Arti Cemen dalam Bahasa Jawa dan Contohnya

Arti Cemen

Perkembangan dunia digital membuat penyebaran bahasa daerah makin luas dan diketahui banyak orang di luar daerah tertentu. Misalnya saja bahasa Jawa yang sering sering muncul di media sosial dan bahkan dalam percakapan sehari-hari sebagai istilah kekinian anak muda.

Ada banyak sekali kata dalam bahasa Jawa yang di pakai di luar daerah Jawa karena pengucapannya unik, mengandung makna tertentu, atau viral di medsos. Salah satunya adalah “cemen”, penasaran apa maksud dan artinya? Simak saja pembahasan berikut ini.

Arti Cemen

Cemen adalah singkatan dari cetek mental (mentalnya rendah atau kecil). Jadi cemen artinya tidak punya nyali atau penakut (terkait sifat, kepribadian, karakter, atau mental seseorang).

Penggunaan cemen biasanya ditujukan kepada laki-laki yang nyalinya kecil. Kata ini mengandung konotasi negatif, yakni bisa bermaksud merendahkan atau mengejek orang lain. Jadi sebaiknya hindari menggunakan kata ini dalam percakapan yang serius bersama teman.

Contoh

  • Budi : Nongkrong malem yuk.
  • Asep : Gk mau, enak turu.
  • Budi : Ah cemen banget jadi laki.

Akhir Kata

Sekian pembahasan kali ini tentang arti cemen dalam bahasa Jawa yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari anak muda zaman sekarang. Kesimpulannya, cemen adalah singkatan dari cetek mental, yaitu sebutan untuk orang yang nyalinya kecil.

Artikel Terkait