10 Tips Bisnis Pakaian Untuk Pemula Dengan Modal Kecil

Tips Bisnis Pakaian
Tips Bisnis Pakaian

Ada banyak sekali peluang usaha yang dapat dijadikan ide untuk berbisnis. Salah satunya adalah jualan pakaian, baik itu melalui toko online maupun toko fisik. Bisnis pakaian atau fashion dikatakan sebagai bisnis yang tidak ada matinya. Sudah banyak orang yang menggeluti bisnis pakaian dan sukses didalamnya, namun tentu saja itu tidak semudah yang kita bayangkan.

Memulai bisnis pakaian haruslah diperlukan persiapan yang matang, bukan hanya soal modal besar, tapi anda juga harus tahu strategi pemasaran yang baik. Masalah yang sering muncul dalam bisnis pakaian salah satunya adalah kerugian akibat barang yang dijual sudah ketinggalan trend. Ini mungkin terjadi jika anda tidak mempelajari trend yang sedang terjadi serta popularitas pakaian setiap waktunya.

Penyesuaian target pasar juga penting, anda perlu mempelajari siapa orang yang ditargetkan untuk membeli barang anda kemudian menyesuaikan dengan penyetokan barang. Nah berikut ini beberapa kiat dan tips memulai bisnis pakaian supaya tidak ketinggalan trend.

1. Tentukan Apa Yang Ingin Dijual

Modal mungkin menjadi pembatas dalam bisnis pakaian, dengan modal sedikit, kita dituntut untuk pintar dalam mengambil stok barang. Itupun harus menyesuaikan dengan “Apa yang sedang laris”, “Apa yang banyak diminati orang”, serta “Apa yang memiliki rate penjualan tinggi”.

(Pertama) Cara sederhana untuk mengetahui hal ini adalah dengan melihat market online secara langsung. Anda bisa membuka toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan lainnya. Kemudian masukkan kata kunci terkait pakaian yang ingin anda jual. Misalnya “Gamis, Celana, Kaos, Jaket, dll”, nah disitu anda bisa melihat produk-produk dengan rate penjualannya yang beda-beda.

Selanjutnya anda bisa mengikuti trend yang ada di market online tersebut, jadi anda hanya perlu mencatat produk mana yang terjual banyak disana dan produk apa yang sedang ramai dicari. Untuk lebih jelas soal trend, anda juga bisa memakai Tool dari Google berupa Google Trends.

Anda tinggal masuk link = https://trends.google.com/trends/?geo=ID kemudian masukkan kata kunci yang ingin dicari. Google trend akan menunjukkan grafik naik turunnya pencarian kata kunci tersebut. Anda juga bisa mengaturnya dalam rentang waktu seperti 7 hari, 30 hari, atau bulan lalu.

(Kedua) Anda bisa menentukan produk yang ingin dijual dengan menciptakan relasi antara penjual pakaian lain serta berinteraksi dengan toko fisik secara langsung. Simpelnya, inti dari cara ini adalah anda perlu menanyakan secara langsung pada pedagang lain yang sudah sukses tentang produk yang benar-benar laris, banyak dicari, dan sedang dalam trend.

Jika sudah, anda mungkin akan mendapat titik terang tentang apa saja yang ingin dijual dengan keterbatasan modal awal. Selanjutnya anda hanya perlu melakukan step selanjutnya yakni “Menemukan Supplier” atau penyetok barang.

2. Mempelajari Tentang Pakaian

Nah sebelum masuk dalam pembahasan “Pemilihan Supplier Yang Tepat”, anda perlu mempelajari terlebih dahulu soal pakaian. Jika anda berniat membuka bisnis pakaian, anda juga harus tahu seluk beluk tentang pakaian mulai dari jenis kain, bahan, serta kualitasnya.

Ini sangat penting jika anda ditanya oleh pembeli tentang deskripsi pakaian yang anda jual. Disitu anda perlu menjelaskannya dengan tepat supaya pelanggan tahu kualitas produknya. Hal ini juga penting ketika anda menjual produk secara online, anda perlu mencantumkan secara detail kain yang digunakan, bahan, serta ukurannya.

Selebihnya, anda tinggal mempelajari seputar nama-nama pakaian, sebutannya, jenis-jenis, serta semua hal yang mungkin akan ditanyakan oleh calon pembeli.

3. Mencari Supplier Yang Tepat

Menjual pakaian berarti harus ada pakaian yang dijual, mungkin kita tidak bisa membuat pakaian sendiri karena beberapa alasan. Jadi cara mudahnya adalah mengambil pakaian yang ingin dijual dari supplier terpercaya.

Mencari supplier yang tepat bukan hal mudah, kadang masalahnya adalah supplier tidak mau memberi harga yang lebih rendah, susah dihubungi, stok barang tidak konsisten, dan lain sebagainya. Jadi anda harus berhati-hati dalam memilih supplier andalan.

Setelahnya, ada hal penting yang harus ada yakni “Membangun kepercayaan dengan supplier”. Ini bertujuan supaya kerjasama anda dengan penyetok barang bisa berjalan baik. Membangun kepercayaan dengan supplier akan membuat anda lebih dipercaya oleh mereka sehingga anda lebih diutamakan dalam hal suplai barang serta mendapat harga yang terbaik.

4. Ciptakan Identitas Toko (Branding)

Yang dimaksud bukanlah menciptakan brand pakaian tersendiri, melainkan menciptakan brand toko anda supaya mudah dikenali banyak orang. Anda harus punya toko yang berkarakter dan punya nama tersendiri, anda perlu memberi nama toko dengan khas nama yang unik seperti “Azzahra, Manika, El-dian, Al-hasan, dsb”.

Nama toko anda akan menjadi sebuah Branding yang penting dalam menciptakan kepercayaan terhadap calon pembeli. Disamping itu, ada hal penting yang tidak boleh anda lupakan, ini adalah Logo. Logo sangat diperlukan sebagai identitas toko anda baik online maupun toko fisik. Logo tersebut harus unik, elegant, punya daya tarik, serta logo yang sesuai dengan nama toko anda (bisa logo bentuk font sesuai nama toko).

5. Sistem Penjualan

Sistem penjualan yang terbaik adalah punya toko fisik serta toko online. Tapi jika anda hanya memiliki modal terbatas, anda bisa menjalankan toko online terlebih dahulu. Sebab toko online itu lebih menjangkau banyak orang sehingga jauh lebih menguntungkan dari pada toko fisik.

Anda hanya perlu memanfaatkan media-media yang sudah tersedia seperti market online (Lazada, Shopee, Tokopedia, dll) dan media sosial (Facebook, Instagram, Wa, dll).

6. Belajar Marketing

Bukan hal yang aneh jika jualan pakaian anda sepi pembeli, alasannya memang karena toko anda benar-benar toko baru yang belum terkenal. Namun kekurangan itu bisa ditutupi dengan ilmu jualan yang telah dipraktikkan oleh orang-orang yang sudah ahli. Jadi anda hanya perlu menyerap ilmu dari orang lain, ini bisa anda lakukan dengan bergabung dalam group jualan yang ada di media sosial.

Dalam hal ini, ivestasi ilmu serta pengalaman berjualan sangatlah penting. Anda akan semakin berkembang setiap harinya dengan pengalaman baru serta wawasan yang luas soal marketing. Jadi kuncinya adalah konsistensi dan kesabaran.

7. Bagaimana Penjualan Online Bisa Laris?

Satu-satunya jawaban yang paling tepat adalah “Teknik promosi / iklan”. Anda harus tahu bahwa banyak sekali orang yang dapat menghasilkan jutaan rupiah lewat jualan online, caranya adalah dengan mengiklan lewat berbagai media. Misalnya Facebook ads, instagram, atau iklan dalam market online.

Nah salah satu yang paling menguntungkan dan wajib dipelajari adalah facebook ads. Mengiklan lewat facebook ads tidaklah sembarangan, anda perlu mengatur target pasar, mengatur pengeluaran, hingga menciptakan iklan yang menarik untuk calon pembeli. Memang bukan hal mudah, tapi anda bisa mempelajarinya di group marketing facebook yang isinya para pemain ahli fb ads.

Kemudian anda juga bisa memanfaatkan berbagai media yang tersedia seperti Instagram dan Whatsapp sebagai promosi gratis. Itu juga tergantung pada seberapa banyak pengikut anda di media sosial dan seberapa banyak kontak anda.

8. Buka Toko Fisik

Terlepas dari potensi besar penjualan secara online, anda juga perlu mengembangkan bisnis pakaian anda dalam toko fisik. Tidak semua pembeli suka cara online, ada beberapa yang lebih memilih datang ke toko langsung untuk melihat kualitas barang yang akan dibeli.

Nah membangun toko fisik memang butuh modal yang cukup besar, jadi ini perlu anda kerjakan setelah mendapat cukup keuntungan dari berjualan pakaian. Disamping itu, ada aspek penting yang harus dipenuhi seperti desain toko, lokasi, penataan katalog, dan lain sebagainya.

9. Jangan Sampai Ketinggalan Trend

Seperti yang telah saya jelaskan di poin pertama, anda dapat mengikuti trend dengan melihat market secara langsung baik offline maupun online. Anda jangan sampai ketinggalan trend yang sedang berlangsung, karena itulah anda harus selalu siap mendata jenis pakaian yang sedang ramai dicari orang. Anda juga perlu update pakaian terbaru setiap waktunya.

Jika tidak mengikuti trend, yang akan terjadi adalah kerugian akibat barang yang dijual sudah tidak laku (tidak dicari orang). Jadi disini manajemen sangat penting dimana anda harus pintar-pintar dalam kalkulasi stok barang dan update barang.

10. Pengaturan Harga

Terakhir adalah anda harus mengikuti arus harga pakaian sesuai dengan pasaran. Jangan terlalu mahal dan jangan terlalu murah. Anda perlu research harga tiap pakaian dengan menyesuaikan pada market online atau penjual lain.

Mungkin jika anda baru membangun bisnis pakaian kecil-kecilan, anda bisa menjual baju dengan harga yang lebih rendah terlebih dahulu. Jangan terlalu mengambil keuntungan, lebih baik tingkatkan branding dan pamor dari toko anda.

Baca juga : 15 peluang usaha bagi pemula

Mungkin itu saja pembahasan terkait tips bisnis pakaian dan jualan pakaian supaya meraih keuntungan. Tidak mudah pastinya, anda perlu konsisten dalam memulainya. Kadang ada banyak sekali rintangan dan tantangan yang sulit untuk diselesaikan. Namun dari situ anda akan memperoleh pengalaman berharga dalam usaha pakaian ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here