Yang Bukan Contoh Karya Seni Rupa Dua Dimensi Yaitu?

Yang bukan contoh karya seni rupa dua dimensi yaitu?

A. Relief
B. Seni arsitektur
C. Seni lukis
D. Seni grafis
E. Seni ilustrasi

Jawaban : A. Relief

Yang bukan contoh dari karya seni rupa dua dimensi adalah relief. Seni arsitektur, seni lukis, seni ilustrasi, dan seni grafis termasuk ke dalam karya seni rupa dua dimensi.

Definisi Seni Rupa

Secara umum, seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang dapat ditangkap mata dan dirasakan dengan diraba. Seni rupa diciptakan melalui olah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan menganut pada acuan estetika.

Menurut segi fungsinya, seni rupa dibedakan menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Sedangkan seni rupa menurut segi wujud dan bentuknya dibagi menjadi dua, yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa dua dimensi adalah suatu bentuk karya seni rupa yang hanya memiliki dua ukuran, yakni panjang dan lebar. Unsur dari seni rupa dua dimensi meliputi titik, garis, bidang, dan bentuk. Karena itu, seni rupa 2 dimensi tidak memiliki ruang, ketinggian, tekstur, maupun ketebalan.

Contoh Seni Rupa Dua Dimensi

1. Seni arsitektur adalah seni perancangan dan pembangunan struktur pada bangunan-bangunan tertentu. Seni arsitektur diartikan sebagai seni menegakkan bangunan sesuai dengan gambar, rancangan dan desain yang telah ditentukan melalui perhitungan yang rinci.

2. Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa yang berfokus pada kegiatan melukis. Melukis merupakan kegiatan mengolah medium dua dimensi pada permukaan kanvas, kertas, papan, dan lain sebagainya.

3. Seni grafis adalah salah satu karya seni rupa yang mengusung bentuk dua dimensi dan dibuat dengan teknik cetak secara manual ataupun diigital. Kata Grafis berasal dari bahasa Yunani ‘Graphein’ yang artinya menulis atau menggambar.

4. Seni ilustrasi adalah kegiatan menggambar yang bertujuan menjelaskan ide cerita, narasi, dimana tujuan utamanya adalah untuk memperjelas, memperkuat, memperindah, dan mempertegas cerita tersebut.

Artikel Terkait