Berikut Ini Yang Bukan Tujuan Dari Pembangunan Ekonomi Adalah

Berikut ini yang bukan tujuan dari pembangunan ekonomi adalah

A. Terpenuhi kebutuhan dasar
B. Pemerataan distribusi pendapatan
C. Meningkatnya kualitas hidup
D. Meningkatkan pendapatan masyarakat
E. Meningkatkan sikap hidup konsumtif

Jawaban : E. Meningkatkan sikap hidup konsumtif

Berikut yang bukan merupakan tujuan pembangunan ekonomi yaitu

A. Memperluas distribusi berbagai barang kebutuhan pokok
B. Memperluas kesempatan kerja
C. Memperbaiki kualitas pendidikan
D. Meningkatkan pendapatan masyarakat
E. Meningkatkan angkatan kerja yang mengangur

Jawaban : E. Meningkatkan angkatan kerja yang mengangur

Pembahasan Soal

Dari dua soal di atas terkait tujuan pembangunan ekonomi, yang bukan termasuk adalah meningkatkan sikap hidup konsumtif dan meningkatkan angkatan kerja yang menganggur. Sebab pembangunan ekonomi memiliki tujuan positif dalam memenuhi kebutuhan dasar, memperluas pemerataan distribusi, hingga meningkatkan pendapatan masyarakat.

Definisi Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara serta pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.

Menurut Cambridge Dictionary, pembangunan ekonomi adalah proses dimana sebuah ekonomi akan tumbuh serta menjadi lebih maju, baik dalam dimensi ekonomi maupun dalam sosial.

Sedangkan menurut Encyclopaedia Britannica, pembangunan ekonomi adalah ekonomi nasional yang berpenghasilan rendah yang diubah menjadi dengan ekonomi industri modern.

Elemen Pembangunan Ekonomi

1. Pembangunan sebagai suatu proses, yaitu bahwa pembangunan merupakan tahap yang perlu dijalani oleh setiap masyarakat dalam sebuah negara.

2. Pembangunan sebagai usaha meningkatkan pendapatan perkapita. Pembangunan merupakan bentuk tindakan aktif yang harus dilakukan oleh suatu negara dalam meningkatkan angka pendapatan perkapita.

3. Peningkatan pendapatan perkapita harus berlangsung jangka panjang. Karena itu pendapatan perkapita harus mengalami kenaikan terus-menerus atau dalam kecenderungan meningkat.

Tujuan Pembangunan Ekonomi

1. Meningkatkan ketersediaan barang dan jasa

Pembangunan ekonomi memiliki tujuan utama dalam meningkatkan ketersediaan barang dan jasa. Pembangunan ekonomi ini lekat dengan istilah peningkatan produksi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dari barang dan jasa.

2. Meningkatkan pendapatan perkapita

Pembangunan ekonomi juga diperlukan untuk meningkatkan pendapatan perkapita demi terciptanya kesejahteraan negara. Pembangunan ini perlu perhatian dari nilai budaya dan manusia sehingga sifatnya material dan immaterial.

3. Meningkatkan kualitas hidup

Kualitas hidup masyarakat suatu negara yang lebih baik tentu tidak lepas dari pembangunan ekonomi yang optimal. Karena itu pembangunan ekonomi perlu dijalankan oleh masyarakat dan negara demi terciptanya kualitas hidup yang semakin baik.

4. Pemerataan distribusi pendapatan

Pemerataan distribusi pendapatan bisa tercipta ketika lapangan pekerjaan makin luas di berbagai daerah suatu negara.

5. Memperluas kesempatan kerja

Dengan pembangunan ekonomi yang maksimal, maka kesempatan kerja terbuka lebar sehingga memperkecil angka pengangguran.Tu

Artikel Terkait