Arti Kepo Yang Sebenarnya Bukan Knowing Every Particular Object!

arti kepo

Arti Kepo – Perkembangan zaman menciptakan sebuah perkembangan yang dinamis dalam penggunaan bahasa oleh manusia. Kata bisa saja muncul kapan saja, baik itu mengikuti tren yang sedang terjadi, kata viral, kata serapan bahasa asing, atau kata yang berasal dari singkatan.

Ragam kata tersebut masuk dalam ranah bahasa gaul atau istilah gaul yang sifatnya tidak baku. Kata gaul merupakan kata yang tidak bisa lepas dari anak muda zaman sekarang, penggunaannya lebih populer dengan alasan singkat, mudah diucapkan, serta tetap mengandung makna.

Salah satu kata gaul yang paling sering kita dengar adalah “Kepo”, bukan hanya dalam percakapan sehari-hari, kata ini juga sering dipakai netizen ketika bermain media sosial. Yang menjadi persoalan adalah banyaknya orang yang salah tafsir tentang asal kata dan kepanjangan dari kepo.

Kepo bukan knowing every particular object!

  • Kowing every particular object, artinya : mengetahui setiap objek tertentu (SALAH)
  • Kepo artinya : sebutan bagi orang yang ingin tahu (BENAR)

Kebanyakan orang menafsirkan kepo sebagai knowing every particular object. Padahal ini salah kaprah, coba sadari bahwa kalimat knowing every particular object itu merujuk pada arti seseorang yang serba tahu tentang objek tertentu.

Sedangkan kata kepo yang sering diucapkan oleh orang Indonesia lebih merujuk pada maksud seseorang yang ingin tahu sesuatu, orang yang suka penasaran, dan orang yang haus akan informasi.

Kepo bukan serapan bahasa Inggris

Pengamat bahasa bernama Ivan Lanin pernah mengulik tentang asal kata “Kepo” yang sering diucapkan oleh masyarakat Indonesia. Kata kepo sebenarnya bukan serapan dari bahasa Inggris, kata ini ternyata berasal dari bahasa Hokkian atau Min Nan.

Penelusurannya sampai pada ditemukannya tulisan Aussie Pete, yang ditulis dalam bahasa Singlish (Singaporean English). Ada salah satu kata yang tertulis yaitu “Kay Po” atau “Kaypo

Kay poh (or Kaypo) Chinese origins (written as 雞婆 in Chinese). Refers to a person that is nosey parker or busybody. Eg ‘Eh, Don’t be so kaypoh leh!’. Sometimes abbreviated as “KPO”.

Ditulis juga dalam situs Urban Dictionary yang menyebut bahwa kata kepo ini berawal dari penyerapan kata dalam bahasa Singlish atau Singaporean English, bunyinya seperti berikut.

“Kaypoh” which means “really curious” defines a condition when a person is wanna know about everything.

Maksudnya kata Kaypoh merupakan asal dari Kepo untuk menyebut seseorang yang ingin tahu apa saja.

Contoh Penggunaan Kepo

A : Kemarin kamu bahas apa sama doni?
B : Ah gak usah kepo kamu.

A : Lagi chat sama siapa itu..?
B : Bukan urusanmu, lagian kamu kepo banget sih.

Penutup

Kesimpulannya kata Kepo itu bukan singkatan dari knowing every particular object, melainkan serapan kata Kaypo atau Kaypo yang mengandung arti sebutan bagi orang yang punya rasa ingin tahu tinggi, suka penasaran, dan ingin menggali banyak informasi.

Artikel Terkait