2 Antonim Konduktor dalam Bahasa Indonesia & Alasannya

Antonim Konduktor – Antonim adalah hubungan semantik antara dua buah satuan ujaran atau lebih yang maknanya saling bertentangan, berkebalikan, atau kontras antara satu dengan lainnya. Secara sederhana, antonim dikenal sebagai lawan kata.

Nah, salah satu kata yang sering dicari antonimnya adalah Konduktor, kata ini juga muncul di soal materi pelajaran sekolah maupun dalam penggunaan sehari-hari. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas apa saja lawan kata konduktor beserta dengan alasannya.

Antonim Konduktor

  1. Isolator
  2. Penghambat

Alasan

Untuk mengetahui antonim sebuah kata, maka kita harus tahu makna kata tersebut terlebih dahulu. Menurut KBBI, Konduktor adalah benda atau bahan penghantar panas, arus listrik, atau suara. Sedangkan dalam definisi umum, Konduktor merupakan bahan yang memungkinkan listrik untuk mengalir, misalnya timah, tembaga, besi, dsb.

Jadi kata yang berlawanan makna dengan Konduktor adalah Isolator. Menurut KBBI, Isolator adalah bahan atau alat yang mempunyai hambatan elektrik atau panas (bahang) yang sangat tinggi sehingga dapat dipakai untuk menyekat listrik atau panas dari benda lain. Salah satu contoh benda isolator adalah karet yang melapisi kabel untuk mencegah listrik menyengat.

Ada juga kata yang dapat menjadi antonim konduktor, yakni penghambat, itu karena kata penghambat merupakan kebalikan dari definisi konduktor (penghantar).

Akhir Kata

Demikian pembahasan artikel kali ini tentang antonim konduktor beserta dengan alasannya. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda memahami konduktor dan isolator.

Artikel Terkait