam berkomunikasi serta adaptasi. Biasanya hal ini sangat diperlukan oleh semua orang dengan keterpaksaan ketika berada di lingkungan baru. Soft skill berguna dalam membangun kepercayaan diri serta sifat sosial yang tinggi.

2. Soft Skill Membantu Memenangkan Persaingan

Hard skill mamang sangat penting dalam menghadapi era persaingan saat ini. Tapi lebih penting lagi soft skill, kita tahu bahwa persaingan bisnis maupun pekerjaan semakin ketat dan semua pesaing memiliki kemampuan yang beragam. Jadi soft skill dapat membantu kita dalam menciptakan sesuatu yang lebih kreatif serta mampu bersaing dengan yang lain.

3. Semakin Mudah Menentukan Tujuan Hidup

Selain membantu memenangkan persaingan, soft skill juga berguna dalam membantu anda menentukan tujuan hidup yang harus dicapai. Semakin banyak keahlian ini, maka anda akan semakin memiliki pengetahuan luas serta cara tersendiri untuk meraihnya. Intinya anda bisa menjadi apapun sesuai keinginan dan keahlian.

4. Mengembangkan Ide-ide Baru

Ciri orang yang memiliki soft skill adalah mau membuka pikirannya seluas mungkin dan menerima masukan dari siapapun. Hal ini akan berdampak baik dalam menciptakan ide-ide serta gagasan yang mungkin ada kaitannya dengan tujuan yang akan dicapai. Ide-ide baru mendorong diri sendiri dalam berkarya serta menciptakan sesuatu yang bernilai.

5. Cepat Dalam Menyelesaikan Masalah

Orang yang memiliki banyak soft skill biasanya mampu menghadapi setiap masalah dengan sikap tenang serta berpikir jernih untuk menemukan solusinya. Soft skill akan memperluas semua gagasan dan kemungkinan yang harus diambil dalam menyelesaikan masalah. Karena itulah mengasah soft skill sangat penting untuk menghadapi setiap rintangan hidup.

Baca juga : Jawaban thank you sesuai kondisi

Itulah artikel tentang pengertian soft skill serta pentingnya soft skill. Dalam dunia pendidikan, perkuliahan, maupun kerja, kita harus memiliki yang namanya soft skill. Jangan sampai tertinggal dengan orang lain yang mampu bersaing lebih baik dari kita. Untuk mengembangkan soft skill, kita harus mau membuka pikiran seluas-luasnya serta sering mengasah keahlian dasar yang sering dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan