Cegah Dhahar Lawan Guling Tegese dalam Bahasa Jawa

Cegah Dhahar Lawan Guling

Pernah dengar istilah “Cegah dhahar lawan guling” yang diucapkan oleh orang tua atau nenek Anda? nah, ini bukanlah kalimat biasa karena di dalamnya terkandung makna yang sangat penting. Kali ini kita akan membahas arti Cegah dhahar lawan guling dalam bahasa Jawa dan Indonesia beserta maksud yang terkandung di dalamnya.

Cegah dhahar lawan guling

Cegah dhahar lawan guling tegese ngurangi mangan lan ngelawan turu. Dalam bahasa Indonesia, Cegah dhahar lawan guling artinya mengurangi makan dan mengurangi tidur.

  • Cegah artinya mencegah
  • Dhahar artinya makan
  • Lawan artinya melawan (dalam konteks ini diartikan mengurangi)
  • Guling artinya bantal panjang (dalam konteks ini diartikan tidur)

Jadi jelas bahwa Cegah dhahar lawan guling adalah kata-kata supaya kita tidak makan terlalu banyak, berlebihan, atau terlalu kenyang juga tidak banyak tidur.

Mengurangi makan bukan hanya baik bagi kesehatan tubuh, namun juga penting untuk mencegah sifat malas dan suka menunda-nunda. Orang yang banyak makan akan mudah mengantuk dan banyak tidur. Begitu juga dengan mengurangi waktu tidur, kita akan memiliki lebih banyak waktu yang bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

Nasihat nyudo dhahar lan guling sangat penting bagi kaum muda untuk bisa memaksimalkan waktu mudanya dalam berusaha mengejar tujuan hidup.

Nah sekian saja yang bisa saya sampaikan, jika ada yang belum dipahami, silahkan tulis di kolom komentar.

Artikel Terkait