11 Cara Menolak Permintaan Orang Lain Tanpa Menyinggung

3 min read

Cara Menolak Permintaan

Bagi sebagian besar orang, mengatakan tidak atas ajakan atau permintaan dari orang lain terasa cukup berat. Apalagi jika kita mencoba menolak ajakan dari teman atau sahabat terdekat, pastinya kita berpikir bagaimana caranya menolak tanpa menyakiti hati atau menyinggung.

Memang setiap orang punya prinsip serta kebutuhannya sendiri sehingga menolak ajakan dari orang lain adalah haknya. Kadang kala penolakan yang dilakukan dengan sedikit kasar memberikan kesan ketersinggungan atau bahkan dapat merenggangkan sebuah hubungan sosial.

Sebab itulah kehati-hatian dalam menolak permintaan sangat penting untuk mencegah ketersinggungan dan dampak negatif yang mungkin terjadi. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menolak permintaan orang lain tanpa menyinggung.

Cara Menolak Permintaan Orang Lain

1. Menolak, Tapi Tetap Peduli

Ketika melakukan sebuah penolakan, jangan sampai kamu terlihat seperti orang yang ingin menghindar dari ajakan tersebut. Kamu tentunya harus bisa memberikan anggapan ke orang lain kalau kamu masih memiliki rasa kepedulian.

Caranya adalah dengan mengatakan “Maaf, hari ini aku ada banyak pekerjaan. Kalau besok aku bersedia membantu.” atau seperti “Aku mau menerima ajakanmu, tapi aku ada urusan yang benar-benar tidak bisa ditinggalkan. Jadi lain kali aku akan menerima ajakanmu.

2. Selipkan Kata ‘Maaf’

Dalam menolak ajakan teman atau orang lain, kamu harus belajar untuk menyelipkan kata “Maaf” didalam ucapan tersebut. Kata maaf memberikan sebuah feedback positif kepada orang yang sedang mengajakmu. Ucapan maaf juga bisa mencegah rasa ketersinggungan dari orang lain.

Mengucapkan kata ini juga perlu hati-hati dalam memilih kata. Kamu juga perlu bersungguh-sungguh dan meyakinkan dengan kata maaf yang diucapkan supaya orang lain percaya kalau kamu memang sedang tidak bisa membantu.

3. Tetap Pada Prinsip

Ketika hari ini kamu ada jadwal membersihkan rumah, kemudian seorang teman mengajak untuk pergi nonton bioskop, maka kamu harus belajar teguh pada prinsip sendiri. Kamu bisa menolak ajakan tersebut dengan tegas dan alasan yang memang lebih berbobot.

Katakan saja kalau “aku sudah berjanji membersihkan rumah dan itu lebih penting dari nonton bioskop.” Penolakan yang seperti ini tentu tidak memberikan ketersinggungan pada orang lain.

4. Tambah Candaan

Menolak dengan halus bisa dengan cara menambah candaan dalam ucapan penolakan. Cara ini memiliki tujuan untuk mencairkan suasana serta memberikan kesan penolakan yang tidak menyakiti hati orang lain. Kamu bisa menambah candaan ringan yang disukai lawan bicara.

Alangkah baiknya candaan tersebut mirip dengan topik permintaan yang sedang dibicarakan atau candaan yang disukai lawan bicara.

5. Tolak Permintaannya, Bukan Orangnya

Cara efektif menolak permintaan orang lain adalah mengekspresikan kalau kamu itu menolak permintaan yang diajukan, bukan menolak karena orangnya. Jadi biasanya kita melihat orang itu pilih-pilih dalam menerima maupun menolak ajakan, biasanya didasarkan pada ‘siapa orang yang mengajak’.

Nah sebaiknya hindari yang seperti ini, kamu harus menolak permintaannya bukan dengan alasan karena dia yang mengajak. Cara ini dapat mencegah rasa ketersinggungan serta sakit hati si pengajak. Anda bisa menggunakan cara seperti “maaf aku tidak bisa membantumu, karena aku tidak sanggup melakukan hal tersebut.”

6. Tawarkan Pilihan Lain

Kamu bisa menolak tawaran hari ini untuk menerima tawaran besok. Artinya jika hari ini kamu memang benar-benar tidak bisa menerima ajakan orang lain karena tidak punya waktu luang. Maka kamu bisa memberikan tawaran seperti “hari ini aku nggak bisa ikut, kalau besok gimana? aku ada waktu luang.

Menolak dengan memberikan alternatif dapat membuat si peminta bantuan merasa dipedulikan. Jadi jika kamu bersedia membantu tapi tidak ada waktu, tolak saja dan terima di waktu lain.

7. Jangan Terlalu Lama Merespon

Jika seseorang berkata “Maukah membantuku mengantarkan paket ini?”, disitu kamu harus merespon dengan cepat, jangan menunda respon penerimaan atau penolakan. Jika kamu terlalu lama menanggapi permintaan dari orang lain, maka itu bisa membuat si peminta merasa sakit hati, malu, dan tersinggung.

Jika kamu menerimanya, maka langsung katakan bersedia. Tapi jika tidak mau membantunya, katakan tidak dengan halus supaya orang tersebut dapat meminta bantuan pada orang lain yang bersedia.

8. Kasih Kesan Positif Pada Ajakan Tersebut

Suatu misal ketika seorang teman berkata “ayo ikut aku ke pasa malam nanti sepulang sekolah.” Nah jika kamu menolaknya, kamu bisa mengatakan “itu sangat menyenangkan, aku berharap bisa ikut, tapi malam ini aku ada acara.

Menolak dengan pujian atau kesan positif dapat menghindari kekecewaan atas orang yang memberikan tawaran. Jadi sebaiknya belajarlah menolak dengan menyisipkan ucapan pujian atas tawaran didalamnya.

9. Jangan Gunakan Ekspresi Keberatan

Mengatakan ‘tidak’ saat menolak juga perlu memperhatikan ekspresi wajah yang kamu keluarkan. Jangan gunakan ekspresi keberatan, tertekan, emosi, marah, atau tidak suka. Katakan tidak dengan wajah bahagia dan sedikit senyuman untuk menghindari ketersinggungan.

Kadang kita sering melihat kejadian orang merasa tersakiti akibat penolakan yang dilakukan dengan ekspresi wajah yang keberatan. Hal ini juga bisa membuat si peminta merasa malu atas tawaran yang diberikannya.

10. Bersiaplah Memilih Prioritas

Selanjutnya kita perlu memahami prioritas dalam menerima atau menolak sebuah ajakan. Jika ajakan tersebut lebih berbobot atau lebih penting dari aktivitas yang akan kamu lakukan di waktu yang sama, maka sebaiknya terima saja.

Sebaliknya, jika permintaan yang diajukan orang lain terkesan tidak penting atau tidak lebih berarti dari aktivitas yang akan kamu kerjakan, langsung saja tolak dengan menyertakan alasan yang jelas.

11. Jujur Dan Jangan Mengada-ada

Belajar bersikap jujur sangat penting untuk menciptakan kepercayaan kita terhadap orang lain. Ketika melakukan penolakan atas permintaan teman, sebaiknya jujurlah dengan jadwal yang akan kamu kerjakan.

Hindari percakapan penolakan yang berisi alasan yang mengada-ada. Seorang teman biasanya punya insting yang kuat untuk mengetahui bahwa anda berbohong atau tidak. Jadi jujurlah dan katakan apa adanya untuk menghindari ketersinggungan.

Lihat juga : Tips gaya hidup minimalis

Jadi itulah beberapa cara menolak permintaan orang lain tanpa meyinggung. Kesimpulannya, kita perlu berhati-hati dalam mengekspresikan diri, berkata, dan menyampaikan penolakan supaya tidak menyakiti hati orang lain.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Pooc.org - All Right Reserved