Wasis Tegese dalam Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia dan Contohnya

Wasis Tegese

Tembung atau kata dalam bahasa Jawa memang cukup banyak untuk dipelajari. Bagi yang baru mengenal bahasa Jawa, tak jarang ada beberapa kata yang membuat penasaran apa arti yang terkandung di dalamnya. Salah satunya adalah “wasis” yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari dan banyak muncul di materi pelajaran Bahasa Jawa.

Arti Wasis

Dalam Bahasa Jawa, tembung (kata) wasis tegese pintar. Sedangkan secara umum, wasis artinya pandai, pintar, cekatan, dan terampil.

Penggunaan Kata Wasis

Kata wasis bagi masyarakat Jawa sering digunakan untuk menyebut seseorang yang ahli dan menguasai bidang tertentu. Misalnya wasis mengendarai mobil, wasis dalam dunia pertukangan, wasis dalam pekerjaan, wasis dalam pendidikan, dan sebagainya.

Contoh Soal Tembung Wasis

1. Tembung Wasis Tegese

A. Kendel
B. Pinter
C. Wani
D. Sregep​

Jawaban yang benar adalah B. Pinter. Alasannya karena pinter merupakan kata dalam bahasa Jawa yang berarti pintar. Sedangkan kendel adalah berani, wani adalah berani, dan sregep adalah rajin.

Penutup

Sekian pembahasan kali ini tentang arti wasis dalam bahasa Jawa ke bahasa Indonesia beserta dengan contohnya. Kesimpulannya, wasis yaiku pintar, pandai, cekatan, dan terampil dalam mengerjakan sesuatu.

Artikel Terkait