7 Tugas Kasir Indomaret dan Keahlian yang Harus Dimiliki

Tugas Kasir Indomaret

Tugas Kasir Indomaret – Seperti kasir toko pada umumnya, kasir Indomaret memiliki tugas pokok dalam mengurusi kegiatan transaksi jual-beli barang dengan pembeli. Namun selain berkewajiban melayani pembeli, kasir Indomaret juga memiliki segudang tugas lain yang harus dilaksanakan ketika jam kerja sesuai ketentuan dari pihak Indomaret.

Tugas-tugas yang cukup banyak tersebut memang sesuai dengan besaran gaji yang diberikan, sebab gaji kasir Indomaret jauh lebih besar dari toko-toko pada umumnya. Namun tentu saja, seorang kasir Indomaret juga harus memiliki keahlian dan keterampilan yang baik dalam mengemban setiap tugas yang diberikan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan menjabarkan beberapa tugas kasir Indomaret beserta keahlian-keahlian yang harus dikuasai. Silakan simak berikut ini.

Tugas Kasir Indomaret

1. Melakukan Proses Transaksi Pelayanan Jual Beli dan Pembungkusan Barang

Yang pertama, tugas seorang kasir Indomaret adalah melakukan kegiatan transaksi pelayanan jual beli. Tugas ini berhubungan dengan kegiatan pelayanan jual beli seperti menerima uang, memberi kembalian, serta membungkus barang yang telah dibeli.

2. Melakukan Pencatatan Transaksi

Kasir juga bertugas dalam mencatat transaksi yang ada dengan teliti. Pencatatan transaksi ini berkaitan dengan jumlah barang, pembelian, jumlah transaksi, dan sebagainya. Kasir Indomaret telah dibekali beberapa berangkat yang memudahkan kegiatan transaksi ini, misalnya Komputer, Barcode Scanners, Printer, dan sebagainya.

3. Membantu Pelanggan dengan Memberi Informasi Mengenai Produk

Tugas ini juga merupakan hal penting yang harus dilakukan kasir Indomaret. Ketika ada pembeli yang menanyakan perihal produk, maka kasir perlu memberikan informasi terkait produk seperti harga, letak barang, ketersediaan, varian, dan sebagainya.

4. Melakukan Pengecekan Barang

Saat kegiatan jual beli berlangsung, kasir perlu melakukan pengecekan jumlah barang yang akan diserahkan kepada pelanggan. Selain itu, kasir juga harus memastikan barang yang dibungkus sesuai dengan apa yang dipesan tanpa ada yang terlewat atau salah jumlah.

5. Melakukan Pencatatan Kas Fisik serta Pelaporan kepada Atasan

Tugas kasir Indomaret berikutnya adalah melakukan pencatatan kas fisk terkait kegiatan transaksi jual beli di dalamnya. Selain itu, kasir juga bertugas dalam melaporkan data-data tersebut kepada atasan Indomaret.

6. Melakukan Pengecekan Stok Bulanan

Ketersediaan dan jumlah barang juga harus selalu dicek oleh kasir Indomaret. Kasir juga memiliki tugas dalam mengecek jumlah stok produk bulanan, apakah masih atau perlu penambahan jumlah produk lagi.

7. Memastikan Keamanan Barang dan Uang Hasil Transaksi

Terakhir, kasir Indomaret memiliki tanggung jawab atas keamanan barang yang dijual, serta uang masuk dari kegiatan transaksi. Oleh sebab itu, kasir harus memiliki ketelitian yang tinggi dalam mengurusi barang dan jumlah uang agar tidak ada yang kurang atau hilang.

Keahlian yang Dibutuhkan Kasir Indomaret

1. Keahlian Menghitung

Yang pertama, kasir Indomaret perlu memiliki keahlian dalam menghitung. Sebab skill ini dibutuhkan untuk memastikan jumlah barang, jumlah uang, ketelitian transaksi, serta pelaporan data keuangan.

2. Ketelitian

Keahlian dasar yang sangat penting selanjutnya adalah ketelitian. Ketelitian berguna dalam memastikan transaksi berlangsung dengan baik, memastikan barang dalam jumlah yang benar, serta pelaporan yang tepat.

3. Keahlian Komunikasi yang Baik

Kasir selalu berkontak langsung dengan pembeli, oleh sebab itu kasir harus menguasai dasar komunikasi yang baik dan benar. Selain komunikasi, kasir juga harus memiliki sifat ramah dan sopan kepada pembeli.

4. Terampil dan Cekatan

Kasir harus cekatan dalam melayani pelanggan, hal ini sangat penting untuk membuat transaksi berjalan lebih cepat dan pelanggan dapat merasa puas.

5. Kejujuran

Sifat jujur merupakan dasar yang harus dimiliki seorang kasir. Sebab jujur berarti tidak mengurangi atau menyalahi apapun tentang kegiatan jual beli.

Penutup

Sekian pembahasan kali ini tentang tugas kasir Indomaret beserta dengan keahlian dasar yang harus dimiliki. Kesimpulannya, tugas kasir Indomaret cukup banyak dibanding kasir toko pada umumnya. Kasir Indomaret juga memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam memastikan keamanan barang, transaksi, hingga keuangan.

Tugas Kasir Indomaret
Previous Post

No more post

Tugas Kasir Indomaret
Next Post

No more post