UMR Pati atau UMK Pati 2022 Terbaru Beserta Rinciannya

UMR Pati / UMK Pati 2022 – Ketika mencari sebuah pekerjaan di kota-kota tertentu, Anda pastinya sangat fokus pada UMR atau UMK yang ditetapkan di daerah tersebut. Memang, UMR atau UMK merupakan salah satu aspek terpenting karena besaran gaji sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup, pemenuh kebutuhan, serta penghidupan untuk masa depan.

Perlu Anda ketahui bahwa UMR atau Upah Minimum Regional merupakan upah yang penetapannya dilakukan berdasarkan Kebutuhan Hidup Layak (KLH). Istilah UMR tingkat 1 kini diubah menjadi UMP atau Upah Minimum Provinsi, sedangkan UMR tingkat 2 diubah menjadi UMK atau Upah Minimum Kabupaten.

Jadi besaran gaji di sebuah kota yang tepat adalah UMK bukan UMR. Hanya saja masyarakat Indonesia masih terbiasa menggunakan kata UMR untuk mencari besaran gaji di kota-kota tertentu. Nah kali ini kita akan membahas update terbaru tentang UMR Pati / UMK Pati tahun 2022.

UMR Pati / UMK Pati 2022

UMR atau UMK Jawa Tengah tahun 2022 telah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Rabu, 1 Desember 2021 lalu.

Penetapan UMR/UMK tersebut berdasarkan pada Keputusan Gubernur Jawa Tengah No.561/39 tentang Upah Minimum pada 35 Kabupaten atau Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022.

Penetapan UMK di Jawa Tengah tahun 2022 berdasarkan pada Peraturan Pemerintah No 36 tahun 2021 tentang Pengupahan, dimana formula perhitungan dan datanya sudah baku.

Berdasarkan pada penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota tersebut, Semarang adalah kota dengan UMK tertinggi tahun 2022 di Jawa Tengah. Sedangkan Banjarnegara adalah kota dengan UMK terendah tahun 2022 di Jawa Tengah.

Kemudian untuk besaran UMR Pati atau UMK Pati tahun 2022 adalah Rp. 1.968.339,04. Angka ini telah naik walau tidak signifikan dari tahun 2021 yang lalu yakni sebesar Rp 1.953.000.

Keterangan Tentang UMR

UMR merupakan kependekan dari Upah Minimum Regional. Penetapan UMR awalnya diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 1 Tahun 1999. Kemudian aturan ini direvisi menjadi Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 226 Tahun 2000.

Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa UMR atau Upah Minimum Regional ditetapkan oleh gubernur untuk menjadi acuan pendapatan pekerja di suatu wilayah. Namun pada dasarnya sejak perubahan peraturan, sistem penetapan upah UMR tidak berlaku lagi secara tidak langsung.

Karena itu UMR ditetapkan berdasarkan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) yang didasarkan pada kebutuhan, indeks harga konsumen (IHK), kemampuan, perkembangan, kelangsungan perusahaan, upah umum yang berlaku di daerah, kondisi pasar, serta tingkat perekonomian dan pendapatan per kapita.

UMR Menjadi UMP dan UMK

Pemerintah kemudian menggunakan istilah UMP atau Upah Minimum Provinsi dan UMK atau Upah Minimum Kabupaten / Kota. UMP dan UMK ini merupakan turunan langsung dari istilah UMR.

Hal ini didasarkan pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 226 Tahun 2000, yang menegaskan bahwa UMR Tingkat I diubah menjadi UMP (Upah Minimum Provinsi). Kemudian UMR tingkat II diubah menjadi UMK (Upah Minimum Kabupaten atau Kota).

Pentingnya Mengetahui UMR / UMK

Ketika mencari sebuah pekerjaan, UMR atau UMK menjadi acuan terpenting calon pekerja karena besaran gaji ini sangat berpengaruh untuk menunjang kehidupannya. UMK yang besar juga bisa didasari pada kebutuhan hidup di suatu kota yang membutuhkan biaya mahal.

Oleh karena itu, Anda mungkin akan mengeluarkan lebih banyak biaya hidup di kota tertentu (kebutuhan makan, kos, dan sebagainya) sehingga UMK yang tinggi sangat penting untuk itu.

Alasan UMR/UMK Tiap Daerah Berbeda-beda

Dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 20 juga dijelaskan tentang alasan besaran UMR berbeda-beda setiap daerah.

Dalam menentukan angka UMR atau UMK, DPD menghimpun data atau informasi mengenai keberagaman perusahaan, jumlah perusahaan, jumlah tenaga kerja, besaran devisa dan nilai tambah yang dihasilkan, kemampuan sebuah perusahaan perusahaan, asosiasi perusahaan, serta serikat pekerja masing-masing daerah.

Penentuan UMR / UMK yang berbeda-beda ini bertujuan agar dapat menjamin standar kehidupan yang layak bagi pekerja dan keluarganya, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan daya beli masyarakat di tiap-tiap daerah.

Disamping itu, besaran UMR / UMK juga tidak memberatkan perusahaan karena bagaimana pun perusahaan berusaha melakukan efisiensi biaya agar dapat memaksimalkan laba.

Dalam penetapan UMR atau UMK masih terjadi perbedaan yang didasarkan pada tingkat kemampuan, sifat, dan jenis pekerjaan di tiap-tiap perusahaan yang kondisinya berbeda-beda, yang masing-masing daerah atau kota tidaklah sama.

Karena itulah besaran UMR atau UMK ditetapkan berdasarkan wilayah provinsi atau kabupaten/kota. Sedangkan menurut Badan Pusat Statistik (BPS) menilai bahwa perhitungan UMR/UMK adalah yang paling ideal dari nilai inflasi ditambah dengan pertumbuhan ekonomi. Dengan basis perhitungan tersebut, BPS meyakini tingkat kesejahteraan pekerja sudah tercapai.

Daerah Dengan UMR Tertinggi di Jawa

Tahun 2022 ini, Kota Bekasi rah dengan UMR/UMK tertinggi, yakni sebesar Rp 4.816.921,17. Kemudian peringkat kedua diisi oleh Kabupaten Karawang dengan besaran UMK Rp 4.798.312,00. Di peringkat ketiga ada Kabupaten Bekasi (bukan Kota) dengan UMK Rp 4.791.843,90. Barulah peringkat keempat diduduki Jakarta dengan UMP (bukan UMK) sebesar Rp 4.452.724.

Demikianlah ulasan tentang Gaji UMR Pati / UMK Pati terbaru tahun 2022. Semoga informasi kali ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari besaran gaji di daerah-daerah tertentu dan semoga Anda secepatnya mendapat pekerjaan terbaik.

Artikel terkait