Arti Deso dalam Bahasa Jawa dan Contoh Penggunaannya

Arti Deso

Arti Deso – Bahasa daerah kini menyebar luas karena adanya perkembangan dunia digital. Tak heran jika bahasa daerah tidak hanya digunakan di lingkup daerah tertentu, namun bisa populer di daerah lain dan menjadi tren istilah gaul anak muda zaman sekarang.

Kosakata dalam bahasa Jawa termasuk salah satu yang sering trending di Indonesia dan membuat banyak orang penasaran dengan artinya. Salah satunya adalah kata “deso” dan “ndeso”, berikut ini pembahasan dan contoh pemakaiannya.

Arti Deso

Dalam kamus bahasa Jawa, deso artinya desa. Kata ini umumnya digunakan untuk menyebut nama desa tertentu dalam percakapan sehari-hari masyarakat Jawa. Contohnya “deso iku makmur lan rukun (desa itu makmur dan rukun)“.

Arti Ndeso

Ndeso punya arti yang agak negatif, yaitu kampungan, orang dari desa, norak, atau ketinggalan zaman. Istilah ini kerap digunakan sebagai bahan ejekan ke orang lain yang kurang memiliki keterampilan, ketinggalan zaman, atau tidak punya wawasan luas. Misalnya “ndeso banget, bikin akun Gmail aja gak bisa“.

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat kali ini tentang arti deso dan ndeso dalam bahasa Jawa yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Intinya, deso adalah desa, sedangkan ndeso adalah kampungan atau orang yang berasal dari desa.

Artikel Terkait